Review MSI Z170A GAMING M5 – Motherboard Gaming Kelas Enthusiast

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 27 Aug 2015 | 201,166

IMG_5967r
Setelah beberapa waktu lalu Nixia kedatangan motherboard Skylake terbaru dari MSI yaitu MSI Z170A GAMING M7, kali ini giliran adiknya yaitu MSI Z170A GAMING M5 yang mampir ke markas Nixia. Mobo ini masih termasuk dalam Enthusiast level MSI sehingga tetap memiliki segudang fitur yang akan memanjakan kita sebagai gamer seperti Killer Double Shot Pro, Gaming Hotkey, Mouse Master, DDR4 Boost, Impregnable PCI Steel Armor, Audio Boost 3 dan masih banyak lagi yang lainnya. Tanpa basa basi lagi, mari kita lihat lebih dekat MSI Z170A Gaming M5 ini.

*** Info Promo mulai bulan Desember 2015, Gratis game “Tom Clancy’s Rainbow Six Siege” di setiap pembelian Z170A Gaming M5 ***

tcrss

Box Art MSI Z170A Gaming M5

BOX
Desain box dari mobo ini mirip dengan Z170A Gaming M7, tentu dengan gambar mobo M5 di bagian depannya. Sedangkan untuk fitur fitur dari mobo ini bisa kita temukan di bagian belakang.
BoxArt

MSI New Segmentation

CONTENT
MSI memberikan paket penjualan yang cukup lengkap untuk aksesoris mobo M5 ini. Mulai dari User Guide, Quick Start Guide & Quick Installation Guide, 4 buah kabel SATA, sebuah SLI Bridge, I/O Shield, CD Driver & Utilities, beberapa sticker untuk memberi label pada kabel, serta gantungan pintu yang bertuliskan “I’m Sorry Busy Gaming”.
Contents

DESIGN
MSI tetap mempertahankan nuansa merah dan hitam pada lini mobo gaming Skylake yang mereka keluarkan, termasuk MSI Z170A Gaming M5 ini. Heatsink dengan corak merah dan logo naga masih menjadi ciri khas. Perbedaan paling besar dari kakaknya yaitu MSI Z170A Gaming M7 adalah tidak adanya fitur I/O Shield Cover pada Gaming M5.
Connectivity

Design

 

Features

► Impregnable Steel Armor
Masih sama seperti kakaknya si MSI Z170A Gaming M7 yang memiliki 2 Steel Armor PCI Slot, M5 juga memiliki 2 buah slot PCI yang telah di desain khusus oleh MSI supaya lebih kuat untuk menyangga kartu grafis external tanpa membuat kartu grafis itu melengkung ataupun membuat slot PCI itu sendiri patah. Hal ini bisa dilakukan karena MSI telah mengganti bahan PCI slot yang biasanya terbuat dari plastik menjadi bahan metal. Selain itu titik solder tiap slot PCI juga lebih banyak sehingga mampu untuk menyangga kartu grafis yang berukuran jumbo sekalipun.
Impregnable Steel Armor

Impregnable Steel Armor

DDR4 Boost & XMP LED
MSI mengisolasi jalur sirkuit memory dari komponen lainnya, untuk memastikan sinyal yang diperlukan memory dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan, untuk menghasilkan performa yang maksimum dan stabil. XMP LED dapat menyala sebagai indikator status XMP.
DDR4 Boost

DDR4 Boost

Audio Boost 3 & Nahimic
Solusi Audio terbaik untuk gamers, ditenagai oleh Nahimic Audio Enhancer. Dengan dual OPA 1652 amplifier dan dilindungi oleh metal EMI shielding, gamer akan merasakan kualitas suara yang lebih hidup.
Audio-Boost-3

nahimic

► Gaming Hotkey
Fitur terbaru Gaming Hotkey memungkinkan kita mengatur berbagai fungsi pada tombol keyboard F1 hingga F12, seperti sebagai tombol Power, atau tombol OC. Sehingga kita tidak perlu beranjak dari bangku kita untuk menyalakan PC atau mengaktifkan Overclock sambil bermain game, tanpa perlu membuka program software OC terlebih dahulu.
11046804_1456301754674130_8213275029330468075_n

► Game Boost
Fitur ini akan memberikan performance boost pada sistem dengan melakukan automatic overclocking pada frekuensi prosesor sehingga kita tidak perlu repot mengubah settingan settingan yang ada di BIOS. Sangat berguna bagi teman teman yang ingin mem-push sistem lebih cepat lagi tetapi tidak mengetahui cara melakukan overclocking. Di mobo Z170A Gaming M5 ini tidak ada tombol fisik Game Boost tetapi kita tetap dapat mengaktifkan fitur ini melalui software ataupun via BIOS.
Game Boost

► Twin Turbo M2
Motherboard ini menyediakan dua buah slot M.2 yang disertai fitur Turbo M.2 memaksimalkan kinerja SSD NVMe untuk performa transfer data hingga 32 Gb/s.
Twin Turbo M.2

twin-turbo

► 2x Faster USB 3.1 Gen2
Mendukung konektivitas USB 3.1 Gen2 Type-C dan juga Type-A yang memiliki kecepatan transfer data 2 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 biasa. USB Type-C memiliki bentuk konektor reversible, tanpa perlu kawatir akan terbalik saat menghubungkan device USB Type-C.
Back Connectivity

USB 3.1

► MSI Gaming LAN & LAN Protect
MSI Gaming LAN menggunakan chipset Killer E2400 yang sudah dilengkapi Advanced Stream Detect 2.0 yang mendeteksi koneksi game sebagai prioritas utama daripada aplikasi lain. Port konektor LAN dilengkapi dengan lampu LED yang memiliki fitur proteksi 15KV anti-surge agar motherboard aman dari gelombang petir.
Gaming-LAN

MSI-Z170-Gaming-LAN

► BIOS Flashback+
Flashing BIOS kini lebih mudah, tanpa memerlukan CPU, cukup pasangkan flash-drive pada slot USB khusus BIOS Flashback+. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi teman teman yang suka melakukan overclocking karena terkadang tanpa sengaja membuat BIOS corrupt sehingga sistem tidak bisa berjalan dengan semestinya.

► XSplit Gamecaster V2
Rekam, Stream, dan Share sesi gaming berharga kamu dengan XSplit Gamecaster. Gratis lisensi XSplit Gamecaster selama 1 tahun.

Military Class V
Standar baru pada komponen berkualitas tinggi. Induktor berbahan TItanium memiliki struktur yang solid, mampu bertahan pada temperatur yang lebih tinggi dan memiliki teknik pembuangan panas yang lebih baik untuk stabilitas dan masa hidup yang lebih lama.

► OC Engine 2
Dengan Skylake, langit adalah batasannya saat meng-overclock system per MHz.

► Mouse Master
Kita bisa mengatur setting mouse gaming kita melalui aplikasi dari MSI ini. Selain itu kita juga bisa memasukkan fitur macro ke dalam mouse sehingga akan sangat memudahkan kita dalam bermain game maupun melakukan suatu action dengan lebih cepat.
Mouse Master

MSI Click BIOS 5
Next-gen UEFI BIOS dengan desain yang telah memenangkan award. Font dengan resolusi tinggi yang dapat diatur ukurannya dan tersedia dalam multi-bahasa. Mengubah tiap parameter yang ada menjadi lebih mudah dan lebih cepat.
MSI New BIOS

► Software
Untuk memaksimalkan fungsi motherboard MSI juga menyertakan software-software pendukung seperti ; Command Center, RAMdisk, Gaming App with FPS Counter, Live Update 6, & ECO Center.

Specification  MSI Z170A GAMING M5

CPU Support : Prosesor 6th Gen Intel® Skylake Core™ / Pentium® / Celeron®
CPU Socket : LGA 1151
Chipset : Intel® Z170 chipset
Form Factor : ATX (305x244mm)
Graphics Interface : 3* slot PCI-E 3.0 x16 — support 2-Way NVIDIA SLI / 3-Way AMD CrossFire
Display Interface : 1* Display Port, 2* HDMI
Memory support : 4 DIMMs, Dual Channel DDR4-3600+(OC)
Expansion Slots : 4* slot PCI-E x1
M.2 / SATA : 2* slot M.2 32Gb/s, 6* SATA 6Gb/s (4 ports reserved for SATA Express)
SATA RAID : RAID 0,1,5,10
USB Port : 1* USB 3.1 Gen2 Type-C, 1* USB 3.1 Gen2 Type-A, 6* USB 3.1 Gen1, 7* USB 2.0
LAN : 1* Killer E2400 Gigabit LAN
Audio : 8-channel(7.1) HD Audio with Audio Boost 3

Performance Test

Nah, kebetulan Nixiagamer juga kedatangan satu unit prosesor Skylake Intel Core i5 6600K. Tanpa basa basi beberapa benchmark dan sedikit overclocking Nixiagamer lakukan dengan beberapa konfigurasi hardware untuk menguji ketangguhan prosesor Intel generasi ke-6 ini. Simak tabel berikut ini untuk melihat hasil dari benchmark yang telah kami lakukan.

• Testbed 1:
CPU : Intel Core i5 6600K – Skylake
MOBO : MSI Z710A Gaming M5
GPU : Intel HD 530
MEMORY : DDR4 Corsair Vengeance LPX 2133C15 4x4GB
COOLING : Corsair H100i
STORAGE : Corsair Neutron GTX 240GB
PSU : Corsair HX750 80+ Gold
OS : Windows 8 64bit
Benchmark Result

SuperPI

Cinebench

3dmark11performance

3D Mark Result

Resident Evil Benchmark

ffrealmhigh

• Testbed 2:
CPU : Intel Core i5 6600K – Skylake
MOBO : MSI Z710A Gaming M5
GPU : MSI GeForce GTX 970 Gaming
MEMORY : DDR4 Corsair Vengeance LPX 2133C15 4x4GB
COOLING : Corsair H100i
STORAGE : Corsair Neutron GTX 240GB
PSU : Corsair HX750 80+ Gold
OS : Windows 8 64bit
Benchmark Result 2

SuperPI

3DMark Result

Cinebench

Sniper Elite V2

Resident Evil 6

KESIMPULAN

MSI Z170A Gaming M5 ini hadir di kelas menengah di antara saudaranya pada seri M juga. Walaupun di kelas menengah, semua fitur gaming yang kamu butuhkan sudah teraaasa lengkap untuk memberikan kenyamanan dan fasilitas terbaik saat menikmati permainan game, itulah mengapa mobo ini dikategorikan pada “Gaming Enthusiast” oleh MSI. Bagi pemain game online, ping terkecil adalah segalanya, oleh karena itu fitur Killer Gaming LAN juga tidak ketinggalan, kini bahkan dengan chipset terbaru E2400, menjadikan koneksi internet akan berfokus pada game online yang sedang dimainkan.  Kualitas Audio pun tidak kalah penting bagi gamers, untuk pengguna headset, MSI memiliki fitur Audio Boost 3 yang ditenagai oleh teknologi Nahimic Audio Enhancer, demi gameplay yang lebih mudah saat mendeteksi musuh dan menikmati suara di environment dalam game. Bagi gamers yang menginginkan konfigurasi dual VGA juga dapat diaplikasikan pada mobo ini, dimana dua buah slot PCI-Express nya sudah dilapisi dengan Steel Armor untuk menahan beban graphic card berukuran besar sekalipun, selain membuat mobo ini terlihat lebih keren tentunya!
Bagi Gamer yang tidak bisa meninggalkan eksistensi nya di dunia streaming gameplay, MSI juga memberikan license XSplit Gamecaster secara gratis untuk 1 tahun.

Informasi lebih lanjut tentang MSI ? Like Fanpage ► MSI Indonesia Components

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram