Review | Razer Naga 2012 – MMO Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 27 Jan 2013 | 6,918

It isn’t just an extraordinary gaming mouse, it is Naga


Mouse Gaming dengan nama RAZER NAGA 2012 ini, bukan sembarang Mouse tetapi Mouse yang dikhususkan untuk para expert gamer MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game). Mouse ini memiliki design unik yang berbeda dengan Gaming Mouse pada umumnya, memiliki tubuh bongsor, memiliki banyak Button yang memudahkan para gamer MMORPG yang selama ini kesulitan untuk mencari alternatif dari banyaknya tombol untuk skill-skill yang harus ditekan disaat bermain, untuk lebih jelasnya mari kita membahas satu per satu dari Unboxing hingga pengetesan didalam game.

BOX

Box Razer Naga memiliki ketebalan box yang berbeda dengan Gaming Mouse tipe lain dari Razer. Sama seperti pada umumnya box-box Mouse Razer yang lain adanya cover flip yang mudah dibuka sehingga anda dapat melihat bentuk fisik dari Mouse dan dibalik cover terdapat penjelasan mengenai Multi Button Thumb Grid, yaitu 12 tombol yang dapat ditekan oleh jempol kita sebagai pengganti bar Angka maupun bar Numpad.

Box memiliki background dasar berwarna hitam dengan gambar Razer Naga di depan, dengan penjelasan mengenai Mouse ini di hampir setiap sisi dari Box dengan menggunakan UV Spot glossy print sehingga membuat penjelasan maupun gambar menjadi seperti mengkilat dan sangat indah dipandang, pada bagian belakang box terdapat penjelasan dalam bentuk gambar yang menerangkan bahwa Mouse ini selain memiliki Multi Button juga dilengkapi dengan 3 jenis Side Panel yang dapat diganti-ganti sehingga memudahkan anda ingin menggunakan teknik Palm, Claw ataupun Classic Grip pada Mouse ini.

Disaat box dibuka, terdapat 2 kotak yang mana kotak pertama bagian depan itu berbentuk Mika hijau dan Transparant untuk peletakan Mouse dan kotak kedua berwarna hitam total dengan logo Razer berwarna hitam di tengah-tengah kotak yang di print dengan menggunakan UV Spot sehingga terlihat sangat elegan dan eksklusif. Kotak kedua dibuka terdapat buku manual Razer Naga, Quick Start Guide, kata sambutan dari Razerguy, 2 buah stiker eksklusif Razer, dan 2 buah Grid Trainer berwarna transparent yang berguna untuk mengganti Grid Trainer atau Keypad bagian dalam dari Multi Button pada Mouse ini.

Selanjutnya Razer juga menyertakan 2 buah Side Panel untuk Mouse agar anda dapat mengganti Default Side Panel Razer Naga dengan Side Panel jenis lain sehingga memudahkan anda untuk menggenggam (Grip) Gaming Mouse ini. Side Panel yang disediakan selain yang sudah terpasang langsung pada Mouse [Palm Grip Side Panel] yaitu untuk Claw Grip Side Panel dan Classic Grip Side Panel, yang masing-masing memiliki tingkat Grip yang berbeda sehingga dapat di adjust sesuai dengan kebutuhan maupun kebiasaan Anda pada saat memegang Mouse.

GAMING MOUSE

Base Color dari Razer Naga yaitu Hitam legam dan memiliki 3 buah sisi yang menyala berwarna hijau, yaitu pada list Scroll Button, Multi Touch Button, dan body atas Mouse dengan memiliki bentuk logo Razer yang menyala seperti Pulse.

Body atas Mouse menggunakan plastik ABS yang memiliki teksture hitam Dove elegan yang keren dan berkelas. Terdapat beberapa Button pada Body atas Mouse yaitu Left Button/Left Click, Right Button/Right Click, Scroll Up&Down serta Scroll Click, dan 2 buah Button yang dapat berfungsi juga sebagai Macro tepat dibagian bawah dari Scroll Click. Pada bagian atas mouse terdapat kabel USB yang dibalut dengan anyaman sejenis kain sehingga kabel tidak mudah rusak/terpotong/tergores dan USB plug memiliki balutan berwarna emas yang sangat solid.

Bagian kiri dari Mouse ini terdapat 12 tombol berwarna hitam dengan lampu LED warna hijau pada setiap angka pada Multi Buttonnya, sisi side panel sebelah kanan dapat dicabut pasang atau detachable dengan Grip jenis Claw atau Grip jenis Classic.

Pada bagian bawah dari Mouse terdapat 5 buah Mousefeet lumayan tebal untuk membantu pergerakan Mouse menjadi sangat nyaman untuk di gerakan. Razer Naga menggunakan Optical Laser Sensor 3.5G yang membantu pergerakan semakin solid dan presisi membuat pergerakan Character kita didalam game tidak menjadi lost control, selain itu maximal Dpi yang ada pada Mouse ini adalah 5600 yang berarti Mouse dapat disetel menjadi sangat sensitif maupun menjadi sangat tidak sensitif terhadap pergeseran Mouse.Terdapat sebuah Switch dimana anda dapat memilih Multi Button pada Side Panel sebelah kiri untuk mengikuti Quickslod Skill menggunakan Numeric yang terletak diatas QWERTY atau menggunakan Numpad Numeric, sungguh fitur yang membantu anda dalam hal mengubah dengan cepat shortcut atau fungsi dari Multi Button.

Fitur terbaru dari Razer yaitu Razer Synapse 2.0 merupakan program dari Razer yang dapat membantu para pengguna Razer khususnya Razer Naga untuk dapat mengupdate Firmware dari Mousenya, dapat langsung melakukan Adjustment/Customization Mouse ini. Mouse ini memiliki kapasitas penyimpanan profile custom yang anda inginkan, Synapse 2.0 dapat di download pada website Razer www.razerzone.com dengan besar file 11.7MB.

Pada Synapse 2.0 Anda dapat memasukan Add-on untuk Mouse, Macros, Button Replacement, DPI Settings, serta Lightning. Anda diberikan kesempatan untuk dapat menyimpan profile yang diinginkan pada memory Razer Naga khususnya untuk Button Replacement anda diberikan kesempatan untuk dapat membuat 8 Keymaps dimana anda dapat mengganti-ganti letak 6 Button Keymaps [khusus Left Click tidak dapat diubah]. Anda juga dapat mengubah sensitivitas DPI dari yang terkecil yaitu 100 hingga yang terbesar 5600, DPI ini sangat berfungsi untuk mengatur seberapa respond dan cepatnya pointer mouse kita bergerak, anda juga dapat mengubah Acceleration dari level 1 hingga 10 yang berfungsi untuk mengatur seberapa cepat Mouse “berlari”, dan juga anda dapat mengubah Polling Rate yang berguna untuk mengatur seberapa cepat Mouse mengirimkan data ke komputer sehingga komputer merespond, selain fitur-fitur diatas ada juga fitur dari Synapse 2.0 ini yang menarik yaitu pengaturan Lightning untuk Multi Button dan Logo apakah anda ingin menyala atau anda menginginkan Mouse tidak mengeluarkan sinar.

Fitur yang menarik selanjutnya adalah fitur macro, dimana Mouse dapat menyimpan/Record tombol-tombol apa saja yang ditekan berikut dengan millisecond, Anda juga dapat mengatur Delay antar button dan juga dapat Anda simpan di dalam memory pada Mouse.

TEST THE HARDWARE

Kami mengetes Razer Naga 2012 ini dengan bermain game Star Wars The Old Republic dan Diablo 3, Mouse ini tidak memberikan 1 kendala apapun terhadap 2 game tersebut, bahkan dengan sangat cepat dapat terintegrasi dengan game sehingga kami tidak memerlukan shortcut pada Numpad [Quickslod menggunakan Numeric Button, Fuction Button, Numpad Numeric Button]. Respond yang dihasilkan cepat walaupun hanya menggunakan default Polling Rate, akan tetapi untuk Game SWTOR Mouse sedikit terlalu lincah sehingga membuat sedikit sulit untuk mengontrol dikarenakan Mouse bergerak dengan sangat cepat [menggunakan DPI 1800 dan Acceleration 1]

CONCLUSION

RAZER NAGA 2012 merupakan salah satu mouse yang sangat compact dan sangat membantu sekali dalam bermain MMORPG, ditambah 17 Button yang disediakan oleh RAZER sangat membantu untuk memudahkan kedua belah tangan kita melakukan aktivitas yang hampir bersamaan, yang dimaksud adalah disaat kita sedang melakukan RAID boss ataupun PVP sangat dibutuhkan konsentrasi, nonstop skill, menghindar/menggerakkan character. Disaat tangan kiri menekan skill, jempol anda pun sudah siap melakukan skill kedua dengan menekan Multi Button yang tersedia dan otomatis sangat membantu sehingga tangan kanan anda tidak akan pernah sedetikpun meninggalkan Mouse.

Bentuk Mouse ini sendiri memang di design khusus untuk expert MMORPG players yang berarti baik Ordinary Gamer maupun Hardcore Gamer dapat dimanjakan oleh Mouse ini, RAzer Naga dibuat mengikuti lekukan telapak tangan sehingga membuat anda tidak kesulitan/merasa capai apabila bermain lama dengan menggunakan Mouse ini dan membuat Gamer tidak merasa kesulitan dalam mengendalikan Characternya di dalam game. Mouse ini sangat Sesuai dengan mottonya yaitu “GET IMBA with RAZER NAGA”.

NILAI PLUS :
–         Memiliki 17 Button
–         Memiliki 3 buah pilihan Side Panel kanan
–         Memiliki 2 buah button replacement untuk Multi Button pada Side Panel kiri
–         Tidak membuat tangan menjadi pegal walau dipakai bermain selama berjam-jam
–         Sudah terintegrasi dengan Synapse 2.0
NILAI MINUS :
–         Tombol 10-11-12 cukup sulit dijangkau apabila memegang Mouse dengan cara Palm Grip akan tetapi tidak bermasalah apabila menggunakan Claw Grip
–         LED pada Body Mouse terasa hangat apabila digunakan dalam jangka waktu yang agak lama, apabila Gamer merupakan player yang mudah berkeringat ada baiknya mematikan LED pada Logo di Body Mouse
TECH SPECS
  • 5600dpi Razer Precision 3.5G Laser Sensor
  • 1000Hz Ultrapolling / 1ms response time
  • 200 inches per second max tracking speed
  • Zero-acoustic Ultraslick mouse feet
  • 17 MMO-optimized buttons (including 12 button thumb grid)
  • Optional MMO-specific software AddOns
  • Unlimited character profiles with AddOns
  • Approximate Size : 116 mm / 4.57” (Length) x 70 mm / 2.76” (Width) x 46 mm / 1.81” (Height)
  • Approximate Weight: 134 g / 0.30 lbs
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram