Review | Mass Effect 3

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Admin | 15 Mar 2012 | 2,193

Sebuah kisah terakhir dari trilogi yang epik

Menyatukan ras seluruh galaxy untuk melenyapkan ancaman dari serangan the Reapers

Kurang lebih 1 tahun setelah kejadian Mass effect 2,Commander Shepard baru keluar dari tahanan militer dikarenakan keputusannya yang merugikan Ras Batarian dan juga karena kerjasamanya dengan Cerberus. Setelah Dewan Pertahanan Alliance kehilangan kontak dengan beberapa Pos pertahanannya, Shepard pun dipanggil untuk di minta keterangan mengenai cara menghadapi The Reaper. Di tengah perbincangan itu tiba – tiba The Reaper  memulai invasinya terhadap bumi. Kali ini The Reaper mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menghancurkan bumi dan planet lainnya. Anderson memerintahkan Shepard untuk pergi dari bumi menuju ke Citadel dan mengumpulkan bantuan dari Ras lainnya. Di tengah-tengah perjalanannya Admiral Hackett memerintahkan Shepard untuk menginvestigasi Mars dimana di planet tersebut dicurigai menyimpan senjata pamungkas untuk menghancurkan The Reaper. Setelah sampai di Mars Shepard langsung berhadapan dengan “Teman lama”-nya yaitu Cerberus yang juga mengincar senjata pamungkas tersebut dan tentu untuk kepentingan Cerberus yang tidak sejalan dengan pemikiran Shepard. Apakah Shepard berhasil mengumpulkan bantuan dari seluruh ras? Benarkah senjata pamungkas tersebut dapat menghancurkan The Reapers? Mampukah Shepard menghadapi The Reapers dan Cerberus?

Seperti di Mass Effect 2 anda dapat mengimport file Mass Effect 2 anda sehingga keputusan yang telah anda ambil di ME1 dan ME2 berpengaruh dengan petualangan anda di ME3. Sistem pertarungan di ME3 tidak mengalami perubahan yang signifikan,masih dengan khas 3rd person yang lompat sana lompat sini, berlindung sana sini. Namun kali ini Skill dan senjata lebih variatif dan efek dari skill lebih keren, anda dapat meng-upgrade senjata anda dengan berbagai macam spesifikasi seperti mengurangi recoil,menambah damage,dll. Dan anda juga masih bisa mengontrol Squad anda dengan tombol Q dan E untuk memerintahkan squad bergerak sesuai keinginan anda dan tombol Space untuk mengganti senjata atau mengeluarkan Skill. Senjata berat masih dapat anda temui namun kali ini anda tidak bisa menyimpannya, anda hanya bisa memakainya sekali-kali dan hanya dapat ditemui di tempat tertentu.

Grafik ME3 jauh lebih baik dari seri sebelumnya!Look at that Beautiful armor!

Dan sangat disayangkan untuk tingkat kesulitan tidak seperti yang dijanjikan oleh Bioware,dimana sebelum ME3 dirilis Bioware berjanji ME3 akan menjadi seri tersulit dan itu tidak dirasakan oleh pemain, bahkan beberapa pemain mengatakan level tersulit di ME3 masih kalah dengan seri sebelumnya.

Citadel-Huerta Memorial Hospital.Efek pencahayaan ME3 jauh lebih baik walau masih menggunakan Engine yang sama!

Di ME3 anda akan menemui fitur baru yaitu War Asset dan EMS,dimana kedua hal tersebut akan berpengaruh pada ending ME3. War asset sendiri dapat anda tingkatkan dengan menyelesaikan quest dan sidequest , sedangkan Readiness dapat anda tingkatkan dengan bermain Multiplayer.

Salah satu Fitur baru yang menarik!Melee Combat,tiap Class mempunyai keunikan masing-masing!

Salah satu kekurangan yang cukup fatal di ME3 adalah Sidequest ME3 jauh lebih membosankan dan tidak kreatif, kebanyakan sidequest dapat anda selesaikan hanya dengan Scan planet tertentu untuk mendapatkan Item, berbeda dengan ME2 dimana sidequest jauh lebih variatif dan menantang anda untuk mendatangi berbagai macam planet untuk di ambil Sumber Daya Alamnya atau menyelesaikan beberapa misi di planet tersebut.

Mengumpulkan aliansi bukanlah sesuatu yang mudah!Shepard harus membantu ras lain untuk mendapatkannya!

Untuk squad sendiri mengalami perubahan yang cukup signifikan, pada ME2 anda dapat memiliki Squadmate yang cukup banyak sehingga kadang membuat  bingung untuk memilih squad. Di ME3 anda hanya akan memiliki 7 squadmate dengan 4 squadmate lama dan 3 squadmate baru yaitu Garuss,Tali,Ashley or Kaidan, Liara T’soni, James Vega, Javik (dari DLC From Ashes),dan yang terakhir cukup menarik adalah, EDI yang tampil seksi dengan tubuh sintetis yang di dapat Shepard setelah misi di Mars. Romance pun masih tetap ada di ME3 dan merupakan ciri khas dari RPG yang dibuat oleh Bioware,namun mengalami sedikit perubahan, karena kali ini Shepard bisa memilih pasangan Homo.

EDI dengan tubuh sintetis yang seksi!Kini EDI bisa berpetualang denganmu sebagai Squadmate!

ME3 masih menggunakan Engine yang sama dengan seri terdahulunya yaitu Unreal 3. Namun bukan berarti tidak ada perubahan pada Graphic ME3. Pencahayaan dan tekstur jauh lebih apik dan rapi di ME3 daripada seri terdahulunya. Physx di ME3 juga terlihat lebih bagus dari pada seri terdahulunya. Seandainya Bioware mengeluarkan High resolution Pack seperti Dragon Age II maka dapat dipastikan ME3 bisa jadi salah satu RPG yang terindah. Desain bangunan juga cukup rapi dan terlihat bagus, begitu juga dengan pemandangan langit di berbagai planet juga sangat bagus. Gerakan tubuh tidak mengalami perubahan cukup signifikan,ada beberapa gerakan yang luwes dan ada beberapa gerakan yang tidak.

Beberapa musuh tidak bisa di anggap enteng!Brute salah satu yang paling berbahaya!

Dengan engine Unreal 3 yang masih menggunakan DX9c, Bioware telah menghasilkan sebuah karya yang sangat baik. Backsound dari ME3 pun lebih baik dari seri ME2, sepanjang permainan anda bisa merasakan suasana di dalam cerita ME3 sendiri. Acting dari pengisi suara kali ini juga sangat bagus, acting mereka menjadi lebih real. Respon terhadap situasi tertentu jadi lebih terdengar nyata. Sound Effect di ME3 seperti senjata,pesawat,dll cukup bagus. Namun masih ada kekurangan yang dapat ditemui salah satunya adalah suara AI yang kadang terasa sangat dekat dengan anda sehingga kadang pemain merasa di flanking,padahal musuh ada di depan. But overall untuk kualitas suara tidak di ragukan bagus.

Atlas!Mesin pembunuh milik Cerberus!

Atlas memang lawan yang tangguh!Tapi Atlas juga bisa menjadi senjata yang tangguh!!

Mass Effect 3 merupakan seri pertama dari 2 seri pendahulunya yang memiliki multiplayer. Sistem multiplayer di ME3 adalah Coop 4 player, keempat player harus bertahan, membunuh target tertentu, Hacking,dll. Pemain harus bertahan selama 11 wave untuk bisa menyelesaikan 1x misi. Anda dapat memilih berbagai kelas di Multiplayer dan beberapa Ras juga, menaikkan skill dan mengupgrade senjata juga bisa anda lakukan di multiplayer. Ada 3 pilihan musuh yang bisa anda pilih yaitu Geth,The Reaper, dan Cerberus. Serta ada 3 tingkat kesulitan yaitu Bronze,Silver, dan Gold. Untuk tingkat kesulitan Bronze bisa dirasakan cukup mudah untuk menyelesaikan 1 misi bahkan tanpa perlu kerjasama yang baik, namun untuk tingkat kesulitan Silver dan Gold sangat memerlukan skill dan kerja sama yang baik. Seperti yang sudah di tulis diatas bahwa dengan memainkan Multiplayer anda dapat meningkatkan readiness anda untuk mendapatkan Best Ending di Single Player, sehingga anda tidak jenuh memainkan singleplayer. Multiplayer sendiri sangat layak di coba dan cukup menyenangkan namun sayang komunitas Multiplayernya sendiri masih belum ada, tapi bisa di maklumi karena Multiplayer sendiri di Mass Effect Series baru ada di ME3.

boom

Kerjasama sangat mempengaruhi keberhasilan tim anda menyelesaikan misi!

Pros :
– Story dan Pertarungan lebih menarik di dukung oleh akting pengisi suara yang lebih baik.
– Senjata bisa di upgrade sesuai keinginan.

Cons :
Sidequest yang kurang variatif.

Score : 9
Tidak bisa di pungkiri Mass Effect merupakan salah satu RPG tersukses. Mulai dari sistem combat, story, scoring, grafik sangat luar biasa. Buat kalian yang suka dengan Action RPG, Mass Effect series adalah jawabannya.

Minimum system requirements
Operating System:  Windows XP, Windows Vista or Windows 7
Processor:  1.8 GHz Intel Core 2 Duo (equivalent AMD CPU)
Memory:  1GB for XP / 2GB RAM for Vista/Win 7
Graphic :  256 MB NVIDIA 7900 or ATI X1800 or better. (with Pixel Shader 3.0 support)
Hard drive: 15 GB
Publisher: Electronic Arts
Developer: Bioware
Jenis:  Action RPG
Batas Umur: Dewasa
Website resmi: http://masseffect.com
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram