Review MSI GTX 960 Gaming 2G : Fungsi DSR Paling Pas Untuk Game DOTA 2

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 17 Mar 2015 | 44,100

Tidak hanya DOTA2, GTX 960 membuktikan bahwa kartu grafis ini paling cocok digunakan untuk game-game MOBA populer lainnya berkat Efisiensi Daya dan Fitur DSR!

IMG_1971

Oh ya mungkin kamu bingung, kenapa harus game MOBA seperti DOTA2 atau League of Legends yang diangkat di review GTX 960 ini!  Well, game genre MOBA populer tersebut sebenarnya merupakan game yang sangat ringan dan graphic card seri 3 tahun ke belakang pun masih bisa menjalankannya, walaupun tidak dengan setting graphic maksimum dan FPS (frame per second) yang nyaman. :)

Fakta yang Nvidia peroleh, data dari Steam menunjukkan kebanyakan pemain DOTA 2 menggunakan graphic card GTX 660 (sweet spot Nvidia Kepler 2012), nah kehadiran GTX 960 kali ini adalah sebagai sweet spot terbaru dari NVIDIA dan paling cocok sebagai pengganti GTX 660 tersebut. Mengapa? Arsitektur Maxwell yang diusung pada GTX 960 memastikan gaming yang  jauh lebih “Hemat Daya” dan berjalan lebih lancar dibanding GTX 660 (setting graphic maximum, 1080p bahkan pada resolusi DSR 4K).

2xef

Perbandingan TDP antara GTX 660 vs GTX 960

Sebelum kita melihat ulasan MSI GTX 960 Gaming 2G lebih jauh, Nixia ingin memperkenalkan fungsi terbaru GPU Maxwell Nvidia yang mendukung aktifitas game MOBA kamu!

DSR – Fitur Eksklusif dari NVIDIA

Seperti yang mungkin kalian sudah tahu, kartu grafis NVIDIA seri GTX 9xx yang menggunakan arsitektur Maxwell terbaru ini memiliki banyak sekali pengembangan fungsi dan fitur yang berguna untuk memaksimalkan visual dalam game. Salah satu fungsi tersebut adalah DSR (Dynamic Super Resolution). Kita simak dulu yuk video demo nya berikut ini..

DSR adalah sebuah solusi bagi para gamer yang ingin merasakan game nya berjalan pada resolusi 4K (3840x2160pixel) namun hanya memiliki monitor yang beresolusi Full HD (1920x1080pixel). Dimana kebanyakan gamer yang telah memiliki sistem PC yang mumpuni tentunya menginginkan kualitas performa grafis selalu lebih tinggi lagi. DSR me-render sebuah game ke resolusi lebih tinggi untuk mendapatkan detail lebih baik, kemudian mengecilkannya lagi ke ukuran resolusi monitor. Berikut ini adalah perbandingan gambar yang dihasilkan DSR untuk game genre MOBA. DSR menghasilkan grafis yang lebih detail, lebih halus, dan lebih hidup.

DSR Comparison MOBA Games

Berita baiknya, fungsi DSR ini tidak hanya bisa kita temukan di kartu grafis GTX seri high-end agar tetap memiliki performa yang stabil, fungsi tersebut dapat gamers nikmati pada NVIDIA GeForce GTX 960. Untuk mengaktifkan fungsi DSR tersebut, kita dapat dengan mudah menekan tombol Optimize pada aplikasi NVIDIA GeForce Experience untuk game yang akan kita mainkan, dan secara otomatis game tersebut akan memiliki setting 4K DSR.

gfer

Cara mengaktifkan Setting Grafis Otomatis di GFE

compare dsr

DOTA 2 DSR 4k vs 1080

Perbandingan screenshot lebih jelas bisa dilihat dengan meng-klik link berikut 1080p vs DSR 4K.

pagelol

LOL 1080p vs DSR 4k

Perbandingan screenshot lebih jelas bisa dilihat dengan meng-klik link berikut 1080p vs DSR 4K.

Kartu grafis ini masuk ke dalam kelas mid-end dimana memiliki harga yang masih cukup terjangkau bagi kebanyakan gamers dibandingkan dengan GTX seri 9xx diatasnya seperti GTX 970/980. Pada kelas yang sama, GTX 960 dapat menjadi pengganti GTX 660 yang dirilis NVIDIA 3 tahun yang lalu, dimana berdasarkan data yang diperoleh Steam, GTX 660 adalah kartu grafis terbanyak yang digunakan para gamers khususnya game genre MOBA, seperti DOTA2, League of Legends, dan Heroes of Newerth. Apalagi GTX 960 termasuk efisien dalam konsumsi daya, dengan TDP sebesar 120 watt, lebih hemat 20 watt dari GTX 660. Bahkan ketika digunakan untuk setting grafis game yang ringan, GTX 960 hanya membutuhkan daya sebesar 30 watt, sebab kipas pada kartu grafis tidak akan menyala jika temperatur masih dibatas standar. Hal tersebut tentunya juga membuat kartu grafis bekerja dengan sunyi, tanpa suara kipas.

Game DOTA 2 sendiri sedang populer di Indonesia dan hampir setiap gamer memainkannya, turnamen lokal maupun nasional juga rutin diadakan, serta turnamen tahunan kelas internasional bertajuk The International telah menjadi tolak ukur pencapaian para gamer DOTA 2 profesional di seluruh dunia. Atas dasar itu, GTX 960 adalah kartu grafis paling cocok dan efisien bagi para gamer DOTA2 dan game genre MOBA lainnya yang biasanya hanya memainkan game tersebut selama berjam-jam atau seharian penuh. Selain dari faktor efisiensi daya dan harga, GTX 960 menawarkan performa grafis terbaik dengan teknologi-teknologi terbaru NVIDIA.

• GAME PERFORMANCE WITH DSR 4K •

System Test Bed :

– Intel Core i7 Haswell refresh 4790K
– MSI Z87 – GD65 Gaming
– MSI GeForce GTX 960 Gaming 2G
– MSI GeForce GTX 660 Gaming
– 16 GB DDR3 RAM Corsair Vengeance Pro RED PC3-17066 (2133MHz)
– 240GB SSD Corsair Force GS + 4TB WDC HDD
– Corsair RM1000 Gold Power Supply
– Corsair H105 Cooling
– Corsair Graphite 760T Arctic White Case

► League of Legends

League of Legends 4kdSR

4k DSR, Very High

League of Legends1080P

1080p, Very High

► DOTA 2

dota 1080 max

1080p, Maximum Setting

dota 4k dsr

4K, Maximum Setting

Selain sebagai sweet spot terbaru untuk game MOBA, GTX 960 juga menjadi pilihan tepat di kelas menengah dan mampu menandingi GTX660 pada game-game unggulan berikut ini, dan tentunya jauh lebih efisien daya :

► Far Cry 4

pagefc4

 

Perbandingan screenshot lebih jelas bisa dilihat dengan meng-klik link berikut : GTX 660 vs GTX 960.

► Counter Strike : Global Offensive

pagecsgo

Perbandingan screenshot lebih jelas bisa dilihat dengan meng-klik link berikut : 1080p vs DSR 4K.

► Battlefield 4

pagebf4

Perbandingan screenshot lebih jelas bisa dilihat dengan meng-klik link berikut : 1080p vs DSR 4K.

► Metro: Last Light

pagemll

Perbandingan screenshot lebih jelas bisa dilihat dengan meng-klik link berikut : 1080p vs DSR 4K.

maxwell

Selain fitur DSR yang telah dijelaskan diatas, NVIDIA Maxwell juga menghadirkan fitur eksklusif lainnya pada GTX 960, diantaranya :

Efisiensi Daya 2X Lipat

Bisa kita lihat perbandingannya dengan graphic card GTX 660, lebih hemat daya dengan performa 2x lebih tinggi.

2xef

MFAA

Multi-Frame-Anti-Aliasing adalah teknik anti-aliasing terbaru dan ekslusif pada arsitektur Maxwell, yang mengadopsi teknologi MSAA yang biasanya didapatkan dari kartu grafis seri high-end, kini bisa dinikmati pada seri menengah seperti GTX 960. Hebatnya lagi, MFAA beroperasi lebih ringan dan tidak menyita beban GPU seperti pada MSAA. Penjelasan dan demo lebih detail, tonton video berikut :

VXGI

Voxel Global Illumination (VXGI) ialah sebuah teknologi terbaru dan terdepan dalam menghantarkan pencahayaan yang realistis dan menakjubkan, dengan bayangan dan refleksi yang akurat untuk game next-gen dan engine game. Penjelasan lebih lengkap, simak video berikut :

VR Direct

GPU Maxwell telah siap digunakan dengan perangkat Virtual Reality, tak akan ada lagi latency tinggi antara perangkat dan display yang pada awalnya sering membuat mual.

MSI GTX 960 Gaming 2G

Closer Look

Masuk dalam kategori gaming, MSI pastinya menampilkan dalam tema warna hitam dan merah yang sporty, desain cover Twin Frozr V membuat kartu grafis ini semakin keren dan layak untuk dipamerkan. 😉

IMG_1977

Twin Frozr 5 Design – Merupakan salah satu teknologi cooling yang terbaik di dunia, eksklusif dari MSI. Mengusung fan yang dinamakan TORX FAN berukuran diameter 10cm, dibuat untuk memaksimalkan pembuangan panas.

TORX Fan juga memiliki teknologi hybrid ZeroFrozr, dimana fan tidak akan berputar ketika kartu grafis ini saat posisi idle/pemakaian minimal atau saat panas yang dihasilkan masih dibawah batas. Hal itu berfungsi untuk menghemat daya dan juga mengurangi suara bising fan.
Kita dapat mengatur batas Hybrid atau bahkan mematikan fungsi Hybrid jika ingin fan terus berputar melalui aplikasi MSI Gaming App.

IMG_1981

Teknologi pipa-pipa penghantar panas terbaru bernama SuperSU Pipe juga memiliki peran penting untuk membuang panas dengan cepat, kita bisa melihat 3 heatsink pipe ini memiliki bentuk huruf S dengan ukuran yang cukup besar terlihat menonjol baik dari sisi atas maupun bawahnya.

IMG_1989

Untuk konektivitas display, MSI GTX960 Gaming 2G menyediakan 1 port DVI, 1 port HDMI, dan 3 Display Port.

Technical Specification :

Cuda Cores : 2048
VRAM: 2GB GDDR5
Memory bus: 128-bits

VRAM Clock Speed : 7010MHz

Core Clock Speed : 1127MHz
Boost Clock Speed : 1241MHz

SLI Support : 2-way SLI
Power Connector : 1x  8-pin
Interface: PCI Express x16 3.0
System Requirements : Min. 400 watt PSU

Dimension : 267 x 139 x 36 mm

CONCLUSION

Semua teknologi terbaru yang dihadirkan GPU NVIDIA Maxwell tersedia pada kartu grafis GTX 960 yang termasuk dalam kelas menengah, dengan budget hanya kurang dari setengah harga dari GPU GeForce GTX tertinggi (GTX 980) saat ini. Kartu grafis kelas high-end tentunya akan mubazir, jika kamu hanya memainkan game free to play online khususnya pada genre MOBA seperti DOTA 2 dan League of Legends. Efisiensi daya listrik yang hanya memakan 30watt saat memainkan game MOBA tsb. akan sangat berguna bagi kamu yang sering menghabiskan waktu berjam-jam bermain game. Fitur Eksklusif DSR dari NVIDIA juga mengijinkan gamer untuk merasakan langsung sensasi bermain game pada resolusi real 4K (bisa dilihat pada screenshot/video Fraps) secara optimal dan nyaman, tanpa harus membeli monitor 4K yang harganya masih terbilang tinggi daripada monitor Full HD 1080p. Pilihan tepat bagi gamers yang belum berencana untuk meng-upgrade monitornya ke 4K.

Simak video penjelasan produk GeForce GTX 960 oleh Tom Peterson berikut :

More photos :

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram