Review | Maksimalkan Assassin’s Creed Unity dengan NVIDIA GameWorks

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 08 Jan 2015 | 4,662

acunitycover

Paris, 1789. Gerakan French Revolution mengubah kota Paris yang indah dan menawan menjadi sebuah kota pusat terror dan kekacauan. Seluruh tempat bertumpahan darah para rakyat jelata yang berani menantang kaum bangsawan yang siap menindas penduduk kapan saja.

ACUnity1

Selagi negara ini dilanda krisis, seorang lelaki bernama Arno akan memulai perjalanan extraordinary nya untuk mengungkap apa rahasia kekuatan dibalik gerakan Revolution ini. Pengejaran yang dilakukannya akan membawa Arno ke dalam perjuangan yang kejam demi nasib bangsa Prancis, hingga menjadikan Arno bertransformasi menjadi Master Assassin sesungguhnya.

Pada Assasin’s Creed, selain cerita Campaign single-player nya yang epik, kita juga bisa bermain bersama 3 teman lainnya secara online untuk dapat menjelajahi dunia Open World Paris pada abad ke-18. Melakukan perampokan berencana dan menjalankan misi dengan cerita yang unik dibuat khusus untuk bermain dalam mode Co-op. Melakukan sabotase sebuah eksekusi, melindungi sang kaisar, membunuh agen Templar. Kemenangan disini tidaklah mudah, co-op mode mengandalkan kekuatan, komunikasi, kordinasi, dan skill yang beragam antara kamu dan teman-teman lainnya agar dapet menuntaskan sebuah misi.

Gameplay

Bermain sebagai karakter Arno, yang benar-benar baru masuk ke golongan Assasin, dan membasmi musuh dengan senjata-senjata baru seperti Phantom Blade, sebuah pedang yang tersembunyi didalam busur panah.

ac unity 2

Rasakan uniknya kebebasan yang belum pernah kamu alami sebelumnya dan kontrol Assassin kamu sepenuhnya. Kita bisa melakukan aksi sejenis parkour dengan Full motion control, untuk berlari keatas dan menyebrangi tembok atau bangunan di tengah kota. Sistem Fighting yang dihadirkan kembali menyajikan pengalaman berperang lebih bervarian berdasarkan skill, timing, dan flow. Kita juga bisa mengaktifkan Stealth, dimana mode baru stealth disini meliputi ‘cover system’ dan teknik manipulasi dalam keramaian.

NVIDIA GameWorks

NV_Gameworks

Bagi kamu yang memainkan game Assassin’s Creed Unity ini dan tentunya menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce, Nvidia telah mengintegrasikan fitur khususnya untuk memaksimalkan performa grafis game ini. Karena game ini juga dibuat menggunakan platform GameWorks oleh developernya untuk menghasilkan efek sinematik seperti asap yang realistik, tampilan bulu-bulu, dan iluminasi global.

Assassin’s Creed Unity mengimplementasikan teknologi NVIDIA GameWorks diantaranya Nvidia ShadowWorks™ (HBAO+ dan Advanced Soft Shadows, NVIDIA TXAA™, dan NVIDIA Plug-and-Play Tessellation, mengijinkan para gamers GTX untuk memaksimalkan kenyamanan dari sisi grafis yang realistis seperti suasana Paris saat terjadi gerakan French Revolution. Pada Advanced Soft Shadows terdapat beberapa teknik shadow seperti PCSS (Percentage Closer Soft Shadows) dan Cascaded Shadow Maps. Assassin’s Creed Unity menggunakan HBAO+, PCSS, dadn Cascaded Shadow Maps.

Tidak hanya teknologi NVIDIA Gameworks tersebut, game ini juga mengimplementasikan grafis yang ekstrim dan intensif pada setting Ultra, untuk memaksimalkan kinerja kartu grafis NVIDIA seri teratas pada GeForce GTX 900. Mari kita lihat langsung perbandingan grafis yang mampu dihasilkan NVIDIA Gameworks untuk memperindah gameplay AC: Unity kamu!

Advanced Soft Shadows

Salah satu masalah mendasar yang timbul dalam grafik komputer adalah dalam menghasilkan soft shadow (bayangan halus) yang akurat dari area sumber cahaya. Soft shadow menjadi sebuah syarat utama untuk menandakan hubungan antara tiap objek dalam game, dimana bayangan akan lebih tajam saat didekat objek dan lebih blurry / lebih halus saat menjauh dari objek. PCSS bekerja dengan cara membuat bayangan pada setiap pixel di area camera, kemudian mengkalkulasi ukuran penumbra dengan menganalisa jarak rata-rata ke objek yang terhalangi / tertutup cahaya.

Teknik ini menghasilkan hasil visual yang mengagumkan, terutama pada scene yang memiliki tekstur realistis. Advanced Soft Shadows menyajikan tampilan antarmuka yang simpel untuk menambahkan unsur bayangan yang efisien dan berkualitas tinggi. Dengan meningkatkan PCSS untuk mencapai level baru dalam kualitas dan performa, serta kemampuan untuk me-render map dengan bayangan/shadow yang nyata dan mengalir pada berbagai spot cahaya.

ac unity pcss

• Pada gambar sebelah kiri ditunjukkan bahwa bayangan terlihat kaku, dengan ketajaman yang tidak realistis, sedangkan ketika fitur PCSS dinyalakan, bayangan menjadi lebih soft dan lebih akurat.

NVIDIA Plug-and-Play Tesselation

NVIDIA Plug-and-Play Tesselation membawa segudang tools khusus tesselation kedalam game, teknologi ini mampu meningkatkan jumlah detail game yang terlihat oleh gamer menjadi semakin banyak. Library dari Plug-and-Play Tesselation ini merupakan cara yang fleksibel dan transparan untuk menghadirkan tesselation ke dalam engine game, dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang mengijinkan gamer untuk mengatur keseimbangan yang tepat antara kualitas grafis dan performa yang dihasilkan.

Pada Assassin’s Creed Unity, tesselation dapat kamu temui pada atap genteng bercorak / satuan, bebatuan kecil, jalanan dari batu bata, lengkungan bangunan, simbol keagamaan dan dekorasi yang rumit, permukaan tanah, dan berbagai area yang dapat ditemukan dalam game.

ac unity tesselation

• Bandingkan batu bata jalanan yang rata dan terlihat sama tinggi pada gambar sisi atas, dengan batu bata yang  memiliki pola tidak beraturan, terlihat berlubang, serta memiliki susunan ketinggian berbeda (tesselated) pada gambar sisi bawah.

tessel2

• Gambar atas : Tampilan gambar atap bangunan bercorak pada setting standard. Gambar bawah : Atap bangunan bercorak yang mengalami tesselated, terlihat lebih nyata dan detail.

NVIDIA HBAO+

Dengan tujuan memajukan teknologi Screen-Space Ambient Occlusion (SSAO), niat utama NVIDIA dengan HBAO+ ialah untuk membuatnya bekerja dengan cepat saat memproses render pada resolusi 1920×1200 pada high-end GPU (GPU dengan kecepatan diatas GTX 660)

Tujuan kedua adalah untuk memaksimalkan efisiensi dari implementasi DX11 pada GPU, dengan mengoptimalkan sampel lokal yang diambil dari input depth buffer.d

Tujuan ketiga adalah agar HBAO+ selalu terlihat lebih baik daripada algoritma HBAO terdahulu, terutama pada scene dengan objek yang tipis, seperti rumput dan dedaunan, yang selalu menjadi masalah problematik untuk algoritma HBAO terdahulu.

NVIDIA HBAO+ merupakan pengimplementasian kualitas yang lebih tinggi dan lebih kencang dibangingkan dengan teknologi sebelumnya, memberikan gamer kualitas grafis game yang lebih unggul. Proses render HBAO+ memakan waktu kira-kira 30% dari waktu render pada HBAO terdahulu.

Informasi lebih detail tentang HBAO+ dapat kamu lihat pada situs NVIDIA disini.

hbao1

 

hbao21

Dengan membandingkan mode Ambient Occlusion yang tersedia pada gambar diatas, kita bisa lihat bahwa HBAO+ menyajikan tingkat kedalaman pada objek lebih tinggi dan pencahayaan yang nampak lebih nyata di dalam game. HBAO+ tidak hanya menghadirkan gambar dengan kualitas lebih tinggi namun juga proses render yang lebih cepat.

NVIDIA TXAA

TXAA adalah teknik anti-aliasing terbaru yang menggunakan gaya seperti pada film, di-desain secara spesifik untuk mengurangi temporal aliasing (perpatahan, crawling, dan flickering saat bergerak). TXAA merupakan gabungan antara AA hardware, AA resolve dengan custom CG ala film, dan filter temporal. Untuk mem-filter setiap pixel pada layar, TXAA menggunakan sebuah kontribusi sampel baik dari dalam maupun dari luar pixel yang berhubungan dengan sempel dari frame sebelumnya, untuk menampilkan kualitas filter tertinggi sesuai dengan kemampuan GPU. TXAA telah meningkatkan filter susunan tata ruang dari teknologi standar 2xMSAA dan 4xMSAA, hal ini bisa dilihat dari tampilan grafis pada pagar dan dedaunan. Semakin tinggi kualitas filter dari TXAA akan menghasilkan gambar yang lebih halus dan jernih dibandingkan dengan filter berkualitas rendah dari MSAA sebelumnya. Dengan hadirnya fitur TXAA pada Assassin’s Creed Unity, kamu akan merasakan kota Paris sesungguhnya.

fxaa

NVIDIA TXAA menghasilkan efek AA yang halus seperti pada film yang mampu mengurangi flickering dan kilauan saat bergerak dalam game.

Rekomendasi GPU & Setting Game

Nixia merekomendasikan kamu untuk menggunakan GPU NVIDIA GeForce seri high-end yang mampu menjalankan DX11, untuk menguji langsung fitur grafis dalam game Assassin’s Creed Unity seperti GeForce GTX 980. Dengan hadirnya fitur-fitur unggulan dari NVIDIA GameWorks yaitu ShadowWorks (HBAO+ dan Advanced Soft Shadow), Plug-and-Play Tessellation, dan TXAA, kamu harus memainkannya dengan NVIDIA GTX untuk merasakan pengalaman gaming terbaik. Menjelajahi kota Paris dan Menara Eiffel dalam Assassin’s Creed Unity dengan GTX 980 memungkinkan semua setting maximum berjalan dengan lancar! Setting game kamu pada resolusi 1080p, kemudian ;

Environment Quality : Ultra High
Texture Quality : Ultra High
Shadow Quality : PCSS
Ambient Occlusion : HBAO+
Anti-Aliasing Quality : TXAA
Bloom : ON

Jika kamu menggunakan GPU Nvidia selain GTX 980 dan bingung dalam mengatur setting yang optimal, kamu juga bisa mengaturnya secara otomatis menggunakan NVIDIA GeForce Experience, karena aplikasi ini sudah kompatibel dengan Assassin’s Creed Unity dan dapat membantu kamu dalam memilih setting grafis yang benar dan sesuai. Cukup klik Optimize pada daftar game di GFE dan PC kamu siap menjalankan AC: Unity sebaik mungkin. Download GeForce Experience disini : http://www.geforce.com/drivers/geforce-experience/download

Belum punya Assassin’s Creed: Unity?

Kamu bisa mendapatkannya secara gratis di setiap pembelian VGA Nvidia GeForce GTX 980, GTX 970, atau 980M pada notebook. Dimana kamu akan mendapatkan kupon game yang bisa di-redeem untuk gratis game The Crew™, Assassin’s Creed® Unity, atau Far Cry® 4.

pyp

 

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram