Review | MSI GT80 TITAN SLI – Gaming Notebook dengan Keyboard Mekanikal

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 14 May 2015 | 32,628

GT80 nixia

MSI selalu menjadi brand yang terdepan dan paling inovatif dalam lini laptop gaming, dimana MSI selalu menghadirkan seri, spesifikasi, dan model yang up-to-date, kelas yang beragam sesuai kebutuhan gamers, mulai dari kelas gamer casual, gamer competitive, hingga kelas gamer hardcore. MSI GT80 Titan SLI akhirnya dirilis ke pasaran, sebuah laptop gaming yang sebelumnya tidak pernah orang sangka akan terwujud. Keyboard Mechanical yang selama ini kita pikir tidak akan pernah hadir dalam sebuah laptop, berhasil diciptakan produsen MSI. Inilah Notebook Pertama di Dunia dengan Keyboard Mechanical!-

IMG_6742

Ada apa dengan Keyboard Mechanical? Mungkin sebagian dari teman-teman pembaca Nixiagamer.com masih belum menyadari peran keyboard mechanical di dunia gaming.

Di era sekarang ini, gamer selalu dikaitkan dengan peralatan perang (gaming gear) yang khusus, biasanya dilihat dari sisi kualitas serta kenyamanan terbaik dan durabilitas-nya yang tahan lama. Contohnya pada sisi keyboard, belum ‘gamer’ rasanya jika bermain game tanpa menggunakan keyboard jenis mechanical. Belum bisa disebut atlet e-sports rasanya jika tidak menggunakan keyboard gaming mechanical. Ya, paling tidak itulah yang sudah tertanam di benak dunia gaming competitive saat ini. But, of course it’s a good thing! Siapa yang tahan bermain game berjam-jam dengan keyboard membrane yang kurang nyaman?!

IMG_6595

Kita kembali ke topik, MSI GT80 TITAN SLI hadir dengan sentuhan premium hardware, tidak hanya dari luarnya, tapi juga dari spesifikasi mesin yang diusungnya. Tidak tanggung-tanggung notebook ini ditanamkan 2 buah GPU NVIDIA GTX 980M (SLI), prosesor Intel i7 4890HQ, RAM 32GB, dan 4 buah SSD dalam konfigurasi Super RAID 3. Spesifikasi notebook tercepat & tiada tanding ini siap menggantikan PC Desktop Anda, dengan keistimewaan mesin gaming yang dikemas dalam bentuk notebook.

Design

IMG_6730

Kehadiran mechanical keyboard membuat ukuran layar notebook ini lebih besar yaitu 18.4 inch, karena biasanya ukuran terbesar dari notebook MSI Gaming sebelumnya adalah 17.3 inch. Tampilan dari luar cover lid notebook ini, akan mengingatkan kita akan desain kap sebuah mobil sport. Perpaduan bahan aluminum brushed berwarna hitam dengan dua garis tegas berwarna merah yang akan menyala bersama logo MSI Dragon, memberikan kesan gamer yang kental dan sporty.

Meskipun berukuran lebih besar dari kebanyakan notebook gaming lain, keyboard mechanical dan performa tiada tanding ialah gantinya. Melihat ke bagian keyboard, kita pasti akan menilai betapa aneh-nya posisi keyboard yang dipasangkan menempel ke sisi bawah, tanpa ada ruang palm rest serta touchpad seperti notebook biasa. Disini, MSI memindahkan touchpad ke sisi kanan, dimana kita juga bisa mengganti-ganti fungsi touchpad menjadi numerik pad dengan satu tombol. Hasilnya, sensasi menggunakan touchpad pun layaknya menggunakan mouse, karena tangan kanan kita tidak perlu dibelokkan ke sebelah kiri lagi saat menggunakan notebook. Ruang touchpad yang tinggi dan luas juga menjadi nilai plus dari raksasa notebook gaming ini.

IMG_6620

Soal posisi keyboard yang tidak menyediakan space palm-rest, ini justru menjadikan pengalaman bermain game pada MSI GT 80 Titan SLI layaknya bermain pada PC Desktop dengan mechanical keyboard yang memang sejatinya tidak memiliki palm rest. Namun jangan khawatir dulu, karena MSI GT80 melengkapinya dengan aksesoris palm-rest pad berbahan soft-cloth yang ‘chewy’ nyaman digunakan, bagi kamu yang membutuhkan feel yang lebih presisi saat bermain game pada mesin monster ini.

IMG_6582

Pemindahan keyboard di posisi baru ini pun bukan tanpa alasan, pada bagian di atas keyboard yang terlihat kosong, dan masih dibalut dengan chassis berbahan aluminum brushed serta memiliki grafir Dragon MSI ini, kita bisa dengan mudah membukanya, jika suatu saat Anda membutuhkan upgade hardware didalamnya baik pada GPU, SSD, maupun RAM.

IMG_6620

Di bagian atas keyboard ini juga bisa kita temui garis horizontal dengan backlit, lubang speaker di dekat display, dan rangkaian tombol seperti tombol Power, tombol switch antara discrete/integrated GPU, dan tombol switch Cooler Booster.

Melihat dari dimensi-nya yang berukuran 456mm x 330mm x 49mm, tentunya bukanlah suatu hal yang aneh, karena dimensi laptop gaming seringkali berukuran raksasa, karena masih banyak laptop gaming lain yang berdimensi serupa itupun belum dilengkapi dengan keyboard mechanical.

IMG_6757

I/O Port Interface

Dengan ketebalan hampir 5cm, MSI GT80 menyediakan banyak ruang untuk ventilasi kipas nya di sisi kiri dan kanan notebook. Pada sisi kiri kita akan menemukan BD/DVD Writer, Card Reader, 3x USB 3.0 port, S/PDIF port, audio + microphone jack, dan security Kensington lock. 2 buah USB 3.0 port lagi bisa ditemukan di sebelah kanan notebook. Lanjut ke bagian belakang, terdapat port display untuk mendukung fitur Matrix Display yaitu, 2x Mini DisplayPort, HDMI port, lengkap dengan Power jack dan Gigabit Ethernet port.

io gt80

Keyboard

Trend gamer yang menggunakan mechanical keyboard tentunya bukan tanpa alasan. Switch mechanical terbukti lebih tahan banting, dan telah diuji tahan hingga 50juta kali klik/tekanan, jauh lebih tahan lama dibandingkan switch membrane, yang hanya mampu bertahan antara 5-10 juta kali tekanan. Switch Cherry MX Brown menghasilkan feedback tactile yang khas dan nyaman untuk bermain game, tanpa perlu takut tombol mudah tertekan, karena membutuhkan tekanan seberat 60 gram untuk menekannya. Oleh karena itu, MSI bekerjasama dengan produsen gaming gear ternama dunia ; SteelSeries untuk menciptakan keyboard mechanical ini.

IMG_6630

Switch Brown terkenal akan suara klik yang lebih sunyi dibandingkan switch Red, Blue, atau switch yang lainnya. Bermain game di tengah malam tentunya tidak perlu takut akan membangungkan anggota keluarga di rumah Anda.

Untuk Backlight nya, keyboard MSI GT80 memilih warna merah yang serasi dengan tema MSI Gaming. MSI juga menambahkan 5 buah keycaps eksklusif tambahan berbahan metal dengan warna emas yang bisa kita ganti untuk “tombol gamer” WASD dan ESC. Selain membuat keyboard terlihat bling-bling, jari kita juga dapat memanfaatkan perbedaan berat / bahan-nya untuk mempercepat manuver saat bermain game, tanpa perlu menengok ke keyboard lagi.

IMG_6589

Meng-customize keycaps adalah salah satu keuntungan dalam memiliki keyboard mechanical, cocok sekali nih bagi kamu yang sering merasa bosan dengan key caps yang itu-itu saja. Nixia juga sering mengganti-ganti keycaps dan inilah hasilnya pada GT80!

IMG_6715

IMG_6634

Fungsi Macro dan Programmable Key juga sudah ditanamkan pada keyboard ini untuk gamer yang senang merekam kombinasi tombol penting / tombol shortcut. Fitur macro keys ini bisa diakses melalui software SteelSeries Engine 3.

sse

sse2

Display

Layar sebesar 18,4 inch pada sebuah notebook, sudah termasuk lebih dari cukup untuk kegiatan gaming sehari-hari, resolusi 1920×1080 pada layar bertipe Anti-Glare ini mampu menghasilkan warna yang tajam dan nyaman di mata. Jika satu layar tidak cukup, anda bisa menambahkan monitor eksternal hingga 3 buah, dan mengaktifkan fungsi Matrix Display atau Surround View.

IMG_6787

 

IMG_6802

Panel LCD yang digunakan MSI juga memiliki kualitas tinggi dengan Wide Viewing Angle, dimana display nya memiliki tingkat ketajaman lebih baik, tingkat kontras dan brightness yang lebih tinggi 40% daripada panel display biasa. Dilihat dari sudut manapun, gambar yang dihasilkan tetap jelas terlihat dan tetap tajam.

wide angle

Jika Anda memiliki TV Ultra HD, anda juga bisa memanfaatkan notebook MSI GT80 sebagai sumber entertainment anda, karena mesin ini mendukung output 4K dengan resolusi hingga 3840 x 2160 pixel, cocok untuk bermain game atau menonton film via TV kesayangan kita.

Audio

Disenjatai dengan speaker dari Dynaudio, salah satu produsen speaker terbaik dunia, MSI GT80 memastikan penggunanya mendapatkan pengalaman audio terbaik. Dengan konfigurasi 4.1, dimana 2 speaker terletak di sudut atas workspace dan 2 lagi dibawah keyboard, serta sebuah sub-speaker dibagian bawah notebook. Speaker pada MSI GT80 ini telah mendapatkan peningkatan power amplitude sebesar 50% dari generasi sebelumnya, artinya terdapat peningkatan hingga full 10dB volume.

Kualitas audio pada GT80 adalah yang terbaik dari semua laptop gaming lainnya yang pernah NixiaGamer.com rasakan, power dan bass nya sangat tepat dan mampu diandalkan dalam game yang memiliki environment real-life seperti GTA V, posisi setiap sumber suara menjadi lebih jelas dan seperti lebih hidup di dalam game.

Untuk bermain game menggunakan headset pun, MSI GT80 menyertakan teknologi Audio Boost 2 dengan 3 buah AMP independen. Dengan AMP dedicated, board audio yang terlindungi serta audio jack berlapis emas sebagai material terbaik dalam menghantarkan suara ke headset kita, suara yang detail dalam game akan semakin menambah kepekaan kita saat bermain game FPS seperti CS:GO atau Battlefield 4.

Equalizer Audio dari Sound Blaster Cinema 2 juga siap menghadirkan suara yang sesuai dengan sumber audio, baik itu terasa seperti menonton di bioskop atau menonton langsung sebuah pertunjukkan konser musik, fitur kalibrasi multi-channel speaker, dan profile audio juga tersedia dalam software ini.

Spesifikasi

  • CPU: Intel Core i7 4980HQ (2.8-4.0GHz)
  • Display: 18.4-inch Full HD, anti-glare LCD in LED backlight 1920×1080 16:9
  • Memory: 4x 8GB DDR3L 1600MHz
  • Graphics Chipset: Dual Nvidia GeForce GTX 980M SLI
  • Graphics VRAM : 16 GB (2x GDDR5 8GB)
  • Graphics Memory: 8GB GDDR5 x2
  • Storage: 4x 256GB M.2 SSD + 1TB 7200rpm
  • OS : Windows 8.1 64bit
  • Keyboard Type: SteelSeries Red backlit mechanical keyboard with Cherry MX Brown Switches
  • Ports: 5x USB 3.0, HDMI 1.4a, 2x mini DisplayPort, Killer gigabit LAN, microphone/headset jacks, Toslink SPDIF, SD card reader
  • Optical Drive: BD Writer / DVD Super Multi
  • Audio: 4.1 Sound by Dynaudio, 2 Speaker for each channel
  • Wireless: Killer DoubleShot Pro 11ac, Bluetooth 4.1
  • Webcam: Full HD type (1080p30)
  • Dimension: 456 x 330 x 49mm
  • Weight: 4.5Kg (with Battery)
  • Battery: 8-cell Lithium Ion

cpuz

gpuz

 

MSI Gaming Notebook Features

• MXM SLI – Menggunakan arsitektur GPU jenis MXM, yang memungkinkan kita bisa meng-upgrade GPU kita sendiri dengan mudah.

• Killer Doubleshot Pro – Secara otomatis memprioritaskan jalur bandwidth untuk game online yang sedang dimainkan, baik melalui LAN atau WiFi. Latency rendah untuk game bebas Lag!

killer

Killer Network Manager – Untuk mengontrol prioritas bandwidth internet yang terhubung pada notebook.

• Super RAID 3 – Teknologi RAID 0 yang ditanamkan MSI ke 4 buah SSD @256GB. Menghasilkan kecepatan baca/tulis hingga 1600MB/s.

• XSplit Gamecaster –  Hobby menyiarkan gameplay kamu? Atau tidak ingin melewatkan momen terbaik saat bermain game? XSplit Gamecaster mampu membantu kamu dengan cepat dan tanpa ribet! Gratis lisensi XSplit Gamecaster untuk setiap pembelian notebook MSI Gaming.

• Cooler Boost 3 – Menjaga system tetap dingin dalam performa tertinggi.

• Audio Boost 2 – Rasakan pengalaman audio terbaik menggunakan headset dari independent AMP.

• Dynaudio – Speaker dengan kualitas kelas dunia, memanjakan telinga kita saat bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film.

• Matrix 3x Surround Display – Tampilkan game anda dalam 3 monitor output sekaligus.

• SHIFT – Pilih profil performa notebook kamu sesuai kebutuhan performa dan temperatur notebook.

shift

 

• Dragon Gaming Center – Satu pusat aplikasi untuk seluruh kebutuhan Gaming dan Performance GT80.

dragon gaming center

Game Performance

Mengusung dua buah GPU GTX 980M dengan konfigurasi SLI, menjadikan total VRAM sebesar 16GB yang menjadikan mesin gaming ini superior! Nixia bisa menjalankan setiap game dengan setting graphics ‘mentok kanan’ yaitu Very High pada 1080p, dengan performa terbaik. Pada game GTA V, Nixia bisa bermain mengelilingi keramaian kota Los Santos dengan nyaman, dimana GT80 Titan SLI ini mampu menghasilkan Frame per Second diatas 60FPS hingga 100 FPS.

GTA5 2015-05-28 18-55-38-52GTA5

Simak video Performa GTA V pada MSI GT80 pada video berikut ini :

 

Pada game Far Cry 4, dengan setting Ultra, MSI GT80 juga bekerja secara mengagumkan, mendapatkan rata-rata FPS di 110-130 adalah hal yang menyenangkan untuk berpetualang di tengah hutan. Balapan dalam game Project Cars, notebook ini menghasilkan rata-rata 90 FPS dengan setting Ultra @1080p.

pCARS64

 

Benchmark Performance 

3dmarkvantage

Pada software benchmark 3DMark Vantage, MSI GT80 Titan SLI berhasil mencetak score 41495.

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

MSI Gaming Notebook

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram