Review | Roccat Kone Pure – Color Edition Gaming Mouse

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 17 Jun 2013 | 6,181

Periferal dengan mengusung unsur gaming memang seharusnya memiliki kualitas dan fitur terbaik di kelasnya, walaupun penggunanya tidak selalu gamers, tapi gaming mouse tetap menjadi patokan kualitas sebuah mouse. Roccat sebagai salah satu brand peripheral gaming ternama asal Germany, di tahun 2013 ini merilis gaming mouse Roccat Kone Pure Color Edition, sebagai tanda perayaan 5 tahun sejak kehadiran mouse Roccat Kone original. Roccat Kone edisi terdahulu-nya sendiri telah mendapatkan banyak penghargaan atas terobosan inovasi design dan performa-nya. Lalu bagaimana fitur, kualitas, dan keistimewaan dari Roccat Kone Pure Color yang merupakan Limited Edition ini? Mari kita simak review lengkapnya berikut ini.

Roccat Kone Pure sendiri awalnya hanya tersedia dalam warna hitam, dan khusus untuk seri Limited Color Edition nya kali ini Roccat menyediakan dalam 4 buah warna menarik namun masih dalam spesifikasi yang sama yaitu, Hellfire Red, Inferno Orange, Phantom White dan Polar Blue menjadi pilihan Nixia, ketika ditawarkan oleh staff Roccat ketika Nixia mendatangi booth nya di acara Computex 2013, thanks Roccat!

Warna biru sengaja Nixia pilih agar serasi dengan Mousepad Roccat Hiro yang juga memiliki warna senada di bagian rubber grip-nya. Roccat menyatakan bahwa Roccat Kone Pure ini memiliki ukuran yang lebih kecil sampai hanya 91% nya dari Roccat Kone[+] sehingga termasuk ke dalam ukuran Mid-Size.

Unboxing


Box dari mouse ini memiliki gambar mouse-nya sendiri di bagian depan sesuai dengan warna mouse yang terdapat di dalamnya. Informasi dan fitur-fitur utama mouse ini juga ditampilkan dengan jelas dicover box ini, seperti fitur Roccat Titan Wheel, Laser Sensor 8200 DPI, Easy-Shift[+], Multi-Color Lighting, Roccat Driver untuk Macro Customization, 576KB On-Board memory, Roccat Achievement Display, dan masih banyak lagi fitur menariknya yang akan Nixia jelaskan dibawah ini. Box berwarna dasar hitam ini juga memiliki bagian depan yang bisa dibuka ditambah dengan perekat magnet, agar kita dapat melihat langsung bentuk mouse yang terlapis plastik mika.

Di cover box bagian dalam, sisi kiri, dan belakang-nya juga bisa kita temukan lagi penjelasan design dan fitur. Untuk paket penjualan yang terdapat didalamnya hanya terdapat mouse itu sendiri dan secarik Quick Installation Guide brosur sedangkan untuk soal driver, tentunya bisa langsung kita download dari website resmi Roccat.

The Mouse


Roccat Kone Pure color edition ini memiliki warna biru muda di bagian kiri dan kanannya (thumb & pinkie grip),  dan warna hitam di bagian atas/palm nya dengan logo Roccat di bagian depan yang akan menyala jika sedang digunakan, walaupun tidak semua bagiannya berwarna, namun warna biru di kedua sisinya mampu menarik perhatian setiap mata yang melihatnya. Mouse yang didesign khusus untuk tangan kanan ini menggunakan soft plastic rubber pada seluruh permukaannya menghasilkan grip feeling mouse ini terasa halus di telapak tangan.

Masuk ke bagian tombol-tombolnya, Roccat Kone Pure Color ini tentunya sudah memiliki fitur Customizable button di setiap tombolnya yang bisa anda akses dari Roccat Driver, dimana Anda dapat mengubah fungsi, menjalankan program, atau merekam macro ke setiap tombolnya. Salah satu fitur custom button yang menjadi ciri khas Roccat adalah adanya fitur EasyShift[+]™ yang mampu menjadikan fungsi tombol bertambah dari 9 tombol menjadi 16 tombol dengan cara menekan tombol EasyShift[+]™ dan dipadukan dengan tombol lainnya secara bersamaan.

Kita mulai dari sebelah kiri mouse atau bagian thumb grip yang berwarna biru ini terdapat logo Roccat Kone Pure, dan juga memiliki 2 buah tombol dengan logo panah atas dan bawah, yaitu secara default-nya berfungsi sebagai tombol Page Forward & tombol EasyShift™. Sedangkan di bagian kanan atau pinkie grip, mouse ini tidak memiliki tombol apapun seperti kebanyakan mouse gaming high-end sekarang, namun yang terpenting adalah design dan lekukan dari grip thumb dan pinkie pada Kone Pure ini sangat pas dan nyaman di genggaman tangan. Roccat menggunakan teknologi Click Master switch buatan Omron untuk menghadirkan tombol klik kiri dan kanan yang presisi dan memiliki tactile feedback yang pas.

Roccat kembali membawa kualitas terbaik untuk mouse wheel-nya (scroll wheel) yang disebut dengan nama Titan Wheel, komponen untuk tombol scroll yang satu ini terbilang cukup kuat dan kokoh. Selain itu tombol scroll wheel ini juga memiliki fungsi axis shaft yang akurat dan tahan lama. Titan Wheel yang digunakan pada Kone Pure ini adalah tipe 2D, sedangkan ada juga Titan wheel tipe 4D yang telah digunakan pada Kone XTD. Setiap rotasi dari wheel ini mampu menghasilkan 20 step, dipertegas lagi dengan lekukan berlapis rubber grip, setiap klik pada scroll ini membutuhkan tenaga sebesar 3Kg.

Dibawah tombol scroll wheel juga terdapat dua buah tombol yang berfungsi untuk mengubah DPI on-the-fly, sekaligus juga untuk mengubah-ubah profil yang ingin digunakan dengan sambil menekan tombol EasyShift.

Bagian bawah mouse ini hanya memiliki mousefeet di 2 bagian atas dan bawah, simple namun mampu menghasilkan gerakan yang halus. Roccat Kone Pure menggunakan sensor laser Pro-Aim R3 sebesar 8200DPI, yang menjadikan tracking dengan mouse ini cepat, tanpa lagging, dan menghasilkan kontrol bermain game yang baik. Apalagi dilengkapi dengan fitur Tracking and Distance Control Unit (TDCU) terintegrasi yang berfungsi untuk mengatur sensor mouse dengan tepat tergantung dengan mousepad yang sedang digunakan. Kabel braided digunakan untuk durability yang terjamin, konektor USB diujung kabel ini juga dilengkapi dengan logo Roccat Kone Pure.

Software Roccat Driver

Pada driver-nya ini Roccat menyediakan berbagai jenis setting yang bisa disimpan ke dalam 5 profile berbeda, thanks to on-board memory sebesar 576KB yang dimiliki Kone Pure ini untuk memberikan instan akses pergantian profile dimanapun mouse ini digunakan.

Pilihan setting pada setiap profil tersebut diantaranya adalah pada bagian Main Control terdapat Sensitivity Options, Vertical Scroll Speed, Horizontal Tilt Speed, DPI Switcher yang juga dibagi lagi kedalam 5 tingkat penyimpanan mulai dari 200-8200DPI, dan pengatur kecepatan Double Click.

Sedangkan pada bagian Button Assignment, disinilah kita bisa mengatur fungsi masing-masing tombol sesuai keinginan dan kebutuhan. Dengan teknologi perpaduan EasyShift mampu menambah ruang lagi untuk menyimpan berbagai fungsi tombol. Bisa dilihat di gambar berikut kalau kita bisa mengisi fungsi tombol mulai dari menjalankan program hingga merekam macro dengan mudah. Di bagian Advanced Control bisa ditemukan pengatur Advanced Sensitivity value, Sound Feedback yang berfungsi untuk mengeluarkan notifikasi suara di komputer anda, Tracking & Distance Control Unit, Polling Rate dari 125 Hz-1000Hz, dan Windows Pointer Speed.

Macro Manager yang dimiliki Roccar Driver ini sudah menyediakan berbagai record makro default dari sejumlah game Counter Stike hingga World of Warcraft dan sejumlah program populer seperti Photoshop dan TeamSpeak. Sehingga kita bisa langsung menggunakannya atau anda juga masih bisa mengedit dan merekam ulang setting makro yang dibutuhkan.

Selain dari setiap tombolnya yang bisa kita customize, warna lighting pada logo Roccat pun bisa diganti melalui driver-nya yang menyediakan hinggan 16.8 juta pilihan warna untuk membuat mouse Kone Pure ini unik. Kita juga bisa memilih lighting untuk dimatikan, always on, dan mode breathing dimana cahayanya akan kelap-kelip seperti bernafas.

Pada driver nya pun Roccat menambahkan fitur Trophy Achievements berdasarkan Statistic pemakaian mouse kita, dari sini kita bisa tahu berapa total klik dari tiap tombol yang sudah pernah kita lakukan dan juga seberapa jauh gerakan mouse. Semakin banyak trophy yang didapat, level anda juga semakin bertambah dan tentunya semakin menambah seru pengalaman memakai mouse anda.

Performance

Karena mouse ini sudah dipercanggih dengan adanya processor Turbo Core V2 32bit, tidak perlu diragukan lagi soal performanya yang jauh dari masalah delay. Kone Pure dapat langsung dihubungkan ke komputer melalui koneksi USB nya dan langsung terdeteksi dengan cepat sehingga bisa langsung digunakan walaupun tanpa software driver.

Nixia menggunakan setting default saat menggunakan mouse ini untuk bermain Counter Strike : GO, dan mouse ini dapat mendukung permainan game dengan baik, Nixia bisa mendapatkan aiming yang tepat dan presisi dengan click tactile yang memuaskan, bentuknya yang ergonomis membuat mouse ini mudah dikontrol sehingga Nixia semakin mudah mendapatkan headshot di dalam game. Jika ingin mengganti sensitifitas pun sangat mudah dengan hanya menekan tombol + / – nya. Walaupun posisi tombol pengganti dpi ini ditengah, namun tidak pernah terjadi ketidak-sengajaan memencet tombol dpi ini, karena design nya yang agak keras sehingga tidak akan mengganggu jalannya permainan.

Ketika digunakan untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing -pun mouse ini menghasilkan performa dan responsif yang sangat baik, apalagi bahan lapisan soft rubber yang dimilikinya membuat nyaman dan tangan betah berlama-lama memegang mouse ini.

Conclusion

Walaupun banyak gaming mouse sekarang ini yang memiliki fitur lebih seperti fitur pemberat, namun Kone Pure sudah menyajikan build dan performa yang terbaik dari Roccat. Coating rubber yang diusung mungkin terasa licin bagi sebagian orang, namun untuk Nixia sendiri menyukai jenis coating ini . Karena berat mouse yang cukup ringan, memiliki permukaan yang soft rubber bukanlah suatu masalah. Tambahan color edition pada Kone Pure ini juga semakin menambah nilai keunikan mouse ini.

Features

  • POWERFUL KEY ILLUMINATION
    with a bright LED underneath each key
  • EASY-SHIFT[+]™ BECOMES EASY KEYBOARD
    assign a secondary function to virtually any key
  • N-KEY ROLLOVER
    means advanced anti-ghosting
  • HIGH-POWERED HARDWARE
    32-bit ARM Cortex processor + 2 MB of flash memory
  • ROCCAT™ ACHIEVEMENTS DISPLAY
    keep track of your vital statistics
  • TOP NOTCH KEY SWITCHES
    Mechanical CHERRY MX key switches
  • SMUDGE-PROOF GLOSSY LOOK
    killer look – with no fingerprints
  • COMPLETE COMFORT, ROCK SOLID
    jumbo-size integrated wrist rest
  • CLUTTER-FREE, SUPER-STABLE SUPPORT
    in-built cable channel and five rubber feet

  • ROCCAT TALK® – SET BONUS
    get more out of your ROCCAT
    ™ devices
    by combining their functions

Technical Specifications

• Illuminated mechanical keyboard with 113 keys
• Advanced anti-ghosting with N-key rollover
• CHERRY MX key switches
• 3 programmable thumbster keys (T1 – T3)
• 5 programmable macro keys (M1 – M5)
• 94 other programmable keys
• 1000 hz polling rate, 1 ms response time
• 1.8 m cable and integrated cable channel

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram