Review Logitech G500s Laser Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 17 Nov 2013 | 5,960

Pheriperal gaming akhir akhir ini mulai menjamur. Mulai dari keyboard, mouse, headset, monitor bahkan sampai dengan mousepad. Semua pheriperal itu memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kenyamanan kita semua saat bermain game sehingga bisa mencetak skor yang tinggi, melakukan headshot bertubi tubi ataupun gaming 24jam sehari. Nah, untuk gamer fps, pemilihan sebuah mouse sangatlah penting karena itu adalah kontrol paling fundamental dalam game. Kesalahan memilih mouse yang kurang nyaman di tangan kita akan berakibat turunnya tingkat akurasi tembakan dalam game. Logitech, salah satu produsen pheriperal komputer yang selalu menghasilkan inovasi inovasi baru dalam jajaran produk produknya juga tak ingin kalah dalam pasar pheriperal gaming. Nah, kali ini Nixiagamer kedatangan salah satu mouse gaming terbaik dari Logitech yaitu Logitech G500S.
Logitech G500S Nixiagamer.com7

PACKAGING
Tak banyak yang disertakan oleh Logitech dalam packaging mouse ini. Sebuah quick start guide, satu lembar kartu garansi, dan juga mouse itu sendiri.
Logitech G500S Nixiagamer.com8

Logitech G500S Nixiagamer.com9

Logitech G500S Nixiagamer.com10

DESIGN
Bentuk dari G500s ini tidak berbeda banyak dari kebanyakan mouse Logitech yang telah ada, ukuran standar dan juga bertekstur untuk membuat tangan nyaman saat menggenggam nya. Bagian dimana jempol berada didesain senyaman mungkin bagi gamer dengan tipe palm atau claw grip. Ada desain yang sedikit kurang nyaman di bagian klik kanan dan kiri dari G500s. Biasanya pada bagian klik ini memiliki desain cekung sehingga jari telunjuk dan jari tengah tidak akan bergerak kemana mana, tetapi pada Logitech G500s justru pada bagian ini memiliki bentuk cembung sehingga jari telunjuk dan jari tengah akan mudah bergerak kemana mana apalagi jika kondisi tangan panas dan berkeringat karena satu war atau gaming session yang cukup lama.

G500s memiliki 10 buah tombol yang bisa diprogram melalui software nya. Klik kanan, klik kiri, scroll wheel 3 arah, 3 tombol pada bagian jempol dan juga 2 buah tombol pengatur sensitivitas DPI. Mouse ini juga bisa kita atur sendiri bobotnya. Di bawah mouse terdapat tombol yang akan mengeluarkan sejenis gun barrel yang memiliki 6 buah lubang untuk kita masukan besi pemberat. Logitech menyertakan 12 buah pemberat yang dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan beratnya yaitu 1,7 gram dan 4,5 gram. Tinggal pilih berat mouse yang paling nyaman bagi teman teman, masukkan pelurunya dan setelah itu make some headshot!!.

Logitech G500S Nixiagamer.com2

Logitech G500S Nixiagamer.com4

Logitech G500S Nixiagamer.com6

Logitech G500S Nixiagamer.com12

Dari yang Nixiagamer rasakan, ada 2 poin kelemahan desain fisik dari mouse ini. Yang pertama adalah scroll wheel-nya yang memiliki masalah yang sama dengan generasi mouse mouse Logitech sebelumnya yaitu “ringkih”, gesekan dengan mouse kurang terasa sehingga terasa lembek dan kurang greget. 😛 Sedangkan kelemahan yang kedua adalah letak dari tombol pengatur sensitivitas DPI nya yang kurang accessible. Bagi gamers casual yang tidak sering mengubah ubah settingan DPI nya mungkin hal ini tidak masalah, tetapi bagi gamer yang sering mengubah settingan DPI nya bahkan saat on the fly atau saat battle akan menemui masalah yang serius dari letak tombol ini. Gamer harus mengangkat jari telunjuk yang digunakan untuk menembak dari tempatnya jika ingin mengubah sensitivitas DPI, hal ini sangatlah berbahaya karena sepersekain detik saja lengah itu adalah masalah hidup dan mati.
Logitech G500S Nixiagamer.com5

Logitech G500S Nixiagamer.com3

Lepas dari 2 poin ini, Logitech G500s tetap adalah mouse yang mudah untuk diatur, memiliki banyak tombol yang bisa di program dan nyaman untuk digenggam.

FEATURES
Seperti mouse modern Logitech yang lainnya, G500s juga menggunakan Logitech Gaming Software untuk mengatur settingannya mulai dari setiap tombol yang ada sampai dengan membuat kombinasi makro yang rumit. Satu fungsi dari Logitech Gaming Software yang menarik adalah fungsinya untuk mengenali game game yang terinstall di pc kita dan membantu kita untuk mengeset game-specific profile untuk mouse kita. Gamers juga bisa memprogram sampai dengan 5 buah custom DPI dengan value antara 200 sampai 8200. Logitech G500s juga memisahkan settingan sensitivitas untuk X dan Y axis, dengan begini setting yang gamers lakukan bisa lebih spesifik lagi. Cocok untuk gamers fps yang menginginkan konfigurasi yang detail.
Logitech Gaming Software ~ Nixiagamer.com

Logitech Gaming Sofware 2 ~ Nixiagamer.com

PERFORMANCE
Logitech G500s memposisikan dirinya sebagai mouse FPS, tetapi dari tes yang Nixiagamer lakukan mouse ini juga cukup nyaman digunakan untuk game game yang lainnya. Beberapa game yang Nixiagamer gunakan untuk testing diantaranya COD Advanced Warfare, Titanfall, Assassin’s Creed Unity, dan juga DOTA 2. Beberapa game juga diuntungkan berkat extra button yang ada di mouse ini. Action yang kompleks bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Laser nya juga berfungsi dengan lancar, untuk game yang tidak membutuhkan pengubahan DPI seperti DOTA 2 mouse ini juga berfungsi dengan sempurna. Lift-off test juga menunjukkan kalau mouse ini memiliki performa yang bagus, tak ada pergerakan yang terjadi saat kita mengangkat mouse dari permukaan meja atau mousepad.
Logitech G500S Nixiagamer.com1

Logitech G500S Nixiagamer.com11

CONCLUSION
Logitech G500s adalah mouse yang cocok bagi semua jenis pc gamers maupun users di luar. Desain dari mouse ini menggunakan semua aspek positif yang telah di research oleh Logitech lalu menerapkannya di seluruh sudut desain. Impresi yang dimilikinya juga balance, tidak terlalu minimalis, tetapi juga tidak terlalu sophisticated. Last verdict, mouse ini cocok bagi sebagian besar user dan gamer, tetapi jika teman teman adalah gamer kompetitif yang sudah cukup hardcore mungkin akan masih menimbang nimbang pemilihan mouse Logitech G500s ini sebagai senjata teman teman.
Logitech G500S Nixiagamer.com14

Specifications :
Laser Depth: 1 mm
DPI: 200 – 8,200
Size: 127 x 83 x 44 mm
Weight: 164 g (Adjustable)
Connection: Wired
Grip Type: Palm/Claw

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram