Review | Serious Sam III : BFE

Ad
Ad
Ad
author image by Admin | 15 Dec 2011 | 1,655

Serangan bertubi-tubi dari para Alien

Sam akan mengajak anda berpetualang kekota Mesir, mengunjungi Piramida dan sphinx, sayangnya anda bukanlah sedang berwisata, melainkan menghabisi para alien-alien yang sedang berinvasi


Serious Sam adalah salah satu seri game FPS klasik yang terbaik ditahun 2000an, game ini menawarkan permainan yang cukup seru dan menguras adrenalin. Setelah kesuksesan mereka merilis remake HD First Encounter dan Second Encounter, Croteam merilis Seri ketiga yaitu Before First Encounter dengan cerita yang baru dan gaya permainan yang orisinil dan tentunya lebih modern.
Cerita Seri ketiga ini sangatlah unik karena menceritakan kejadian sebelum ‘The First Encounter’  dan menggambarkan peristiwa di Bumi sebelum perjalanan Sam ke masa lalu. Pada pertengahan abad 21, umat manusia menemukan sebuah artefak dan reruntuhan yang ditinggalkan di zaman kuno oleh bangsa Sirians. Artefak ini diyakini memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu namun masih belum diketahui bagaimana mengaktifkannya.  Dan disaat itu pula, para alien memilih waktu ini untuk menginvasi bumi dan mengalihkan perhatian manusia pada Time lock tersebut. Dia mengirimkan armada dan membawa bala tentaranya yang tidak pernah ada habisnya untuk menyerang Bumi hingga tiga tahun invasi tersebut mengakibatkan  bumi  hampir sampai ke titik kepunahan. Dalam upaya terakhir, Sam satu-satunya orang yang pemberani dan mampu bertahan dalam menghabisi para alien itu berupaya mencapai TimeLock tersebut dan mencari cara untuk mengaktifkannya demi mencapai satu titik penting dalam perjalanan waktu.

Sudah siapkah anda menghadapi sebagian kecil musuh ini

Serious Sam 3 menghadirkan area yang cukup luas, yang bersetting di seputaran Mesir,  selain memasuki kota-kota yang sebagian besar sudah rusak dan hancur anda juga akan berkesempatan keluar masuk Piramida yang berliku-liku dan gelap, bahkan anda pun sempat menghancurkan kepala Sphinx.


Gameplay yang dihadirkan pun masih orisinil, anda akan menghadapi sejumlah musuh yang sangat banyak dalam satu area bukan hanya puluhan yang anda hadapi, melainkan ratusan bahkan pada akhir misi anda akan menghadapi hingga ribuan musuh yang keluar secara bertubi-tubi. Alien yang ada pun bermacam-macam variasinya, baik dari yg terkecil hingga yang terbesar. Jika pada awal-awal misi anda menghadapi mini bos yang cukup sulit maka di pertengahan mini bos tersebut akan keluar semua beserta pasukan kecil yang lainnya.

Berbagai macam minibos pun akan keluar mulai dari pertengahan permainan

Dan pada akhirnya anda pun akan menghadapi bos sebesar ini, para minibos yang besar pun akan terlihat jauh lebih kecil

Tentunya hal ini dibutuhkan kegesitan dan kelincahan bermain, yang akan menguras adrenalin. Anda tidak hanya harus menembak apa yang ada di depan mata, namun harus pintar dalam memilih senjata yang efektif dalam membunuh alien, hanya saja dalam satu area musuh yang keluar juga bervariasi sehingga anda harus cepat dan sering berganti senjata yang ada, mulai dari hammer, assault rifle, mini gun, rocket launcher hingga peledak C4. Amunisi yang adapun tersebar di sudut-sudut dan berbagai area, amunisi tidaklah jatuh dari setiap musuh yang anda bunuh, jadi ketika anda kehabisan ammo maka anda harus cepat mencarinya. Selain itu sulitnya lagi, sistem health disini tidak seperti game fps belakangan ini yang menggunakan ‘auto recover’. Dibutuhkan medkit untuk menaikan hp kembali ketika anda terluka. Selain medkit ini ada pula armor yang juga tersebar  sama seperti amunisi.

Hati-hati didalam piramida yang gelap ini, karena ada penunggunya yang cukup besar

Sam pun mampu melakukan serangan dengan tangan kosong ketika lawan sudah dekat, uniknya setiap lawan memberikan animasi yang berbeda-beda, seperti merobek hati dari alien Rocketeers, menarik kepala tengkorak Kleer dari tubuh mereka, dan bahkan menghilangkan mata Gnaar  cycloptic. Sayangnya hal ini kurang efektif ketika musuh sudah banyak, karena ketika animasi itu berlangsung anda tetap terkena pukulan dari alien yang menyerang anda.


Walaupun secara default menampilkan permainan secara First person, namun anda pun bisa menggantinya menjadi  3rd person. Croteam dengan serious engine 3 nya membuat grafis Serious Sam 3 ini sangat baik, tampilan texture nya cukup halus, lingkungan yang realistik dan karakter alien pun terlihat detail. Beberapa bangunan dan pilar-pilar pun dapat hancur dengan senjata-senjata berat seperti rocket launcher, peledak c4 maupun diseruduk oleh para alien yang berbadan besar. Darah banyak bermuncratan hingga melumuri senjata yang anda pegang. Ledakan-ledakan dan asap pun dihadirkan cukup baik, namun sayangnya ketika anda meledakan sesuatu, asap yang ada akan menutupi sekitar sehingga anda sulit untuk dapat melihat musuh dibelakang asap tersebut.

sudah pasti akan terjadi pertempuran yang sangat brutal

Jika anda bosan bermain sendiri, anda pun dapat memainkan secara co-op campaign bersama teman anda hingga 16 pemain baik secara online maupun lan dengan pilihan 4 mode gameplay. Selain itu Anda pun bisa bermain bersama-sama hingga 4 pemain sekaligus dalam 1 layar (split screen)

Anda dapat bermain co-op 2 hingga 4 pemain dalam 1 layar

Pros
+ Musuh yang datang bertubi-tubi tentunya seru dan menegangkan

Cons
–  Tidak ada minimap yang terkadang membuat bingung mencari jalan

Score : 8
Game gaya klasik namun dengan sentuhan gameplay masa kini, membuat game ini layak anda mainkan bagi yang ingin tantangan lebih dalam game shooter.

Minimum system requirements
Operating System:  Windows XP, Windows Vista or Windows 7
Processor:  Dual-core from Intel or AMD at 2.0 GHz or higher
Memory:  1 GB
Graphic :  nVidia GeForce 7800/7900/8600 series, ATI/AMD Radeon HD 2600/3600 or X1800/X1900 series
Hard drive: : 4 GB
Publisher: Devolver Digital
Developer: Croteam
Jenis:  First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa
Website resmi: http://serioussam.com/
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram