Review: Sound Blaster Recon3D Omega Wireless Headset

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 18 Jun 2013 | 5,625

Creative, salah satu brand terbesar di dunia dalam bidang sound card, kini terus melanjutkan misinya memperlebar sayap di bidang gaming headset. Sebelumnya yang Nixia kenal dari produk audio Creative ialah sound card dan headset seri Fatal1ty,namun kali ini Creative hadir dengan seri Sound Blaster Recon 3D Omega. Headset wireless ini sengaja dibuat sebagai salah satu standar produk gaming high-end dari Creative. Membawa nama Creative, berarti juga fitur audio terbaik sudah wajib dimiliki headset ini, dengan memiliki kualitas audio konfigurasi 7.1 Dolby Digital, yang mendukung perangkat PC, Mac, dan juga console Xbox 360/PS3.

Jika para gamer PC tidak pernah bermasalah menggunakan headset kabel (wired), mungkin hal itu akan menjadi masalah bagi para gamer console yang ingin menikmat game dengan headset sambil bersantai di sofa. Istimewanya dari headset ini adalah mendukung kebebasan ruang gerak kita untuk digunakan bersama console.

Unboxing


Box headset ini memiliki warna dasar hitam yang dilengkapi dengan gambar headset Sound Blaster Recon3D Omega di bagian cover-nya. Keterangan fitur di sisi-sisi dan bagian belakangnya juga tersedia dalam berbagai bahasa.

Unit Headset ini terbungkus lagi dengan box putih polos didalamnya, kemudian terdapat Sound Blaster Recon 3D transmitter, audio card Tactic link wireless, CD Instalasi driver, Manual book, microphone detachable, kabel Inline Volume control khusus untuk Xbox 360, kabel optic untuk langsung dipasang di controller Xbox360, dan 2 buah kabel micro-USB to USB. Dengan kabel USB extra tersebut kita masih bisa menggunakan headset ini sambil me-recharge battery headset.

Untuk menyalakan headset ini, anda dapat memasukkan Tactic Wireless card ke dalam slot yang dimiliki Sound Blaster Recon3D di bagian atasnya, kemudian pasangkan ke komputer atau console dengan kabel USB. Anda juga bisa memasangkan headset anda langsung ke port yang terdapat di bagian bawah controller stick Xbox 360.

Sound Card “Sound Blaster Recon 3D”

Soundcard Recon 3D eksternal yang bisa disebut sebagai dongle dari unit headset ini memiliki bentuk persegi panjang yang ukurannya sebesar telapak tangan. Dibagian tengahnya, kita bisa menemukan sekumpulan tombol-tombol yang dibentuk menjadi lingkaran, yang berisi tombol volume, mute, tombol aktifasi THX Studio dan tombol Scout Mode yang berfungsi untuk mempertegas arah suara. Pada bagian atasnya terdapat Optical port dan port micro-USB, dan juga port untuk wireless Tactic connectivity card yang bergunsi untuk menghasilkan konektivitas wireless hingga sebesar 2,4GHz.

Port pada bagian bawah sound card ini terdapat port untuk headphone dan audio out, sedangkan di sebelah kanan terdapat tombol slider untuk mengatur volume microphone, sedangkan pada slider sebelah kiri berfungsi untuk mengubah mode dari console ke PC sesuai pilihan.

Pada bagian atas sound card ini memiliki slot untuk menempatkan Tactic Wireless card yang berfungsi untuk menghasilkan konektivitas wireless sebesar 2.4GHz. Sebagai indicator, soundcard ini juga akan memiliki led berwarna biru di setiap tombol jika ada fungsi yang sedang kita aktifkan.

USB Sound Card yang sudah terkenal sebelum wireless headset nya dirilis ini sudah menggunakan processor quad-core yang mampu menjadi decoder untuk menghasilkan High Quality HD audio. Kemudian dipersenjatai juga dengan fitur decode suara dari Dolby Digital 5.1 dan THX TruStudio Pro, semakin membuat headset ini powerful tentunya. Namun sebenarnya fungsi asli dari sound card ini adalah untuk mendukung aktifitas gaming anda terlebih pada game ber-genre FPS untuk menghadirkan pengalaman 3D Audio.

Headset


Design dari body headset ini terbilang simple dengan bentuk agak kotak di tiap earcup nya, dan balutan bahan plastic berwarna hitam di seluruh sisi headset ini. Pada earcupnya juga terdapat logo Sound Blaster yang berada di dalam lapisan casing transparan seperti kaca, dan didalamnya pun terdapat highlight led yang akan menyala biru ketika headset dinyalakan. Tiap earcup dibekali dengan driver sebesar 50mm, yang menjadikan ukuran earcup tidak terlalu besar.

Karena headset ini menggunakan koneksi wireless, maka segala macam setting sudah seharusnya terdapat di unit headset itu sendiri. Dan pada headset ini, kita bisa menemukan pengatur volume, microphone mute, tombol power di sebelah kanan, sedangkan port mic dan USB dapat anda temukan disebelah kiri earcup. Microphone yang bisa dicopot-pasang ini juga telah memiliki fitur noise-cancelling, bentuk yang adjustable, dan busa diujung mic yang juga bisa dicopot-pasang.

Padding busa juga dimiliki pada bagian headband dari headset ini, sehingga dapat membuat nyaman saat dipakai. Walaupun bagian luar headband memiliki material plastic, namun jika ukuran headset diperbesar kita bisa melihat material besi di bagian dalamnya. Padding cushion juga dimiliki di tiap earcupnya, namun cushion ini tidak menutup suara dari luar headset ketika digunakan (tidak close ear) dan cocok bagi anda yang masih ingin mendengar suara dari luar ketika bermain game.

Software


Headset ini tetap bisa digunakan plug ‘n play dimanapun, namun Anda bisa menginstall Creative Software untuk men-setting konfigurasi dan equalizer headset. Anda juga menyimpan pengaturan favorit anda ke beberapa profile, dan memilih profil mana yang ingin anda load ke headset melalui software ini.

Performance


Nixia mencoba memakai headset ini untuk bermain game Crysis 3 dan Battlefield 3,  kedua game ini memiliki environment peperangan yang sangat detail dan complex mulai dari suara ledakan, kendaraan berat seperti tank, pesawat yang lalu lalang sembari menembaki, dengan SB Recon 3D Omega ini anda akan dimanjakan serasa berada di tengah-tengah peperangan tersebut. contoh saja ketika nixia mencoba masuk kedalam Kokpit pesawat di Battlefield 3 anda akan merasakan deruan mesin pesawat mulai dinyalakan seakan berada didalam nya, ketika diudarapun anda akan merasakan dengan tepat dimana pesawat musuh mengikuti anda. Suara yang dihasilkan ketika menembakan senjata pun terdengar sangat detail, contoh saja suara AK yang terdengar garang sesuai karakternya, dan M4A1 yang terdengar lebih halus dengan tambahan Silencernya, tidak hanya itu saja serpihan peluru yg keluar ketika anda menembakan pun terdengar sangat jelas.

Nixia pun mencoba game-game RPG seperti Diablo 3, di game ini music mencekam terdengar lebih jelas, namun tidak menutupi sound effect dari game sendiri, sebagai wizard nixia banyak mengeluarkan spell2 yang di ikuti oleh sound effect yang sangat kaya, sebut saja dalam satu serangan nixia harus mengeluarkan 4 spell sekaligus, Hujan Blizzard yang memberikan suara hujan yang di sertai es sangat jelas sekali, lalu mengeluarkan venom Hydra, memberikan serangan electric, dan finishing dengan laser Beam, suara yang dihasilkan headset ini benar-benar jernih, belum lagi ditambah dengan panah-panah demon hunter dan suara hentakan pedang barbarian ketika nixia bermain party online.

Tidak lupa nixia bermain Counter Strike Global Offensive untuk menjajal fitur Scout Mode yang dimilikinya menghasilkan surround sound khusus in-game, alhasil terdapat penambahan sensitivitas suara detail yang ada di dalam game, dan mode ini sangat membantu permainan, karena Nixia bisa lebih mudah mendeteksi di arah mana asal suara ledakan atau tembakan peluru berasal dan juga mampu mendengar step musuh lebih tepat.

Kualitas performa suara yang dimiliki Recond3D Omega Wireless ini mampu mengejar kualitas gaming headset merk lain yang juga mendukung konfigurasi 7.1, Sound Blaster berhasil memberikan kualitas dan sound effect di dalam game seperti reality dan inilah headset yang sangat cocok bagi para gamer FPS demi mementingkan kualitas suara terbaik.

Selain untuk gaming, Sound Blaster Recon 3D Omega ini juga memiliki performa yang bagus saat dipakai menonton film, kita bisa menyalakan fitur THX Pro Studio yang mendukung efek suara environment pada film. Sehingga anda dapat merasakan masuk ke dalam film, lagipula headset ini sangat nyaman untuk menonton film, karena anda masih dapat leluasa melakukan aktifitas lainnya.

Conclusion


Headset wireless memang menawarkan kenyamanan dan kebebasan lebih, ditambah dengan kualitas ternama dari Sound Blaster yang mampu menjangkau berbagai pengguna (tidak terbatas khusus untuk gamer). Terlebih lagi headset ini juga mendukung platform console PS3 dan Xbox360, bagi anda yang merasa gamer PC sekaligus console, headset ini cocok dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan audio anda. Headset ini di bandrol kisaran 2.6juta namun harga demikian sangat sepadan dengan kualitas nya.

Technical Specifications

Feature Description
Headphone
Driver Units: 50mm Neodymium magnet
Frequency Response: 20Hz ~ 20kHz
Impedance: 32ohms
Sensitivity: 102dB/mW
Microphone
Microphone Type: Noise Canceling Condenser
Frequency Response: 100Hz ~ 6.5kHz
Impedance: <2.2kohms
Sensitivity: -40dBV/Pa
Sound Blaster Recon3D
Playback: 24-bit Digital-to-Analog conversion (up to 48 kHz to stereo output)
Audio Inputs:
  • One 3.50 mm (1/8-inch) stereo jack for Microphone In
  • One 3.50 mm (1/8-inch) stereo jack for Aux In/Optical In
Audio Output: One 3.50 mm (1/8-inch) stereo jack for Analog Line Out or Headphones Playback
Interface: USB powered
Tactic Link™ Wireless Interface
Wireless Technology: Uncompressed 2.4GHz


Bundled Software

  • Sound Blaster Recon3D Control Panel optimized with LiveTouch™
  • THX TruStudio Pro effects
    • THX ® TruStudio Pro Surround™
    • THX ® TruStudio Pro Crystalizer™
    • THX ® TruStudio Pro Bass™
    • THX ® TruStudio Pro SVM™
    • THX ® TruStudio Pro Dialog Plus™
  • CrystalVoice effects
    • CrystalVoice™ Noise Reduction
    • CrystalVoice™ Smart Volume
    • CrystalVoice™ Acoustic Echo Cancellation
    • CrystalVoice™ FX
  • EAX effects
    • Advanced HD
    • OpenAL
    • Creative ALchemy


System Requirements

Minimum System Requirements

  • Intel ® Core™ 2 Duo processor 2.2GHz, AMD ® Athlon 64×2 Dual Core or equivalent processor
  • Microsoft ® Windows ® 7 64-bit, Windows 7 32-bit, Windows Vista® 64-bit(SP2) or Windows Vista 32-bit (SP2)
  • Macintosh OS X 10.5 and above (Intel-based machines only)
  • 1 GB RAM
  • USB 1.1 or 2.0 port
  • Available CD-ROM or DVD-ROM drive

Package Contents

  • Sound Blaster Recon3D
  • Tactic Link Wireless Slot Card
  • Sound Blaster Tactic3D Omega Wireless with detachable microphone and in-line volume control
  • Micro USB-to-USB Cable, Length 1.5m (4.92 ft)
  • Micro USB-to-USB Cable, Length 1.6m (5.25 ft)
  • Optical Cable, Length 1m (3.28 ft)
  • Installation CD (with User Guide)
  • Quick Start Guide
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram