Review | MSI Nvidia GeForce GTX780 TI Twin Frozr Gaming OC Edition

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 29 Jul 2014 | 14,404

Review | MSI Nvidia GeForce GTX780 TI Twin Frozr Gaming OC Edition

SONY DSC

NVIDIA GTX 780 TI adalah salah satu kartu grafis konsumer dengan  single-GPU tercepat saat ini. MSI sebagai salah satu raksasa dalam dunia graphic card dan motherboard, selalu menghasilkan produk andalan terbaiknya, dan kali ini diimplementasikan pada MSI GTX 780 TI Twin Frozr Gaming OC Edition. Dengan design khusus dari MSI di seri gaming, graphic card ini hadir dalam tema warna hitam dan merah dan lengkap dengan logo Dragon Army MSI. Selain itu fitur populer pendingin MSI TwinFrozr IV juga mempercantik graphic card ini, dan hadir dalam fan yang sunyi dan menjaga temperatur graphic card agar selalu lebih sejuk.

Graphic Card ini juga sudah di Overclock dari pabrikannya untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan performa maksimal dengan GPU core 1020MHz, lebih besar 144 dari seri reference-nya. Dari segi konsumsi daya, MSI GTX 780 TI mengijinkan power maksimum hingga 250 Watt. Penasaran akan performanya? Berikut ini akan Nixia bahas lebih lanjut.

Full Specification MSI GeForce GTX 780 TI Twin Frozr Gaming OC :

Graphics Processing Clusters: 5
Streaming Multiprocessors: 15
CUDA Cores (single precision): 2880
CUDA Cores (double precision): 960
Texture Units: 240
ROP Units: 48
Base Clock: 1020MHz
Boost Clock: 1085 MHz
Memory Clock (Data rate): 7000 MHz
L2 Cache Size: 1536K
Total Video Memory: 3072MB GDDR5
Memory Interface: 384-bit
Total Memory Bandwidth: 336 GB/s
Texture Filtering Rate (Bilinear): 244.8 GigaTexels/sec
Fabrication Process: 28 nm
Transistor Count: 7.1 Billion
Connectors: 2 x Dual-Link DVI 1 x HDMI 1 x DisplayPort
Form Factor: Dual Slot
Power Connectors: One 8-pin and one 6-pin
Recommended Power Supply: 600 Watts
Thermal Design Power (TDP): 250 Watts
Thermal Threshold: 95° C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unboxing

Masih menjadi Ciri Khas MSI pada produk berlabel “Gaming” nya, dimana memiliki paduan warna Hitam-Merah. Logo Dragon berwarna silver yang menjadi lambang Gaming Series MSI terlihat dengan jelas tersirat menggambarkan gaharnya produk dari MSI ini. Tulisan Twin Frozr yang menjadi fitur unggulan pada VGA ini berada tepat di atas tulisan Geforce GTX780 TI. Terdapat juga Logo OC edition, dimana memang graphic Card ini memiliki  clock yang lebih tinggi dari 780 TI  reference.

img_9694

Pada belakang bagian box terdapat penjelasan fitur-fitur unggulan, lengkap beserta spesifikasinya.
Ketika box di buka anda akan menemukan sebuah box tipis yang berlogokan embos MSI Gaming, didalam box tersebut berisikan :

  • Manual Book
  • CD Driver & Utility
  • DVI to D-Sub Converter
  • Molex to 6-pin PCI-E Power Converter
  • 6-pin PCI-E to 8-pin PCI-E Power Converter

MSI GEFORCE GTX780 TI TWIN FROZR GAMING OC

VGA ini tampil futuristik dengan design yang bersudut lancip, terlihat jelas 2 buah kipas besar dengan penutup heatsink berbahan logam yang masih dibalut dengan paduan warna merah hitam beserta Logo MSI Gaming di antara kedua kipas.

MSI GeForce GTX 780 TWIN FROZR GAMING memiliki 4 buah output yaitu 2x DVI, 1x HDMI, dan 1x Display Port.

FEATURES

PRE OVERCLOCKED PERFORMANCE
MSI  OC Edition ini memberikan fitur preoverclock dimana anda tidak perlu lagi repot untuk setting yang cukup ribet dan memakan waktu. dengan Pre-overclocked Graphic Card ini tentu saja menambah performa dengan lebih stabil, dan anda tidak pelu khawatir akan merusak VGA anda.

TWIN FROZR IV

Dengan menggunakan teknologi ekslusif airflow control, Propeller Blade pada 10cm Dual fan nya ini diterapkan pada Twin Frozer IV yang tentu saja akan menghasilkan pendinginan yang maksimal.
Twin Frozr IV menggunakan heatsink aluminium bersirip yang besar sehingga mampu melepaskan panas lebih efektif melalui heatpipe yang langsung menyentuh dengan CHIP GPU, 5 buah heatpipe berlapis tembaga yang berdiameter 6mm dan 8 mm yang di sebut superpipe ini mampu menyebarkan panas dua kali lebih cepat di bandingkan dengan heatpipe biasa.

GAMING APP

Dengan bantuan aplikasi Gaming App dari MSI ini, akan memaksimalkan Performa dari MSI GTX780 dimana terdapat 3 buah profil yaitu:
OC Mode : Tentu saja pada mode ini base clock pada GPU  sudah di overclock, sehingga mampu mendapatkan performa yang maksimal

Game Mode : Profil ini akan aktif dengan sendirinya jika tidak menjalankan Gaming app ini, base clock pada profil ini berjalan sesuai dengan spesifikasi default MSI

Silent Mode : Profil ini memberikan clock pada Graphic Card sesuai dengan reference dari NVDIA namun menariknya akan mengaktifkan fitur Power Saving yang tentu saja menurunkan kebutuhan daya dan putaran kipas lebih senyap.

MILITARY CLASS 4 COMPONENT

Untuk memberikan stabilitas yang optimal saat bermain game, MSI GTX 780 Gaming menggunakan Military Class 4 Component terbaru MSI, seperti SFC Solid Cap dan Hi C-Cap. Komponen berkualitas tinggi ini disertifikasi oleh laboratorium pihak ketiga untuk memenuhi standar MIL-STD-810G,  meliputi 7 tes yang ketat di lingkungan operasi yang keras, sehingga memberikan stabilitas produk yang lebih baik.

EXPERIENCE – PREDATOR

sebuah aplikasi sederhana namun cukup berguna buat beberapa gamer yang ingin mengabadikan screenshot maupun merekam video sewaktu bermain game.

PERFORMANCE

Pada pengujian maupun gaming sehari-hari nixia menggunakan :

► Intel Haswell Core i7 4770k
► MSI Z87 GD65 Gaming
► MSI Nvidia GTX 780 TI  Twinfrozr OC Edition
► Corsair Vengeance Pro RED PC3 16 GB DDR3 RAM (2133MHz)
► Corsair HX750 Gold 80 Plus
► 120GB SSD + 2X 2TB WDC HDD
► 27″ 3D LED Samsung S27A950D
► Corsair H100i Hydro Series Liquid Cooling
► Sound Blaster Recon 3D Fatal1ty Champion Series

Dan ini dia beberapa hasil Score Benchmark nya :
3dmarkvantage

3DMark Vantage OC

3DMark Vantage OC

3dmark11

3dmark11oc

3DMark 11 OC

 

3dMark2012

 

3DMark 2012 OC

3DMark 2012 OC

metroll

Terlepas pada score diatas, ketika nixia gunakan bermain game-game yang lain, kemampuan Graphic Card ini tentu saja tidak diragukan lagi, anda cukup menutup mata untuk men-set option grafis hingga mentok kanan tanpa harus khawatir FPS Drop. Dengan performanya yang tinggi ini, walau di gunakan berjam-jam kondisi suhu pada VGA ini terbilang sangat adem yaitu sekitar 65 derajat pada saat full load dan 30 derajat pada saat idle tentu saja hal ini berkat didukung oleh Twin Frozr IV. Dan untuk memaksimalkan VGA monster ini Nixia memanfaatkan fitur  NV Surround menggunakan  3 buah monitor dengan resolusi 5760×1080, dan performa yang di dapat tetap cukup tinggi.

cpu-z gpuz

  • Produsen : MSI
  • Info : www.msi.com
  • Harga : Rp. 9.060.000,- (per Juli 2014)
  • Distributor Indonesia : Alfa Artha Andaya – Official Fanpage
  • Telepon : (021) 622 00000
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram