Review | Saints Row : The Third

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Admin | 18 Dec 2011 | 3,984

Pertikaian antar geng yang seru dan kocak

Apa jadinya jika beberapa unsur game dan film diparodikan kedalam satu game bergenre sanbox ini. Tentunya akan menghebohkan dan rusuh.


Saints Row sering kali disebut-sebut sebagai ‘GTA Wannabe’ atau ‘GTA Clone’, karena memiliki gameplay yang kurang lebih sama dengan game GTA dimana  anda bebas berjalan-jalan kemana saja dan bebas menggunakan kendaraan yang lalu lalang di dalam kota. Namun kini seri ketiga yang baru saja di rilis dengan tajuk Saints Row: The Third tampaknya berhasil membuat ciri khasnya sendiri.
Melanjuti kisah Pada ending Saints Row 2, geng ini telah bergabung dengan Ultor Corp, salah satu perusahaan besar yang membuat geng Saints Row menjadi sukses dan terkenal. Anehnya mereka masih saja melakukan perampokan bank dan ternyata bank ini dimiliki kelompok geng internasional yang akhirnya menggagalkan rencana perampokan tersebut. Saints Row kemudian dipenjara namun akhirnya dibebaskan kembali oleh geng internasional tersebut yang bernama “The Syndicate”. Mereka bermaksud menawarkan kerjasama yang malah merugikan Saints Row, yang tentu saja di tolaknya. Dalam upayanya menolak dan melarikan diri dari pesawat dengan terjun payung, Johnny salah satu anggota Saints Row tertembak karena berusaha menghalangi para musuh. Perang antar geng masih menjadi inti cerita Saints Row 3, dimana Anda akan memerankan karakter Boss dari geng Saints Row yang ingin mengambil alih kembali kekuasaan kota sekaligus membalas dendam dengan menghancurkan geng-geng saingannya seperti Morning Star, Dekker, dan Luchadares, yang berada dibawah kekuasaan The Syndicate.

Berbagai macam pakaian dan kostum dapat anda beli di toko pakaian

Sebelum memulai permainan anda akan diijinkan untuk mengkustomisasi ‘The Boss’ yaitu karakter yg akan anda mainkan. Setelah memilih gender, anda dapat mengkustomisasi sesuai selera atau tinggal pilih dari yang sudah ada. Kustomisasi karakter disini sangatlah detail mulai dari kepala hingga kaki. Selain itu juga anda bisa memakaikan pakaian dari hanya dalaman saja hingga kostum-kostum yang aneh, atau bahkan tidak usah memakai pakaian sekalipun.

Anda dapat memilih untuk tidak memakai pakaian

Walau secara keseluruhan gameplay Saints row sama seperti game-game sandbox pada umumnya, tetapi kebanyakan unsur di dalam game ini lebih menyenangkan ketimbang menegangkan bahkan akan membuat anda tertawa karena beberapa misinya kebanyakan parodi film atau dari game-game yang ada, seperti halnya anda menggunakan UAV Predator seperti didalam game COD Modern Warfare, kustomisasi kendaraan ala need for speed, memberantas zombie seperti di left 4 dead, melawan geng yang berkostum ala Tron, bergulat seperti WWE, suara karakter yg menyerupai Wheatley di Portal 2, hingga masuk kedalam komputer seperti layaknya di film Tron dan masih banyak lagi.

Memasuki dunia komputer ala film Tron

Misi-misi yang unik dengan aksi aksi ala stuntman

Hampir sebagian besar misi-misinya pun menghadirkan berbagai macam adegan adegan stun ala just cause. Selain dari misi utama terdapat pula misi-misi sampingan berupa mini game yang tidak kalah menyenangkan, seperti menghancurkan isi kota menggunakan Tank, pura-pura jatuh atau tertabrak mobil demi mendapatkan uang asuransi, melindungi teman dari kejauhan menggunakan sniper, dan beberapa mini game lainnya yang cukup seru untuk di ikuti

Hampir semua kendaraan dapat dikustomisasi

Pesawat VTOL ini akan memudahkan anda menghadapi lawan

Kota steelport  terlihat ramai ditambah banyak geng-geng yang berkeliaran. Penduduk sekitar juga tidak terlihat monoton, mereka kerap melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat kota terlihat hidup, anda akan melihat mereka mengobrol, menelopon, psk yang sedang menjajakan dirinya di jalan, hingga polisi yang sedang menilang. Terdapat beragam kendaraan yang lalu lalang yang tentunya dapat anda naiki. Mulai dari berbagai macam model motor, sedan, truk hingga Tank. Kendaraan laut seperti boat pun mengisi di beberapa misi. Tidak ketinggalan kendaraan udara dari helicopter hingga pesawat tempur futuristik dan motor terbang ala starwars pun akan dapat anda gunakan.

Ya, motor ini memang bisa terbang, sekaligus dilengkapi machine gun

Di kota ini tersebar beberapa property-property yang dapat anda beli seperti rumah dan apartemen juga termasuk toko senjata, di tempat ini anda bisa membeli sekaligus mengupgrade senjata. Bengkel untuk mengkustomisasi kendaraan anda secara detail mulai dari performa hingga body dan warna . lalu terdapat toko pakaian, dimana anda bisa membeli berbagai macam pakaian termasuk pakaian dalam. Ada juga klinik untuk anda bisa berganti kelamin dan mengubah wajah. Properti properti ini selain memperkuat daerah kekuasan, juga memberikan income setiap jam nya dan tentunya anda akan mendapatkan diskon di toko-toko yg anda miliki.

Fatality - habisi lawan dengan pukulan terakhir yang beragam

Pada Saints Row 3 terdapat 2 hal penting yaitu respect dan money. Respect yang anda dapat akan menaikan level anda. makin tinggi level maka terdapat berbagai macam kemampuan-kemapuan yang menguntungkan. Dan untuk mengaktifkan kemampuan ini anda harus membelinya, itu sebabnya uang disini sangatlah penting.

Terlihat polisi sedang menilang supir truk yang ugal-ugalan

Untuk mendapatkan uang dan respect selain menyelesaikan misi utama juga dari mini game maupun menyelesaikan challenge yang ada. Sebagai gengster menghancurkan kota dan membunuh penduduk kota juga akan menambah respect.  Anda akan selalu ditemani oleh sebuah handphone mutakhir, dimana di HP ini anda dapat melihat peta, memilih misi, membuka kemampuan, mencairkan uang dan tentunya untuk menelepon meminta bantuan.

Salah satu misi 'Tank Mayhem' yang mengharuskan anda menghancurkan isi kota mencapai point tertentu

Grafis pada Saints Rows 3 memang tidak begitu istimewa, justru terlihat agak kartun atau terlihat komik tetapi semua tergambarkan dengan detail. Efek-efek kerusakan pada kendaraanpun cukup terlihat detail mulai dari pecahnya ban hingga penyok-penyok di bodi. Selain itu pula animasi pada karakter cukup baik dan bervariasi seperti ketika anda memukul lawan dengan berbagai macam gaya atau menaiki kendaran secara cepat dengan melompat melalui jendela. Visualisasi dan gameplay pada Saints Row juga kerap menghadirkan unsur dewasa dengan konten seksual yg tinggi, beberapa tempat seperti strip club, bdsm club dan wanita sexy berpakaian minim akan menjadi pemandangan yg sering anda temui.

Konten Seksual di game ini sangat tinggi

Selain singleplayer anda pun bisa bermain co-op campaign secara online maupun Lan. Anda bisa memainkan campaign bersama teman yang bisa datang dan pergi dengan bebas. Selain Campaign dan Co-Op, terdapat juga Whored Mode, di mana anda akan bertahan ronde demi ronde menghadapi geng, zombie dan berbagai macam musuh yang unik. Setiap ronde memiliki kondisi masing-masing seperti dalam keadan mabuk, menghadapi musuh raksasa, menggunakan tank, chainsaw, dan sebagainya.

Sungguh lelucon, mengapa menggunakan ini jika ada kendaraan yang lebih baik

Akhir kata game ini benar-benar tidak membuat bosan dengan jalan cerita yang rusuh dan unik serta beberapa parodi-parodi konyol yang akan membuat anda tertawa sepanjang permainan. Hanya saja materi kedewasaan didalamnya, tampaknya game ini harus di jauhkan dari anak-anak.

Pros
+ Game sandbox dengan parodi yang sangat konyol

Cons
–  Stasiun radio dan lagu yang sedikit, tidak bisa memasukan lagu mp3 sendiri

Score : 8
Game ini secara keseluruhan sangat menyenangkan, lucu dan unik, bagi anda penggemar serial free roaming wajib mencoba game ini.

Minimum system requirements
Operating System:  Windows XP, Windows Vista or Windows 7
Processor:  2GHz Dual Core Processor (Intel® Core 2 Duo or AMD Athlon™ X2) or higher
Memory:  2 GB
Graphic :  NVIDIA® GeForce® 8800 series or better / ATI Radeon™ HD3800 series or better
Hard drive: : 10 GB
Publisher: THQ
Developer: Volition, Inc
Jenis: Open World action adventure, 3rd Person Shooter
Batas Umur: Dewasa
Website resmi: http://www.saintsrow.com/
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram