Review | Razer Marauder

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 09 Jun 2011 | 3,490

Sebagai produsen aksesoris gaming terkemuka, Razer memang sering membuat produk dengan tema sesuai game tertentu. Salah satunya, adalah dengan tema Star Craft 2 yang dirilis tahun 2010 lalu. Bersamaan dengan rilisnya StarCraft 2, Razer telah menyiapkan periferal gaming tersebut mulai dari Keyboard Marauder, Mouse Spectre, dan Headset Banshee.

Kali ini, saya akan membahas tentang Keyboard Marauder, yang berpenampilan sangat eye-catching. Dimulai dari packaging nya yang simple dan ringkas, di beberapa bagian dusnya dibuat terbuka, namun dengan keyboard yang masih terlapis plastik mika, sehingga calon pembeli dapat melihat langsung bentuk keyboard dengan mudah. Razer juga menyisipkan sepasang stiker logo Razer, dan buku panduan didalamnya.

Bentuk nya yang proporsional dan compact, sangat cocok digunakan bagi para gamer yang sering mengikuti turnamen. Dengan warna silver melapisi seluruh body keyboard meskipun terbuat dari material plastik, tetap membuatnya tampak elegan. Sedangkan tombol-tombolnya berwarna hitam dengan lapisan karet, dan memiliki design tembus cahaya.

Box dengan design minimalis dan ramping

Unboxing berisi Manual Book, stiker dan tentunya keyboard marauder

Penempatan tombol yang bertingkat-tingkat dan dimensi tombol yang dimiliki Marauder untuk mengoptimalkan penggunaan keyboard terbilang nyaman digunakan saat bermain game atau untuk penggunaan sehari-hari. Jika kebanyakan keyboard gaming saat ini, memiliki tombol Numeric Pad yang dapat dilepas untuk meminimalisir ukuran keyboard. Maka, berbeda dengan Marauder, yang justru menyematkan NumPad dengan jarak yang semakin mudah dijangkau, dengan menghilangkan barisan tombol fungsi seperti Insert, Home, Page Up dan lainnya, kemudian mengintregasikannya kedalam tombol NumPad. Anda dapat kembali menggunakan Numeric Pad dengan menyalakan Num Mode.

Tombol yang bertingkat berbahan rubber

Keyboard ini sangat nyaman dan lembut ketika digunakan untuk mengetik ataupun bermain game

Hal yang menarik perhatian, pada keyboard ini adalah 3 posisi LED lighting yang berbeda, yaitu backlit pada tombol yang menyatu dengan backlit pada logo StarCraft 2 diatasnya, Kedua, backlit pada tiga buah garis strip yang terdapat pada keempat sudut keyboard. Ketiga, garis lighting pada bagian bawahsebelah kiri dan kanan keyboard, yang memang tidak terlalu terlihat.

Backligt marauder bisa di rubah warnanya sesuai keinginan

Razer Marauder memiliki feature APM – Lighting System yaitu sebuah sistem backlit yang akan memonitor permainan StarCraft 2 dan menampilkan performa game Anda secara aktual dalam efek cahaya, selain itu setiap alert dalam game juga diubah menjadi efek cahaya pada keyboard secara real-time. Misalnya ketika base Anda sedang diserang musuh, lighting keyboard akan menyala berkelap-kelip. Anda juga dapat mengkustomisasi tiap lampu LED yang akan bereaksi pada 13 jenis alert berbeda, sehingga memudahkan Anda mengenali tiap alert.

Fitur APM yang dapat di kustomisasi

Seperti keyboard Razer sebelumnya, Razer Marauder juga memiliki feature Hyperresponse technology yang memiliki respons sampai dengan 1000Hz Ultrapolling. Feature Macro yang wajib dimiliki keyboard gaming sudah pasti disematkan pada Marauder dan juga dengan fasilitas profil sebagai penyimpanan. Semua tombol dapat diprogram baik sebagai macro, sebagai program shortcut, ataupun menukar fungsi tombol satu dengan fungsi tombol lainnya. Anda juga dapat merekam macro saat dalam permainan, tanpa harus beranjak keluar dari game dalam feature On-The-Fly Macro Recording.

Warna silver walau berbahan plastik, tetap terlihat elegant

Tombol pengatur media juga disertakan dalam tombol functions seperti pengatur volume, pause, stop, previous dan next yang dapat diaktifkan sambil menekan tombol Fn. Game Mode juga tersedia, untuk mematikan fungsi tombol Windows saat Anda bermain game. Untuk konektivitas, Razer Marauder memiliki kabel braided dengan kepala USB yang berlapis emas, sebagai sumber power bagi lighting keyboard, Razer menggunakan 2 buah kepala USB.

Secara keseluruhan, keyboard ini sangat menarik perhatian dengan back lighting yang dimilikinya, dan ukurannya yang tidak terlalu lebar, sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Sayangnya, fungsi APM hanya dapat digunakan dalam game StarCraft 2.

Razer Starcraft II themes: Headset Banshee, Keyboard Marauder, dan Mouse Specter

Pros

+ Responsif

+ Tombol yang nyaman digunakan

+ compact design dengan 3 Backlight yang eyecatching

Cons

– Harga yang cukup mahal

– Ekstra USB untuk lighting

– Tidak ada tombol khusus macro

Technical  Specification

  • Full Keyboard Layout with integrated number pad keys
  • Ergonomically Optimized Wrist Rest
  • Reduced Desktop Footprint
  • APM-Lighting System
  • Laser-etched Keys
  • Optimized Key Travel & Spacing
  • Ultrapolling (1000Hz Polling / 1ms Response)
  • Braided 7 Foot USB Cable
  • Dimensions: 400mm(L) * 182mm(W) * 32mm(H)

Harga : Rp. 1.200.000,-

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram