Review | MSI Z170A GAMING PRO Motherboard

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 10 Mar 2016 | 123,522

Review | MSI Z170A GAMING PRO Motherboard

Motherboard Gaming Kelas Menengah dengan Fitur High-End

_MG_8511a

MSI Z170A Gaming Pro adalah salah satu dari sekian banyak jenis motherboard MSI yang telah siap tersedia di pasaran, saat prosesor Intel Skylake baru diluncurkan bulan Agustus 2015 lalu. Masuk ke dalam jajaran Gaming Pro, menandakan kalau motherboard ini berada di kelas menengah produk motherboard Gaming MSI atau yang dinamakan “Performance”. Pada kelas tertinggi terdapat “Enthusiast” dan yang terendah dinamakan “Arsenal”.

Meskipun di kelas menengah, motherboard MSI ini juga tidak ketinggalan dalam ber”gaya”, menerapkan slogan “Game In Style”, MSI Z170A Gaming Pro menyematkan fitur Mystic Light, yaitu LED RGB yang memiliki 16,5 juta warna pilihan. Sekilas nampak seperti add-on LED Strip namun LED yang dimiliki menempel langsung pada PCB motherboard. Tidak hanya bicara tentang gaya, tapi motherboard ini mampu bekerja maksimal saat dibutuhkan, dengan hadirnya Game Boost, kita bisa dengan mudah mendapatkan angka frame rate (FPS) lebih tinggi hanya dalam sekali klik aktivasi. Sekarang, mari kita lihat lihat langsung lebih dekat motherboard ini.

PACKAGING

Jika biasanya motherboard MSI Gaming memiliki gambar dragon pada bagian depan box nya, berbeda pada seri Gaming Pro ini. Terpampang gambar seperti siluet mobil sport yang menunjukkan kecepatan dan juga bersinar dalam beberapa warna. Selain logo MSI, Intel Chipset Z170, dan logo perisai dragon MSI, terdapat juga logo penegas kategori “Performance” yang diusung mobo ini.

DSC08889

DSC08925

Di bagian belakang box, barulah terlihat gambar dari motherboard Z170A Gaming Pro, serta informasi fitur-fitur utama yang tersedia pada mobo. Spesifikasi dan penjelasan I/O Overview juga ditampilkan disini.

DSC08883

Saat membuka box nya, dapat langsung kita temukan motherboard yang dibungkus plastik anti statis, kemudian setelah motherboard diangkat, kita bisa membuka box bagian dalam, dan menemukan paket penjualan produk, yaitu :

  • Quick Installation Guide
  • Buku User Guide
  • CD Drivers & Utility
  • 1 x MSI SLI Bridge
  • Kartu Garansi PT. AAA
  • I/O Shield Panel
  • 2 x kabel SATA
  • Sticker Label Kabel
  • Kartu Product Registration

 

SPESIFIKASI Z170A GAMING PRO

Chipset : Intel Z170
Form Factor : ATX
CPU support : LGA1151 compatible (Skylake) 6th Gen Intel Core i3/i5/i7 processors and Intel Pentium/Celeron Processor
Memory support : Dual-channel, 4 DIMM slots, max 64GB, up to DDR4-3600 (OC / DDR 4 Boost)
Sound : 8-channel Realtek ALC1150 Codec
Networking : Intel I219-V Gigabit LAN
Slots : 3 x PCIe 3.0 x16 slots (x16, x8/x8, x8/x8/x4 or x8/x8/x2)
1 x PCI
3 x PCIe 3.0 x1
Storage :  6 x SATA 6Gbps via Intel Z170
1 x SATA Express
1 x M.2 PCI-E 3.0 x4 (up to 2280)
I/O Ports : 1 x PS/2 port
2 x USB 3.1 Gen2 Type-A
4 x USB 3.1 Gen1 Type-A + 2x via headers
2 x USB 2.0 + 4 via headers
1 x LAN
5 x Audio Jack
1 x Optical S/PDIF out
Audio : 8 channels (7.1) Realtek ALC1150 HD Audio with Audio Boost 3,
Display : HDMI , DVI-D
Dimension : (mm) 305 x 244
Fitur Eksklusif : DDR4 Boost, XMP LED, Mystic Light, EZ Debug LED, Audio Boost 3, MSI GAMING LAN w/ LAN Protect, Gaming Hotkey, Game Boost, Turbo M.2, Isolated Audio Circuitry, MSI Steel Armor-plated PCI-E slots, Click BIOS 5, MSI Gaming APP, MSI RAMdisk.
Software : MSI Command Center, MSI Live Update 6, CPU-Z with MSI design, MSI Fast Boot, OBS Streaming Software, Steelseries Engine.

MSI Z170A GAMING PRO – Closer Look

DSC08861

MSI Z170A Gaming Pro, masih sama dengan motherboard gaming MSI lainnya yang mengusung tema  warna dasar hitam pada PCB dan aksen warna merah pada ketiga heatsinknya. Satu hal yang menarik perhatian dari desain mobo berukuran ATX ini adalah hadirnya segaris tambahan di sisi kanan PCB dengan lebar sekitar 1cm dan memiliki warna dasar material PCB, tanpa dilapisi warna hitam seperti pada keseluruhan mobo, yang berfungsi agar tembus cahaya. Karena MSI menyematkan LED RGB di bagian bawah PCB, di sepanjang garis tersebut untuk fitur Mystic Light. Logo MSI & No.1 in Gaming juga tertulis di atasnya.

DSC07234

Bisa kita lihat juga dengan jelas deretan garis-garis putih dari slot DIMM ke socket CPU, yang menunjukkan teknologi optimized trace dan fully isolated memory circuit, untuk koneksi memory yang stabil tanpa ada gangguan atau interferensi dari sinyal komponen lainnya, demi menghasilkan performa maksimal dengan fitur DDR4 Boost.

DSC08862

Rangkaian slot PCI di mobo ini terbilang cukup lengkap, seperti hadirnya juga slot PCI bagi kamu yang masih membutuhkannya, selain itu terdapat juga slot storage M.2 yang mampu menghasilkan performa transfer data hingga 32Gb/s. Yang istimewa dari slot pada Z170A Gaming Pro dengan tipe Gaming Pro yang lainnya seperti pada B150A atau H170A adalah, mobo ini memiliki 2 buah slot PCIe yang dilengkapi dengan MSI Steel Armor, dimana dua slot tersebut dilapisi lagi dengan aluminum dan diperkuat dengan teknik solder pada PCB yang lebih kokoh. Fungsinya? Agar pengguna tidak perlu khawatir jika menggunakan kartu grafis berukuran besar, atau memiliki konfigurasi SLI / CrossFire, terutama jika PC kamu sering berpindah tempat, no more worries!

DSC07253

steel3

DSC07260

3 LED Indikator Sebagai EZ DEBUG LED

Tombol-tombol Power, Reset, OC, dsb. memang tidak dihadirkan pada mobo jajaran Performance ini, termasuk juga tiadanya indikator Debug LED, tidak seperti motherboard yang pernah Nixia review sebelumnya seperti MSI X99S Gaming 9 atau MSI Z170A Gaming M5. Sebagai pengganti, kita bisa mengaktifkan overclock melalui BIOS dalam 1 klik. Sedangkan indikator debug LED code, diganti dengan 3 buah lampu EZ Debug LED di sisi kanan dekat 24-pin power connector, masing-masing untuk indikator CPU, Memory, dan VGA. Jika terdapat kesalahan atau error maka LED akan menyala untuk menunjukkan letak sumber error diantara ketiga komponen.

DSC08856

Port Rear Input & Output menghadirkan port PS/2 untuk periferal yang masih mengandalkan konektor PS/2, port ini juga masuk ke kelompok Gaming Device Port, bersamaan dengan 2 buah USB 2.0 port di sisi PS/2 port yang memiliki 3x lapisan emas lebih banyak dibandingkan port biasa. MSI Gaming Device Port bertujuan untuk konektivitas gaming gear terbaik. Kamu juga bisa mengatur DPI mouse atau mem-program kombinasi tombol macro ke dalam mouse menggunakan software Mouse Master untuk menjalankan berbagai command keys dalam satu kali klik.

DSC07229

Produk mobo MSI terbaru yang menggunakan kode A setelah jenis chipset-nya, menandakan jika mobo ini telah memiliki / support port USB 3.1, namun port USB 3.1 pada Z170A Gaming Pro ini hanya tersedia dalam Type-A, bukan Type-C reversible seperti pada mobo MSI gaming lainnya, contoh pada MSI Z170A Gaming M5. USB 3.1 baik Gen1 atau Gen2 dibedakan dengan warna merah, sedangkan USB 2.0 berwarna hitam.

DSC08876

GAMING LAN

DSC08907

AUDIO BOOST 3

Pada layout motherboard dapat kita temukan juga chipset dengan label cover seperti Gaming LAN, ASMedia, dan Audio Boost 3. Pada bagian chipset Audio Boost 3, dikelilingi dengan audio kapasitor semi-chon untuk menghasilkan audio sejernih kristal, serta memiliki pola koneksi circuitry ter-isolasi pada PCB untuk memisahkan jalur audio tersendiri agar kualitas audio lebih jelas tanpa ada gangguan noise. Jalur koneksi audio dari chipset ke audio jack baik ke rear output atau header memiliki backlit LED yang akan menyala berwarna merah. Jika tidak suka, kita bisa memilih me-non-aktifkan atau bahkan mengatur untuk efek Music pada LED melalui software MSI Gaming App, sehingga lampu LED nya akan menyala-nyala mengikuti beat musik yang sedang diputar.

DSC08633

 

FITUR-FITUR EKSKLUSIF

Apa yang membuat sebuah produk gaming pantas masuk di keluarga atau DNA Gaming? Selain performa dan kualitas yang bisa membuat kita nyaman menikmati game favorit, tentunya fitur-fitur eksklusif pendukung gaming yang tidak bisa kita dapatkan di produk non-gaming sangatlah penting. MSI adalah salah satu produsen yang sudah mempersiapkan segudang fitur tersebut, meskipun sebagian besar fitur eksklusif itu diakses dari software buatan MSI, namun software tersebut tidak akan menjadi bloatware yang membebani performa PC. Berikut Nixia jelaskan lebih jauh beberapa fitur dari MSI Z170A Gaming Pro :

~ GAME BOOST : Tingkatkan FPS game kamu saat dibutuhkan! Hanya dalam 1 kali klik di BIOS pada tombol Game Boost, kinerja PC akan lebih maksimal dari mode standard. Singkatnya, ini merupakan tombol Overclocking bagi pemula, jika kamu menggunakan processor i7 6700K maka clock nya akan dinaikkan dari 4.0 GHz menjadi 4.4 GHz, sedangkan pada i5 6600K akan naik dari 3.5 GHz menjadi 4.1 GHz.

MSI_SnapShot_GameBoost_OFF

CPU dan Memory Clock saat Game Boost Non-Aktif.

MSI_SnapShot_GameBoostON

CPU dan Memory Clock setelah Game Boost Aktif.

~ DDR4 Boost : Fitur ini mampu meningkatkan performa memory DDR4 kita hingga 1.6 kali lebih cepat. Tepatnya hingga mencapai clock 3600MHz pada MSI Z170A Gaming Pro. Itulah mengapa mobo ini adalah mobo yang cocok bagi gamer yang juga senang meng-overclock system-nya, namun dalam harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan mobo di kelas Enthusiast. DDR4 Boost dapat kita aktifkan melalui tombol XMP toggle pada click BIOS, yang terbagi lagi menjadi dua profile. Akan ada LED XMP indikator yang menyala pada PCB tepat di sebelah kanan slot DIMM, jika DDR4 Boost diaktifkan.

DDR_boost_bg

DSC08639

Lampu LED Indikator XMP Profile Aktif

~ MYSTIC LIGHT : Serangkain LED di sepanjang sisi kanan mobo akan mewarnai mobo kita agar penggunanya tidak jenuh dengan warna yang itu-itu saja, karena kita dapat mengaturnya hingga 16.5 juta warna melalui software MSI Gaming App. Selain itu terdapat juga beberapa efek yang bisa dipilih yaitu, Breathing, Flashing, Double Flashing, Marquee, Music Mode, atau No Animation. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi membeli LED Strip tambahan jika ingin isi di dalam Casing PC kamu menyala-nyala. Warna LED juga bisa kita sesuaikan tema nya dengan komponen lain yang terpasang di mobo. Kustomisasi warna dan efek yang mudah, tentunya membuat PC kamu terlihat baru setiap hari.

pagemystic

Mystic Light

 

~ MSI GAMING LAN with LAN Protect : Satu lagi yang membuat Gaming Pro berbeda dari kelas Enthusiast adalah Dedicated Gaming LAN nya yang menggunakan Intel i219 LAN, dengan adanya chipset LAN ini beban koneksi internet tidak akan mengganggu kinerja CPU saat bermain game, sehingga performa gaming bisa lancar dengan FPS yang stabil, serta ping atau latency dalam bermain game online juga rendah. LAN Protect adalah pelindung anti-surge 15KV pada port networking RJ45 mobo dari serangan petir atau gelombang listrik statis yang dapat menyebabkan kerusakan pada mobo. Motherboard lain biasanya hanya memiliki proteksi di angka 6-8KV.

lanprotect

 

~ MSI Gaming LAN Manager :  Memiliki fungsi yang mirip dengan Killer LAN manager, software ini mampu mengoptimalkan prioritas traffic internet ke PC kita. Secara otomatis mendeteksi dan membagi kelas setiap program internet yang berjalan, dan otomatis mengutamakan prioritas untuk game online. Jika kita ingin mengaturnya sendiri pun bisa, misalkan ingin membagi bandwidth antara bermain online game dengan proses download/upload data yang berjalan di program lainnya di background. Dua-duanya dapat berjalan bersamaan, tanpa harus mengganggu satu sama lain. Tentunya jika kecepatan internet kita mumpuni untuk dibagi-bagi.

gamingLan_Desktop_01

 

~ MSI GAMING HOTKEY : Periferal keyboard atau mouse khusus gaming yang memiliki banyak fitur pendukung aktivitas gaming seperti fungsi macro dan aktivitas di depan PC baik untuk kenyamanan browsing atau saat memutar file multimedia, tentu tidak murah harganya dibandingkan periferal standar. Kini dengan aplikasi MSI Gaming Hotkey, kita bisa mem-program tombol pada keyboard untuk menjalankan program favorit, menyimpan dan menjalankan rekaman kombinasi tombol macro, menjalankan command favorit seperti fungsi multimedia atau shortcut copy-paste dsb, bahkan bisa di-program untuk menjalankan fungsi Game Boost atau profil Overclocking dalam satu tombol saja.

hokey_screenShoot

~ OBS Streaming Software & Steelseries Engine : Dua software ini merupakan software tambahan yang sudah termasuk di driver motherboard Z170A Gaming Pro, diluar software resmi dan eksklusif dari MSI. MSI menawarkan OBS untuk solusi termudah bagi gamer yang sering streaming keseruan gameplay nya ke layanan streaming seperti Twitch atau Youtube. Kemudian Steelseries Engine adalah aplikasi khusus pengguna gaming gear Steelseries untuk kemudahan dalam pengaturan personal periferal yang digunakan.

OBS

~ Click BIOS 5 : Generasi terbaru dari UEFI BIOS milik MSI ini telah berhasil mendapatkan penghargaan atas desain nya yang simpel dan memudahkan pengguna. Kita bisa memilih tampilan dalam dua mode yaitu, EZ Mode untuk menampilkan pengaturan utama dan paling sering digunakan, serta Advanced Mode untuk pengaturan yang lebih detail untuk menunjang kebutuhan kustomisasi performa PC yang diinginkan. Pada EZ Mode kita bisa langsung memilih jenis komponen yang ingin kita cek performanya atau ingin kita ubah settingnya dalam tampilan menu yang besar dan jelas.

MSI_SnapShot_00BIOS

Advanced Mode

MSI_SnapShot_0044biosEZ

EZ Mode

~ MSI Gaming App : Pusat hampir seluruh fitur motherboard MSI bisa kamu temukan disini. Informasi clock CPU dan GPU juga ditampilkan dengan jelas, serta terdapat juga tombol untuk memilih mode PC ke OC, Gaming, atau Silent. Menu lainnya yang bisa diakses dari icon di sisi kanan diantaranya : Eye Rest setting, On-Screen Display untuk menampilkan FPS dan kinerja PC saat bermain game, Gaming Hotkey, Mouse Master, dan LED setting baik untuk Motherboard atau VGA.

gaming app

Simak juga review fitur nya dalam video berikut ini :

TEST PERFORMA

 

Testbed System ►

CPU : Intel Core i7-6700K, 4.0 GHz, 8MB Cache
Memory : 16 GB DDR4 (4x 4 GB) Corsair Vengeance LPX 2800 MHz
CPU Cooler : Corsair H100i
Motherboard : MSI Z170A GAMING PRO
Graphic Card : MSI GTX 980 GAMING 4GB
Storage : SSD Corsair Force GT 120GB
Power Supply : Corsair HX 750
OS : Windows 8.1

pageCPUZ

Gaming Performance : Di-tes menggunakan Metro Last Light Benchmark yang terbilang menguras banyak tenaga baik dari CPU maupun GPU, pada kualitas setting High mendapatkan rata-rata 128 FPS dengan maximum FPS nya hingga 210, tes berikutnya pada setting Very High, system Z170A Gaming Pro yang Nixia tes ini mendapatkan rata-rata 109 FPS dan Maximum 180 FPS. Rise of The Tomb Raider adalah game selanjutnya yang Nixia tes, pada setting grafis High, game ini mampu mencetak FPS rata-rata di 73 FPS dengan maximum 90 FPS. Jika hasil performa tadi adalah dari sistem dengan default clock, Nixia juga mencoba mengaktifkan Game Boost, sehingga CPU clock menjadi 4.40 GHz, dalam game ROTTR mendapatkan rata-rata FPS di 80 FPS dan maximum di 117 FPS bisa disentuh. Bisa terlihat bukan bertambahnya frame rate berkat Game Boost? :)

zROTTR 2016-03-12 00-22-36-76

Benchmark Performance : Pada tes performa sintetis benchmark, Nixia menggunakan 3DMark Fire Strike dan mendapatkan score 11485, kemudian menggunakan Unigin Valley 1.0 dengan setting Ultra, bisa mendapatkan score 5033 dengan FPS rata-rata di angka 120. Sedangkan pada tes menggunakan Cinebench R15, mendapatkan score 642.

3DMark

unigine ultra

cinebench ok

KESIMPULAN

Harga komponen PC seperti motherboard di range High-End yang memiliki harga tinggi, sudah pasti bisa memuaskan kebutuhan beraktivitas penggunanya di depan komputer, tentunya harus dipilih lagi tipe nya yang sesuai keinginan dan tidak akan mubazir saat kita miliki. Tapi, siapa sangka motherboard di kelas mid-end seperti MSI Z170A Gaming Pro ini juga bisa hampir 80% memiliki teknologi dan fitur terkini setara dengan kelas tertinggi diatasnya, cukup dengan harga setengahnya. Kehadiran ekstra 1cm pada motherboard untuk LED Mystic Light membuat motherboard gaming ini semakin keren dan cocok digunakan para gamer. Karena trend RGB LED pada periferal dan komponen PC memang banyak menarik perhatian dunia PC Gaming. Tapi jangan khawatir jika kamu tidak suka kelap-kelip lampu di motherboard ini, karena kamu tetap bisa menon-aktifkannya kapanpun dengan mudah. Satu hal yang agak disayangkan, backlight RGB dengan banyak pilihan warna seharusnya tidak dipasangkan dengan board yang memiliki aksen warna merah. Karena kesan ‘tidak nyambung’ akan muncul saat kita memilih warna LED yang tidak senada, tapi itu kembali lagi dengan preferensi masing-masing penggunanya. Saran Nixia, jika kamu tetap menginginkan fitur LED Mystic Light, namun menginginkan motherboard dengan tema monochrome, kamu bisa memilih versi Carbon dari MSI Z170A Gaming Pro ini.

DSC08852

Overclocking yang mudah dengan hasil maksimal merupakan salah satu keuntungan system dengan processor Intel Generasi ke-6 Skylake. Walaupun tidak mengusung overclocking hingga 11 tingkatan seperti pada motherboard di seri High-End nya, Z170A Gaming Pro dengan Game Boost-nya sudah cukup memenuhi kebutuhan gamer yang ingin memaksimalkan performa dan menaikkan frame per second dalam game. Kualitas Military Class 5 components menjanjikan durability motherboard yang tahan lama, ditambah dengan MSI Steel Armor yang tidak hanya semakin kuat menopang VGA kita, tapi juga lapisan aluminum nya membuat motherboard ini semakin elegan dipandang.

DSC08893a

Jika Overclocking bukanlah yang kamu cari dari sebuah motherboard gaming, namun ingin menggunakan system PC berbasis Skylake, MSI juga memiliki motherboard serupa pada chipset yang berbeda, dan tentunya dengan harga yang juga lebih ramah di kantong para gamer, diantaranya yaitu : H170A Gaming Pro dan B150A Gaming Pro. Performa Audio yang menawan tanpa perlu tambahan soundcard, USB 3.1 untuk kecepatan transfer data, dan Gaming LAN manager sudah pasti cukup untuk para gamer hardcore yang menginginkan pengalaman gaming nya sempurna tanpa gangguan.

Dapatkan informasi terkini tentang MSI Motherboard & Komponen lainnya di ► MSI Indonesia Components

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram