Review | MSI Nvidia GeForce GTX 750 TI Gaming OC Edition

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 09 Apr 2014 | 58,591

Graphic Card Hemat Daya yang Menyatu Dengan Performa Menakjubkan!

Tepatnya pada bulan Februari lalu, Nvidia baru saja merilis seri terbaru kartu grafisnya pada seri mid-end, yaitu Nvidia GeForce GTX 750 & GeForce GTX 750 TI, seri ini merupakan produk terbaru Nvidia yang sudah menggunakan arsitektur GPU generasi Maxwell.

GPU Maxwell inilah yang menjadi inovasi terbaru karenaa menwarkan konsumsi daya yang lebih hemat namun masih mampu mengangkat game-game terbaru dalam setting grafis Full HD. Nah, Nixia kali ini kedatangan kartu grafis MSI GeForce GTX 750 TI Gaming OC Edition yang akan Nixia test performanya di artikel ini.

Unboxing

Masih sama dengan hampir semua box VGA MSI versi Gaming OC Edition, dengan paduan warna hitam dan merahnya, serta gambar naga berwarna silver yang menjadi ciri khas Gaming Edition dari product MSI dan tulisan Twin Frozr yang di ikuti type dari Nvidia yaitu GTX 750Ti. dan pada belakang nya sendiri terdapat penjelasan spesifikasi dan fitur andalan dari MSI ini yaitu G.A.M.E yang akan di jelaskan lebih lanjut dibawah.

Ketika box di buka anda akan menemukan sebuah box tipis yang berlogokan embos MSI Gaming, namun hanya didapati CD driver, Quick User Guide dan penjelasan tentang Hybrid Bios, untuk mengoptimalkan kompatibilitas dengan BIOS UEFI serta sistem operasi terbaru, yaitu Windows 8.

Design

Hadir dari pabrikan MSI Gaming Series, kartu grafis-nya pasti selalu hadir dalam desain andalannya yaitu kedua fan TwinFrozr berukuran besar untuk menjamin performa kesejukan kartu grafis yang istimewa. Dari sisi design juga tidak ada perubahan dibandingkan dengan seri TwinFrozr Gaming sebelumnya, masih dengan lekukan-lekukan bersudut lancip, berwarna hitam dan strip merah yang menyiratkan kesan gaming. Tepat di bagian bawah anda dapat melihat heatpipe berlapis nikel Twin Frozr dengan sirip aluminium yang luas untuk membantu mengusir panas. Lalu pada bagian belakang kartu grafis ini memiliki 3 buah konektor output yaitu DVI connector, D-Sub VGA, dan HDMI.Dan sebagai estetika tambahan, MSI GTX750ti ini memiliki dua buah LED biru berada di sekitar fan.

Dilihat dari ukuran bentuknya, ternyata VGA ini terbilang cukup panjang dan besar untuk kelas vga Mid-End, panjangnya sendiri hampir menyamai GTX780ti. Uniknya lagi VGA ini tidak di dapati konektor untuk power PCIe 6 pin yang biasa di tancapkan pada VGA Mid-End,  artinya GTX750Ti ini tidak memakan daya besar, yaitu sekitar 75W TDP Maksimal, dimana hanya mengambil daya dari motherboard itu sendiri. Namun sayangnya pada VGA ini tidak mendukung fitur SLI.

Kiri-Kanan: MSI Nvidia Geforce GTX750Ti, GTX660, GTX780Ti.

Nvidia Geforce GTX750Ti – Maxwell Arrived

VGA ini memiliki GPU clock 1059MHz dengan turbo boost 1137MHz, sementara pada memory clock memiliki kecepatan 5400MHz dengan kapasitas memori 2048MB yang memiliki bus width 128 bit dan menggunakan memori GDDR5.

Arsitektur GPU terbaru dari Maxwell ini menggunakan  chip GPU GM107  dengan fabrikasi 28 nm  dan memiliki ukuran die sebesar 148 mm², dimana di dalamnya telah ditanamkan 1,87 milyar transistor. Perbedaan utama antara Kepler dan Maxwell adalah L2 cache yang lebih besar dalam chip baru ini. Chip GPU GM107 pada spesifikasi penuh memiliki 5 unit SMM, dua memory controller 64-bit, serta L2-cache berukuran 2MB. Lima unit SMM menandakan chip GPU GM107 memiliki 640 CUDA Cores, 40 Texture Units, serta 16 ROP Units

FEATURES G.A.M.E


GAMING APP

Dengan bantuan aplikasi Gaming App dari MSI ini, akan memaksimalkan Performa dari MSI GTX750Ti dimana terdapat 3 buah profil yaitu:
OC Mode : Tentu saja pada mode ini base clock pada GPU  sudah di overclock, sehingga mampu mendapatkan performa yang maksimal

Game Mode : Profil ini akan aktif dengan sendirinya jika tidak menjalankan Gaming app ini, base clock pada profil ini berjalan sesuai dengan spesifikasi default MSI

Silent Mode : Profil ini memberikan clock pada Graphic Card sesuai dengan reference dari NVDIA namun menariknya akan mengaktifkan fitur Power Saving yang tentu saja menurunkan kebutuhan daya dan putaran kipas lebih senyap.

ADVANCED THERMAL DESIGN TWIN FROZR IV

Dengan menggunakan teknologi ekslusif airflow control, Propeller Blade pada 10cm Dual fan nya ini diterapkan pada Twin Frozer IV yang tentu saja akan menghasilkan pendinginan yang maksimal.
Twin Frozr IV menggunakan heatsink aluminium bersirip yang besar sehingga mampu melepaskan panas lebih efektif melalui heatpipe yang langsung menyentuh dengan CHIP GPU, 5 buah heatpipe berlapis tembaga yang berdiameter 6mm dan 8 mm yang di sebut superpipe ini mampu menyebarkan panas dua kali lebih cepat di bandingkan dengan heatpipe biasa.

MILITARY CLASS 4 COMPONENT

Untuk memberikan stabilitas yang optimal saat bermain game, MSI GTX 780 Gaming menggunakan Military Class 4 Component terbaru MSI, seperti SFC Solid Cap dan Hi C-Cap. Komponen berkualitas tinggi ini disertifikasi oleh laboratorium pihak ketiga untuk memenuhi standar MIL-STD-810G,  meliputi 7 tes yang ketat di lingkungan operasi yang keras, sehingga memberikan stabilitas produk yang lebih baik.

EXPERIENCE – PREDATOR

Sebuah aplikasi sederhana namun cukup berguna buat beberapa gamer yang ingin mengabadikan screenshot maupun merekam video sewaktu bermain game.

PRE OVERCLOCKED PERFORMANCE
selain fitur G.AM.E tersebut, MSI  OC Edition ini memberikan fitur preoverclock dimana anda tidak perlu lagi repot untuk setting yang cukup ribet dan memakan waktu. dengan Pre-overclocked Graphic Card ini tentu saja menambah performa dengan lebih stabil, dan anda tidak pelu khawatir akan merusak VGA anda.

BENCHMARK & PERFORMANCE


Pada pengujian maupun gaming sehari-hari nixia menggunakan :

► Intel Haswell Core i7 4770k
► MSI Z87 GD65 Gaming
► MSI Nvidia GTX 750Ti Twinfrozr OC Edition
► Corsair Vengeance Pro RED PC3 16 GB DDR3 RAM (2133MHz)
► Corsair HX750 Gold 80 Plus
► 240GB SSD + 2X 2TB WDC HDD
► 27″ 3D LED Samsung S27A950D
► Corsair H100i Hydro Series Liquid Cooling
► Sound Blaster Recon 3D Fatal1ty Champion Series

Synthetic Benchmark

Game Performance

Selain Benchmark pada game Tombraider dan Metro Last Light. Pengujian game menggunakan Battlefield 4, Crysis 3 dan Titanfall dengan 2 setting yang berbeda yaitu setting low (mentok kiri) dan setting ultra (mentok kanan) dengan resolusi Full HD 1920×1080.

BF4 Ultra Setting FPS Rata-rata : 44

BF4 Low Setting FPS rata-rata : 117

Crysis 3 Low Setting, FPS rata-rata: 62

Crysis 3 Very High Setting, FPS rata-rata: 27

Titanfall High Setting FPS rata-rata 42, berhubung FPS Titanfall di lock 60FPS, pada pengujian low setting tidak dapat di ketahui FPS pastinya, yaitu mentok di 60FPS

Benchmark Metro Last Light Default Setting

Benchmark Tombraider Ultimate Setting

Tomb Raider Benchmark Low Setting

Dengan pengujian game diatas GTX750Ti ini cukup membuktikan untuk bermain game dengan nyaman di setting medium hingga high.

CONCLUSION

Hadir pada kelas mid-end, MSI GTX 750 TI TwinFrozr Gaming OC Edition ini sanggup memenuhi kebutuhan performa gaming Anda, dan tentunya juga memberikan PC Gaming Anda sebuah graphic card yang terbukti lebih dingin berkat dual fan TwinFrozr IV nya. Dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari graphic card di kelas high-end, Anda bisa memiliki teknologi pendingin graphic card yang setara.

Meskipun memiliki ukuran body yang lebih besar jika dibandingkan design reference Nvidia (karena hadirnya dual fan TwinFrozr), namun siapa yang rela menolak graphic card dari seri Maxwell yang lebih minim panas dan suara bising ini? Jika performa gaming yang handal, konsumsi listrik yang hemat, kesejukkan graphic card, fitur OverClocking otomatis, dan harga ekonomis yang Anda butuhkan, maka MSI GTX 750 TI cocok menjadi pilihan. Dibanderol dengan harga 2-jutaan, graphic card ini juga sudah lengkap dengan berbagai fitur gaming yang sangat menarik dan berguna.

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram