Review | Mini Gaming PC with MSI Z87I AC & MSI GTX 760 ITX

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 09 Jul 2014 | 39,255

Sebelumnya, bisa dilihat terlebih dahulu video build dan review singkatnya dibawah ini :

<

IMG_9293

Sudah menjadi tren di industri komputer saat ini untuk terus menciptakan form factor komponen yang semakin lebih kecil, namun tetap tanpa mengorbankan performa. Beberapa waktu lalu Nixia kedatangan sebuah Mini ITX PC dari MSI untuk dapat Nixia gunakan sebagai gaming PC alternatif selain yang sudah Nixia punya. Nixia sendiri belum pernah memiliki pengalaman dengan PC Gaming berukuran Mini ITX.. Penasaran dengan spesifikasi dan performa nya?! Simak ulasannya lebih lanjut berikut ini.

MSI_Mini_ITX

Kedua produk komponen utama adalah dari MSI yang berukuran mini-ITX ini, MSI Z87I Gaming AC dan MSI GTX 760 Gaming ITX, sengaja dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna yang menyukai PC berukuran lebih ringkas namun masih memiliki kemampuan Gaming layaknya PC berukuran standar.

MSI Z87I GAMING AC

img_9667

 

Motherboard yang kali ini Nixia bahas adalah motherboard type Z87 terkecil yang pernah ada, ukuran yang kecil tidak membuat motherboard MSI Z87I Gaming ini kehilangan fitur andalannya sebut saja fitur Killer LAN E2200 Game Networking untuk menghasilkan koneksi internet yang stabil saat bermain online game dan MSI Audio Boost technology. Satu fitur yang menarik dari motherboard mini ITX ini adalah diusungnya chip Intel Wi-Fi / Bluetooth AC antenna yang juga mendukung fitur Intel WiDi, Intel WiFi AC tersebut juga mendukung kecepatan maximum transfer data hingga 867Mbps, sehingga koneksi untuk streaming atau sharing file dalam jaringan rumah akan semakin mudah.

DSC01179

Sebagai ciri khas dari lini Gaming, motherboard Z87I ini juga dihiasi Dragon heatsink yang sudah menjadi icon Gaming MSI. Motherboard berukuran 17x17cm ini semakin powerful dengan disertakannya fitur OC Genie 4, dimana anda bisa memaksimalkan kinerja CPU hanya dalam 1 detik. Walaupun berukurun mini ITX, kita tetap bisa mempertenagai PC dengan processor Haswell terbaru sekalipun.

img_9673

 

img_9680

MSI Z87I menghadirkan sebuah slot full PCI Express 3.0 x16, 24 pin dan 4 pin power connector, 2 slot memory full size DDR3 DIMM, 8-channel audio, 802.11 acc/b/g/n WiDi, WiFi, dan Bluetooth 4.0. Untuk konektivitas video MSI memiliki port DVI-I, Display Port, dan HDMI. Soal konektivitas USB, Z87I memiliki 4 buah port USB 3.0  dan 2 buah port USB 2.0.

Nah berikut ini adalah fitur dan spesifikasi lengkap dari MSI Z87I Gaming AC :

fitur z87

  • Supports 4th Gen Intel Core/Pentium/Celeron processors for LGA 1150 socket
  • Supports DDR3-3000(OC) Memory
  • USB 3.0 + SATA 6Gb/s
  • Military Class 4: Top Quality & Stability
  • Military Class Essentials: Total Protection for Military Class Motherboards
  • OC Genie 4: Overclock in 1 Second
  • Click BIOS 4: Easily Fine-tune Your System
  • 4K UHD Support: Ultra-high Definition Visual Experience
  • 3 Digital Display Outputs: DisplayPort/HDMI/DVI Support
  • PCI Express Gen 3: World’s 1st PCI Express Gen 3 Motherboard Brand
  • USB Audio Power: A Break Through in USB Audio Quality
  • Command Center: Control & Customize Your PC Settings
  • Fast Boot: Quickly Boot Up & Enter OS in A Few Seconds
  • Wi-Fi 802.11n, Bluetooth 4.0, Intel Wireless Display

Spesifikasi & I/O Overview MSI Z87I AC :

spec and fitur

 

MSI GTX 760 GAMING 2GD/OC ITX 

DSC01180

Untuk menyempurnakan aksi dari Mini PC tersebut, MSI juga menghadirkan VGA berukuran compact dari GPU seri NVIDIA GeForce GTX 760. Dengan ITX form factor yang memiliki panjang 17cm ini membuat VGA ini berdimensi 30% lebih pendek dibandingkan versi reference.

DSC01183

VGA berukuran ITX ini tampil dengan team hitam dan merah yang serasi dengan Gaming series, ditambah dengan logo Dragon di sebelah kiri kipas nya. MSI juga memasangkan metal back plate berwarna hitam di belakang VGA ini, selain sebagai pelindung PCB, plate ini juga berfungsi untuk memaksimalkan pendinginan GPU (heatsink).

DSC01184

msi_radax_fan-640x480

Meskipun tidak menyertakan pendingin andalan Twin Frozr, MSI tetap menjamin kesejukan VGA ini dengan  menggunakan pendingin terbaru MSI yang bernama RADAX fan. Solusi pendingin terbaru ini berdesain hybrid yang mengkombinasikan penggunaan teknologi Radial dan Axial fan. RADAX fan ini juga menyajikan tingkat noise yang rendah dan temperatur lebih rendah hingga 30°C dibandingkan dengan VGA lain di kelas nya. Kartu grafis MSI ini juga menyertakan fitur MSI Gaming App untuk meng-overclock performa sesuai kebutuhan dan fitur software perekam video gameplay; Predator.

gaming app

 

DSC01188

Kartu grafis yang satu ini juga hanya mengambil 1 baris slot untuk video output, dan menyisakan slot 1 lagi untuk ventilasi yang lebih lega. Berbeda dari VGA reference, GTX 760 ITX hanya menggunakan sebuah konektor daya jenis 8-pin PCI-e. Sebagai video output kartu grafis ini menyajikan dua buah mini-DisplayPort, sebuah port HDMI, dan sebuah port DVI-I yang mampu menammpilkan display hingga ke 4 output sekaligus.

Dua buah SLI konektor juga tersedia untuk mendukung 3-way SLI, walaupun konfigurasi ini mustahil untuk dilakukan pada motherboard mini-ITX.

DSC01187

Spesifikasi MSI GTX 760 Gaming ITX  :

  • GPU: GK104
  • Base / Boost Clock: 1006 MHz / 1072 MHz
  • Memory Size, Type: 2048 MB, GDDR5
  • Speed, interface: 6008 MHz, 256 bits
  • Connectivity: DL-DVI-I, HDMI, Mini-DisplayPort
  • Dimensions: 170x111x41 mm

Testing Benchmark & Gaming

DSC01177

Untuk menguji performa dari Mini-ITX PC ini, Nixia menggunakan system test bed dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Processor : Intel i5-4670K
  • Motherboard : Z87I Gaming AC
  • Graphics Card : MSI Nvidia GTX 760 2GD5 Gaming / OC ITX
  • RAM : Corsair Vengeance Pro Series 2 x 4GB
  • SSD : Corsair Force GS 128GB
  • PSU : Corsair RM 650
  • CPU Cooler : Corsair H75
  • Chassis : BitFenix Prodigy Mini-ITX

 

cpu-z -gpu-z

gaming app gaming app2

Mini PC yang Nixia uji kali ini dibungkus dengan casing berukuran Mini-ITX dari BitFenix seri Prodigy, meskipun masuk ke dalam kategori Mini-ITX, namun menurut Nixia casing ini masih terbilang kurang mini. Karena Mini PC biasanya dibutuhkan bagi pengguna yang menginginkan PC nya digunakan di ruang keluarga, agar terlihat indah dan minimalis, casing dari Corsair seri Graphite 380T mungkin bisa menjadi solusi alternative. Meskipun begitu ukuran casing BitFenix Prodigy yang lebih lega juga memudahkan perakitan setiap komponen dengan mudah dan cepat.

IMG_9294

Menggunakan processor i5-4670K dan memory sebesar 2x4GB dari seri Corsair Vengeance Pro, Nixia ingin membuktikan jika PC Mini ini tidak terlalu membutuhkan spek High-End agar dapat menjalankan game-game terkini dengan hasil FPS yang stabil. Sebagai media storage, Mini PC ini menggunakan SSD Corsair Force Series GS berukuran 128GB, cukup untuk system OS dan beberapa game yang akan diuji Nixia.

DSC01191

DSC01192

Sebagai pendingin CPU, PC ini menggunakan Corsair H75 Liquid Cooler yang memiliki design dan ukuran yang lebih compact, dengan radiator berukuran 120mm dan ketebalan 25mm sehingga cocok dipasangkan pada Mini PC atau casing berukuran kecil.

DSC01195

 IMG_9339

 

IMG_9336

Hasil Benchmark Synthetic

Berikut ini adalah hasil benchmark synthetic dari Mini ITX PC diatas.

3D Mark 11

3D Mark 11

3D Mark 12 - FireStrike 2

3D Mark 12 – FireStrike 2

3D Mark Vantage

3D Mark Vantage

Gaming Benchmark 

Benchmark Game Metro Last Light

Benchmark Game – Metro Last Light

GAME PERFORMANCE
Berikut hasil screenshot pengujian game Battlefield 4 dan Watch Dog, yang di test dari Low Setting hingga Ultra Setting. Pengujian dengan game Battlefield 4, juga Nixia tampilkan dalam video review diatas.

Battlefield 4

setting

BF4 Low Setting

BF4 Low Setting –  average FPS145 -160 (click for larger)

 

BF4 Medium Setting -  average FPS110 -130 (click for larger)

BF4 Medium Setting – average FPS110 -130 (click for larger)

BF4 High Setting

BF4 High Setting –  Average FPS 80-95 (click for larger)

 

BF4 Ultra Setting -  average FPS 45 -60 (click for larger)

BF4 Ultra Setting – average FPS 45 -60 (click for larger)

Watch_Dogs

WD Setting

WD Setting2

WD Ultra Setting - Average FPS 30-35

WD Ultra Setting – Average FPS 30-35

WD Ultra Setting - Average FPS 30-35

WD Ultra Setting – Average FPS 30-39

WD Low Setting - Average FPS 90-120

WD Low Setting – Average FPS 90-120

WD Low Setting - Average FPS 90-120

WD Low Setting – Average FPS 90-120

Kesimpulannya, kedua produk mini ITX terbaru dari MSI memberikan performa yang sangat memuaskan, meskipun spesifikasi yang digunakan tidak tergolong seri tertinggi. Bermain Battlefield 4 dalam setting video High dengan resolusi Full HD, berhasil mendapatkan rata-rata FPS yang stabil di angka 85-an. Dan ketika fitur OC Mode yang dapat diaktifkan melalui MSI Gaming App dinyalakan, peningkatan performa maksimal juga menghasilkan FPS rata-rata yang lebih tinggi sekitar 96-an FPS.

MSI command center

Memiliki Gaming PC dalam ukuran Mini, nyatanya tidak perlu mengorbankan performa gaming yang biasanya didapatkan dari PC berukuran standar. Mobo Z87I dan VGA GTX760 ITX mampu memenuhi kebutuhan Mini PC / Small Form Factor Gaming di rumah, untuk menghasilkan tampilan luar yang menarik, simple, dan cocok untuk dipamerkan di ruang keluarga anda. Selain itu form factor Mini PC juga akan menjadi kebutuhan mendatang para gamers. Seperti yang kita tahu juga, kehadiran platform gaming terbaru, Steam OS sedang ditunggu-tunggu para gamers, dan Mini PC adalah solusi tepat untuk menghidupkan SteamOS di ruang keluarga.

mini itx

Selain karena bentuk Mini ITX PC ini tidak memakan banyak ruang, anda juga dapat memasang komponen-komponen mini ini ke dalam casing berukuran mini ITX juga yang sekarang mulai banyak ragamnya di pasaran. Mulai dari yang bentuk dan design nya unik atau berbentuk lucu, casing mini-ITX juga sangat eye-catching untuk menghias ruangan anda.

Thanks MSI Indonesia, for making this article & video possible! 😉

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram