Review | MSI GT70 Dragon Edition 2 Extreme

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 14 Oct 2013 | 10,722

The fastest gaming notebook on earth !

Yay! The most powerful gaming notebook in the world : MSI GT70 Dragon Edition 2 telah hadir di gaming room Nixia! ♥

Sebelum menyimak review nya, ada baiknya nonton video yang satu ini dari team nXa-Ladies ^^

Laptop gaming yang satu ini sudah berhasil mencuri perhatian Nixia dengan warna dominan merah-nya, design Dragon (Naga) yang exclusive dan tentunya.. Limited Edition Notebook! Logo Dragon yang pertama kali dikenalkan MSI pada tahun 2012 di produk Gaming Notebook nya ini memang sekarang mulai dipakai di berbagai komponen hardware MSI Gaming series yaitu pada mainboard dan graphic card, sehingga logo Dragon sudah menjadi ciri khas produk Gaming dari MSI, dan pemilik produk-nya disebut juga dengan panggilan spesial Dragoon Army. ~

MSI mengulang kembali keberhasilan MSI GT70 Dragon Edition di tahun lalu dengan menghadirkan versi terbarunya yang sudah menggunakan Intel Haswell i7-4930MX yang merupakan seri Intel Extreme dan Nvidia seri 780M. Kebetulan yang kali ini Nixia miliki adalah versi Extreme, masih serupa namun tak sama dengan versi standard Dragon Edition 2, dimana perbedaan terjadi pada sisi Processor dan GPU yang telah di overclock, menjadikan spesifikasi ini yang terbaik dan tercepat diantara notebook gaming lainnya. Lalu seperti apakah performa Dragon Edition 2 Extreme ini dalam memainkan game-game terbaru  koleksi Nixia?!

Unboxing

MSI membungkus notebook Dragon Edition 2 ini dengan sebuah dus berwarna dasar hitam, lengkap dengan logo Dragon berwarna merah yang berpadu dengan tulisan Dragon Edition berwarna silver brushed berukuran besar di bagian depannya, untuk menunjukkan bahwa isi didalamnya adalah MSI Dragon Edition 2 Limited Edition. Beberapa logo fitur juga tercantum di pojok kiri bawah cover box ini seperti keyboard by SteelSeries, Killer DoubleShot, dan sound by Dynaudio. Pada sisi kanan box ini juga bisa langsung diketahui spesifikasi teknis lengkap dari notebook ini yang masuk ke dalam kode GT70 20D.

Di dalam box, notebook ini dilapisi 2 soft cloth pelindung, pertama untuk membungkus keseluruhan notebook ini dengan softcloth berwarna hitam dan softcloth pelindung berwarna putih untuk menutupi bagian layar. Selain itu aksesoris pelengkap lainnya juga telah dibungkus secara eksklusif dengan softcloth berwarna hitam, lengkap dengan logo MSI Dragon di setiap kemasannya. Khusus untuk pemilik MSI Dragon Edition 2, MSI juga menyertakan sebuah souvenir unik, yaitu sebuah stamp untuk menghasilkan cap berlogo MSI Dragon. Pada paket penjualan MSI Dragon Edition 2 ini juga  :

• Quick Start Guide
• Battery
• Adapter & Power Cable
• Warranty Card
• Hot key Recovery function guide
• MSI Dragon plate/emblem sticker
• DVD all-in-one berisikan aplikasi, user manual full version, kumpulan driver, utility.
• MSI Gaming Mouse
• MSI Dragon Stamp
• Backpack MSI

Design & Connectivity

MSI GT70 Dragon Edition 2 hadir kembali dengan form factor yang sama dengan seri GT lain, namun kode 70 hadir untuk membedakan ukuran layarnya, yaitu 17.3 inch yang termasuk besar dan sanggup memuaskan kegiatan gaming di notebook ini. Ketebalan fisiknya yang terbilang cukup tebal, sehingga sangat berkesan notebook khusus para gamer hardcore. Hal ini sengaja didesign untuk mementingkan sirkulasi udara yang baik, terlihat dari banyak dan besarnya ventilasi udara sehingga mencegah mesin ini agar tidak mudah panas, terlebih saat dipakai bermain game.

Sesuai dengan namanya: Dragon Edition, maka hadir pula logo Dragon yang terukir halus dibagian tengah cover depan bersamaan dengan logo MSI berwarna silver metalik yang akan menyala berwarna putih terang jika notebook ini dinyalakan. Material aluminium brushed berwarna merah membuat notebook yang satu ini tampil sangat cantik dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Namun, memang pinggiran dari lid kiri dan kanan, hingga ke bagian engselnya menggunakan bahan plastik matte berwarna hitam, bagian chassis bawah notebook ini juga memiliki cover berbahan plastik tebal yang kokoh.

Pada panel layout sebelah kanan anda akan menemukan dua buah port USB 2.0 dan Blu-ray drive, sedangkan di sebelah kiri terdapat lubang heatsink exhaust, 2 port USB 3.0, sebuah SD Card Reader, 1 buah lagi USB 3.0 lalu 4 port audio 7.1  gold plated sebagai design fitur MSI AudioBoost yang mampu menghantarkan transmisi suara yang stabil dan tanpa adanya distorsi, dibantu juga oleh AMP terintegrasi yang dapat menambah performa audio pada kualitas suara di headset.

My Matrix Display setup

Port-port fungsional lain bisa ditemukan di bagian belakang notebook, dimana terdapat Kensington lock, Power Port, Ethernet Port, VGA port, mini display port, dan HDMI port, yang setelahnya juga dilanjutkan dengan lubang exhaust. Hadirnya ketiga jenis display connectivity di notebook ini juga dapat digunakan untuk menjalankan fitur Matrix Display, dimana anda bisa menghubungkan sekaligus ke 3 output monitor tambahan, sehingga total ada 4 monitor yang dapat menyala secara bersamaan, membantu anda untuk beraktifitas tanpa meninggalkan momen gaming anda.

Lanjut ke design workspace MSI Dragon Edition 2 yang masih sama dengan MSI GT70 Dragon Edition sebelumnya. Bahan aluminium brushed juga digunakan dibagian palm rest, dimana ditemukan juga ukiran halus logo Dragon yang terpotong kebagian kiri dan kanan, touchpad yang letaknya agak ke kiri untuk mengikuti letak keyboard ini memiliki ukuran cukup besar dengan type Synaptics serta memiliki tombol fisik klik kiri dan kanan yang terasa ringan namun kokoh saat ditekan, dan dibagian atasnya juga terdapat tombol switch dedicated untuk menonaktifkan touchpad dengan cepat. Seperti biasa, dibagian bawah touchpad juga terdapat LED indikator mulai dari Bluetooth, Wi-Fi, battery charge status, sleep mode, dan hard drive activity.

Layar sebesar 17,3 inch yang diusung memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 dengan type layar anti-glare, agar tetap nyaman dan tidak memantul ketika digunakan di bawah sinar matahari ataupun ruangan dengan pencahayaan yang terang. Pada bagian atas layar terdapat sebuah webcam 720p yang dikelilingi bahan seperti cermin dari plastik, di sebelah kirinya juga terdapat 2 lubang microphone, serta terdapat kembali logo MSI di tengah bawah layar. Touch panel yang mengambil posisi di deretan atas keyboard kembali disematkan MSI GT series kali ini namun dengan beberapa perubahan fungsi, yaitu terdiri dari sensor multimedia, toggle fan tambahan,toggle backlit keyboard, airplane mode/toggle Wi-Fi, toggle display off/on, sensor G-panel untuk menampilkan switch fungsional tanpa harus meninggalkan game, dan tepat disebelah kanan G-Panel ini juga terdapat indikator caps lock dan numlock. Pada bagian tengah touch panel ini dipisahkan dengan tombol Power yang berukuran cukup besar dan juga berfungsi sebagai indikator GPU yang sedang digunakan (Intel atau Nvidia). Dua buah lubang speaker stereo berbahan metal yang terpasang di sisi kiri dan kanan touch panel, semakin menambah sangar gaming notebook ini terlebih sebuah subwoofer built-in juga telah terpasang dibagian bawah notebook, dengan system Dynaudio yang biasa digunakan pada mobil Bugatti ini juga telah ditanamkan pada GT70.

Keyboard by SteelSeries, terpampang dengan jelas dipojok kiri bawah keyboard menandakan kualitas Keyboard yang digunakan Notebook ini. SteelSeries adalah salah satu brand yang sudah terkenal akan peripheral gaming gearnya ikut diusung MSI untuk menghasilkan keyboard yang fungsional dan solid bagi para gamer, dengan design chiclet dan jarak antar key nya yang seimbang membuatnya nyaman digunakan untuk aktifitas typing maupun gaming, tombol Windows juga hanya terdapat di sebelah kanan spacebar untuk mencegah tombol tersebut tertekan secara tidak sengaja dan dapat membuat keluar dari game. Kesan gamers pada keyboard juga hadir dengan LED backlight dimana warna keyboardnya bisa diatur melalui aplikasi KLM, disini kita bisa memilih berbagai warna ke dalam 5 mode effects berbeda yaitu : Dual Color, Wave,  Breathing, Audio, dan Gaming. MSI menyatakan bahwa gaming keyboard ini mendukung multi-keys input hingga 6-8 buah keys dapat ditekan secara bersamaan.

Pada bagian bawah notebook chassis berbahan plastik hitam ini terlihat banyak memiliki lubang-lubang ventilasi, lubang subwoofer, slot baterai yang didalamnya juga terdapat sticker Windows 8, serial number dan keterangan teknis lainnya.

Spesifikasi

MSI GT70 Dragon Edition 2 Extreme Specification
Processor 4th generation Intel® Core™ i7-4930MX CPU Processor (8M Cache, up to 3.90GHz)
Chipset Intel® HM87
Memory 2x8GB DDR3-1600 (Maximum 32GB)
Graphics NVIDIA GeForce GTX 780M 4GB GDDR5
Intel HD 4600 Graphics
Display 17.3″ LED Matte 16:9 1080p
LED backlit LCD
Hard Drive(s) 3x SanDisk 128GB mSATA – SSD in Super RAID 0 (Primary System Drive)
750GB HDD 7200rpm
Optical Drive BD Writer / BD Combo / DVD Super Multi
Networking Killer Networks e2200 PCIe Gigabit Ethernet
Killer Wireless-N 1202 dual-band 2×2 802.11a/b/g/n
Bluetooth 4.0
Audio Audio Boost, 2x2W Speakers, 1 subwoofer
2.1 speakers
Mic, headphone, line-in, and line-out jacks
Battery 9-cell, 7800mAh, 87Wh
Operating System Windows 8 64-bit
Dimensions 16.9″ x 11.3″ x 2.2″
429.3mm x 287mm x 55.9mm
Weight 3.9kg
Extras Matrix Display Webcam
USB 3.0
Card reader
Sound by Dynaudio
Killer Networks wireless and wired networking
Configurable backlit keyboard
3x mSATA SSD Striped RAID
Pricing https://www.facebook.com/iTechnophile/app_208209315900235

Performance & Features

MSI Dragon Edition 2 Extreme ini telah dipersenjatai oleh processor Intel generasi ke-4 “Haswell” dengan seri tertinggi saat ini, yaitu Intel Core I7-4930MX dengan konfigurasi overclock 3.9GHz.

MSI sendiri telah membuat processor ini unlocked, sehingga kita bisa meng -overclock nya dengan mudah hingga ke clock base 3.9GHz. Dengan processor ini MSI Dragon Edition 2 Extreme mampu menjamin peningkatan performa hingga 30% dari seri sebelumnya, dan juga lebih meningkatkan daya tahan baterai. Berkat adanya teknologi Nvidia Optimus pula-lah yang semakin menghemat konsumsi baterai dengan memanfaatkan GPU Intel HD4600 untuk menjalankan program yang ringan. Berikut inilah hasil dari pengujian synthetic benchmark menggunakan PCMark7, PCMark Vantage, 3DMark 2013, dan 3DMark Vantage :

Sementara  itu, menggunakan discrete graphic card GPU Nvidia GeForce GTX 780M yang diklaim merupakan GPU mobile tercepat saat ini, mampu menghasilkan performa 50% lebih cepat dibandingkan GT70 Dragon Edition tahun lalu yang masih menggunakan GeForce GTX680M. Selain itu GPU ini juga menggunakan power lebih rendah dan menghasilkan temperatur yang lebih rendah pula. Cek hasil performa gaming-nya berikut ini, semua dalam resolusi Full HD 1920×1080 :

Berikut adalah hasil FPS yang didapatkan dalam bermain game Battlefield 4 Beta :

FPS Result, atas : Low & Medium Setting ; bawah : High & Ultra Setting

Nixia juga mencoba mencari titik batas performa dari MSI DE2 Extreme ini dengan menjalankan game-game terberat  lainnya seperti Crysis 3, Far Cry 3 dan Metro Last Light.

Gameplay di luar ruangan FPS nya 40-an (Very High)

Sedangkan di dalam ruangan mendapatkan FPS hingga 60. (Very High)

Far Cry 3 - Ultra Setting

Ultra Setting pada game Far Cry 3 berhasil diangkat MSI DE 2 Extreme untuk menghasilkan fram rate diantara 45-65 FPS. Sedangkan pada setting Low graphic, FPS yang didapatkan sekitar 100-150FPS.

Hasil benchmark MSI DE2 Extreme pada Metro Last Light

Sebagai gaming notebook, MSI juga telah membenamkan berbagai fitur khusus yang sangat berguna bagi para gamer, yang pertama adalah Killer DoubleShot network adapter, jika pada GT70 tahun 2012 hanya menyediakan fitur Killer LAN, maka kali ini MSI menambahkan fitur tersebut juga pada adapter Wi-Fi nya. Didukung oleh adapter Killer tersebut, MSI GT70 mampu mem-prioritaskan  koneksi internet dan traffic latency nya khusus untuk permainan online game yang sedang anda jalankan atau saat mengakses video streaming. Online gaming pun terhindar dari musuh yang bernama “lag” 😀

Banyak orang meragukan akan panas yang dihasilkan dari sebuah gaming notebook atau takut hawa panas dari ventilasi heatsink menyebar ke area keyboard lalu mengganggu kenyamanan telapak tangan saat bermain game, namun MSI GT70 DE2 ini mampu menjaga temperatur pada saat dipakai gaming berjam-jam. Terimakasih pada teknologi pendingin terbaru MSI Cooler Boost 2, yang lebih powerful dibandingkan Cooler Boost versi sebelumnya. Design Cooler Boost 2 menghubungkan heatsink CPU dan GPU dengan Thermal Bridge, jika salah satu sisi memiliki temperatur lebih panas maka panas tersebut dapat ditransfer ke sisi lainnya untuk menyeimbangkan dan mempercepat proses pembuangan panas hingga 15% dari Cooler Boost sebelumnya. Kita juga bisa memperbesar kecepatan fan exhaust dengan menekan sensor berlogo fan pada touch-panel, walaupun akan menimbulkan suara yang sedikit lebih berisik, namun fitur ini sangat berguna untuk mempercepat pendinginan pada notebook. Alhasil, aktifitas gaming Nixia diatas MSI DE2 Extreme ini tetap ‘adem’ dan justru terasa lebih dingin di ruangan ber-AC, berkat material aluminium di area workspacenya.

Memiliki total storage lebih dari 1TB merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan para gamers untuk dapat menyimpan koleksi-koleksi gamenya. Perpaduan antara 750GB HDD dan 3 buah SSD 128GB sebagai system drive dengan konfigurasi Super RAID 0 diperkuatjuga dengan memory sebesar 16GB, mampu menghasilkan waktu boot loading kurang dari 10 detik dan  kecepatan transfer data hingga 1500MB/s, itu artinya bisa mencapai 15x lebih cepat daripada HDD konvensional. Opsi upgrade HDD juga disediakan dengan menyisakan 1 slot HDD tambahan bagi anda yang menginginkan kapasitas storage lebih banyak.

Salah satu fitur unik dari notebook gaming MSI adalah NOS untuk mengaktifkan hybrid power dengan memperkerjakan CPU Boost, GPU Boost dan Cooler Boost 2 untuk menghadirkan performa yang jauh lebih tinggi dari normal hingga 10% atau lebih. Mekanisme nya sendiri adalah ketika system membutuhkan total power yang lebih besar daripada power supply pada adaptor yaitu lebih dari 180W, NOS akan otomatis aktif untuk menambahkan watt dan mendukung kinerja GPU untuk tetap dapat bekerja secara maksimal, dimana sebenarnya NOS akan mengambil extra power tersebut dari baterai, sehingga power pada baterai akan lebih mudah habis. Namun ketika kapasitas baterai telah mencapai kurang dari 30% makan konsumsi power akan kembali ke posisi normal 180W, dimana fitur NOS juga akan otomatis mati.

Kapasitas baterai 7800 mAh pada MSI DE2 Extreme ini patut diacungkan jempol, karena ketahanannya hingga 4 jam lebih saat notebook dipakai untuk aktifitas office maupun browsing merupakan satu langkah besar untuk notebook berukuran layan 17.3 inch. Hal ini sudah pasti dikarenakan processor Intel Haswell yang memang diklaim lebih hemat energy.

Conclusion

Produk gaming notebook dari MSI selalu menghadirkan yang terbaik setiap tahunnya, dan MSI GT70 Dragon Edition 2 Extreme ini kembali hadir dengan hasil performa monster yang terbaik dan menakjubkan berkat komponen terbaik yang diusungnya dari Intel dan Nvidia. Konfigurasi Super RAID 0 yang menggabungkan 3 buah SSD 128 GB sangat membantu loading game Far Cry 3 atau game lainnya menjadi sangat cepat, dan terbebas dari problem stuttering. Hardware yang solid dengan design Dragon limited edition membuat Nixia tidak perlu repot lagi menambahkan skin/cover penghias tambahan, untuk membuatnya tampil eye-catching. Berbagai fitur gaming yang mumpuni hadir untuk memaksimalkan aktifitas gaming setiap hari. Salah satu fitur yang Nixia suka adalah kualitas audio nya yang kaya untuk ukuran sebuah notebook, sehingga gaming dengan mengandalkan speaker pada notebook inipun terasa lebih real dan nyaman didengar. MSI Gt70 Dragon Edition 2 ini adalah solusi pengganti gaming desktop untuk kebutuhan Gaming Anytime & Anywhere.

Walaupun type Extreme yang satu ini belum secara resmi dijual di Indonesia, anda yang menginginkan design Dragon Edition pun tetap dapat memilikinya dengan type Dragon Edition 2 yang berkonfigurasikan processor Intel I7 4700MQ. Info lengkap produk ini dan produk notebook gaming MSI lainnya bisa dicek di FB fanpage MSI Indonesia NB.

Thanks MSI Gaming ! ♥

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram