Review Logitech G400s Optical Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 19 Nov 2013 | 7,594

Gaming mouse identik dengan ukurannya yang besar, desainnya yang rumit dan banyaknya tombol yang ada. Tetapi kadang justru hal itulah yang menjadi titik kelemahan suatu mouse tersebut, karena terlalu banyak inovasi dan gimmick yang ditanamkan di dalamnya membuat harga mouse tersebut menjadi di atas rata rata sehingga tidak banyak gamer yang menggunakannya. Terlalu banyak fitur juga terkadang menjadikan penghalang tersendiri karena belum tentu semua fitur yang ada di dalamnya itu akan dipakai oleh gamers. Nah, hal inilah yang mungkin menjadi dasar Logitech untuk desain salah satu mouse gamingnya yaitu Logitech G400s. Simak review singkat dari Nixiagamer mengenai Logitech G400s dibawah ini.
Logitech G400s Nixiagamer.com5

PACKAGING
Tak banyak yang disertakan oleh Logitech dalam packaging mouse ini. Sebuah quick start guide, satu lembar kartu garansi, dan juga mouse itu sendiri.
Logitech G400s Nixiagamer.com3

Logitech G400s Nixiagamer.com1

DESIGN
Logitech G400s memiliki desain yang sama seperti mouse gaming pada umumnya dengan tekstur lengkungan di sisi kanan dan kiri mouse untuk membuat tangan kita nyaman saat menggenggamnya. Bodinya yang cukup panjang dan lebar membuat grip jenis palm maupun claw bisa dengan nyaman menggunakannya. Tidak banyaknya tombol yang ada di mouse ini juga membuat Logitech g400s memiliki banyak ruang untuk menempelkan tangan kita.

Rata rata gaming mouse di pasaran memiliki 11 tombol yang bisa di program sesuai dengan keinginan kita, tetapi di Logitech G400s ini kita hanya akan menemui 8 tombol yaitu : klik kanan, klik kiri, klik scroll, 2 tombol tambahan di sisi kiri untuk jempol, 1 tombol di atas scroll wheel dan 2 tombol di bawah scroll wheel. 2 tombol paling dekat dengan scroll wheel adalah tombol yang digunakan untuk mengubah sensitivitas DPI dari mouse ini. Sedangkan 2 tombol yang berada di sisi kanan untuk jempol kita secara default berfungsi untuk melakukan action back dan juga next. 2 tombol ini memliki ukuran yang berbeda, jarak antara keduanya pun juga cukup lebar sehingga kita tidak akan salah untuk membedakannya.
Logitech G400s Nixiagamer.com2

Satu blunder dari desain Logitech G400s ini adalah letak tombol pengatur sensitivitas DPI nya. Karena letaknya yang sangat dekat dengan scroll wheel akan sangat mungkin sekali tombol ini tidak sengaja terpencet saat digunakan. Hal ini akan sangat fatal sekali saat online gaming session dimana fokus adalah hal yang penting sepanjang jalannya pertandingan, fokus tersebut bisa saja akan menjadi kacau ketika tiba tiba DPI mouse yang kita gunakan berubah. Terlebih lagi di Logitech G400s ini kita tidak bisa mengetahui level sensitivitas DPI kecuali dengan merasakannya atau dilihat melalui Logitech Gaming Software. Mungkin Logitech perlu menyertakan satu tombol DPI reset untuk mouse ini. 😛

FEATURES
Logitech G400s memberikan fitur selayaknya gaming mouse di pasaran, tetapi tidak berlebih-lebihan dengan fitur yang ditawarkan. Seperti mouse Logitech yang lainnya, kita juga dapat menggunakan Logitech Gaming Software untuk menyimpan profile dan memprogram setiap tombol yang ada.

Satu hal yang harus digarisbawahi dari mouse ini adalah ia tidak memiliki internal profile sehingga jika kita ingin menggunakan mouse ini di komputer lain maka kita harus memprogram tombolnya lagi secara manual atau jika tidak, kita harus mengimport profile nya dari komputer tempat kita pertama memprogram mouse ini. Proses ini mungkin mudah, tetapi cukup memakan waktu dan merepotkan, apalagi bagi gamers yang malas. Satu fitur enteng tetapi juga essensial mengingat beberapa mouse Logitech yang lainnya memiliki paling tidak satu internal profile.
Logitech Gaming Software ~ Nixiagamer.com

Profilnya pun sangat mudah untuk di setting melalui Logitech Gaming Software. Software akan otomatis scanning mouse yang kita gunakan dan game game yang terinstall di komputer kita kemudian kita akan bisa meng-assign action action tertentu pada tombol tombol yang ada.

Karena sensor yang digunakan oleh Logitech G400s ini adalah optical maka DPI yang bisa diraihnya pun terbatas hanya 200 sampai dengan 4000 DPI. Walaupun begitu value ini sudah cukup sekali untuk sebagian besar gamers khususnya bagi gamers yang tidak menggunakan multi monitor atau single monitor dengan resolusi yang terlampau tinggi. Optical sensor juga memiliki kinerja yang lebih baik pada bermacam macam permukaan sehingga lebih mudah digunakan di meja jenis apapun bahkan tanpa mousepad.

PERFORMANCE
Logitech G400s memiliki performa yang bagus dalam beberapa game yang Nixiagamer tes seperti Titanfall, COD Advanced Warfare, DOTA 2, Thief dan juga Shadow of Mordor. Pada game game FPS mouse ini dapat berfungsi dengan baik, aiming bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, lift-off test juga bisa dilewati mouse ini dengan baik. Sedangkan untuk game game yang skill-based, mouse ini masih dapat berfungsi dengan baik, hanya saja untuk game game seperti ini, memiliki banyak tombol shortcut di mouse adalah satu keunggulan tersendiri, dan dengan mouse ini kita tidak bisa memilikinya. Lepas dari hal itu, Logitech G400s memiliki performa yang baik dan cocok untuk segala jenis playstyle teman teman.
Logitech G400s Nixiagamer.com4

CONCLUSION
Logitech G400s adalah mouse minimalis yang juga tidak memberikan terlalu banyak fitur bagi para gamers. Jika teman teman adalah casual gamers yang tidak membutuhkan mouse mahal tetapi memiliki performa yang bagus Logitech G400s ini bisa menjadi pertimbangan teman teman. Last verdict, Simple but Useful.
Logitech G400s Nixiagamer.com6

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram