Review | Speaker Krator Mars Gaming MG-21030

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 20 Mar 2012 | 1,164

Krator, sebuah brand Speaker baru namun telah memiliki beragam koleksi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna, seperti pada review sebelumnya dimana Krator berhasil membuktikan kualitas suara yang dihasilkannya . tidak sampai disitu saja untuk para Gamers pun, Krator memiliki edisi Mars yang memang khusus untuk Gaming Speaker. Game-game terbaru saat ini tentunya sudah memiliki kualitas suara yang super canggih, sehingga kurang lengkap jika kita menikmatinya dengan speaker biasa. Krator Mars hadir untuk memberikan pengalaman audio gaming yang membuat kita masuk ke dalam game itu sendiri. Mars Gaming sendiri terdiri dari 3 tipe. Yang pertama 2.1 dengan berkekuatan 60 watts, lalu 2.1 dengan 30 watts dan terakhir 2.0 dengan menggunakan koneksi USB 5 watts

Pada Review kali ini saya mencoba MG-21030 dengan 2.1 channel, memiliki 3 piece speaker system yang terdiri dari 2 satelit yang berukuran 3 inch dan sebuah subwoofer  5,25 inch yang terbilang cukup besar ini mampu menghasilkan sound effect game lebih jernih.

Speaker ketika dikeluarkan dari boxnya

Design yang unik dan futuristik

Speaker berwarna hitam glossy ini memiliki satelit yang berlapiskan metal untuk menampilkan kesan modern dan menambah karakter suara saat dalam volume tinggi. Selain itu bentuk bagian depannya yang dibuat sedikit miring 3-5 derajat sengaja dibuat untuk teknologi direct sound, sehingga suara dikeluarkan langsung ke arah telinga kita.

Terdapat silikon lembut pada kaki dan sisi belakang speaker

Bagian Bawah Subwoofer terdapat pula silikon lembut pada kakinya

Sedangkan sistem ventilasi tabung di dalam subwoofer Mars, dibuat melengkung agar dapat meningkatkan jarak transmisi suara dan menciptakan dentuman yang solid didengar.

Input dan Output speaker pada belakang Subwoofer menggunakan kabel RCA

Ventilasi tabung yang dibuat melengkung

Posisi Volume, Trebel dan Bass berada di sisi kanan Subwoofer

Untuk volume dan bass controller sendiri terdapat pada sisi kanan subwoofer, sehingga Anda dapat mengatur Volume, Bass dan Treble dalam jangkauan tangan Anda.

Gaming Performance.

Pada Speaker gaming biasanya akan memberikan suara Treble yang bright, jelas dan tidak cempreng. Serta di imbangi dengan dentuman Bass yang kuat serta solid untuk menghasilkan suara berat seperti ledakan maupun runtuhnya bangunan.

Suara deru engine Tank serta rantai besi roda tank sangat detail

Setelah melalui Burning dengan menggunakan musik-musik berbeat kencang selama 2hari. Saatnya saya mencoba kemampuannya di gaming. Game yang pertama kali saya test adalah Battlefield 3. Game ini mempunyai karakteristik suara yang sangat amat kaya dan kompleks, ditambah dengan luasnya area medan perang.  pada saat spawn saya langsung mencoba Tank M1 Abrams dan Krator menghasilkan suara yang jernih sehingga terdengar rantai roda yang bergerak dengan detail. Ketika sedang berlari full throttle pun deruan mesin Tank tidak menutupi suara trebel pada rantai maupun besi2 armor yg bergerak seputar roda. Suara yang dihasilkan ketika berada di dalam maupun diluar tank pun sangat baik. terlebih ketika anda menembakan canon, dentuman bass nya berasa sekali. Hal yang sama saya rasakan ketika menggunakan F18-Hornet ketika berada dalam cockpit deruan engine berasa teredam seperti anda berada didalamnya namun ketika anda mengganti view 3rd person suara pada mesin turbo jet berasa terdengar deruan-nya terlebih ketika anda mengaktifkan afterburner. Kemudian saya mencoba menaiki AH-1z helicopter tempur, disini saya merasakan hembusan baling-baling yang tampak nyata terlebih ketika mesin baru saja di nyalakan ketika anda menaikinya, hentakan misile yang anda keluarkan pun berasa sekali bassnya seperti suara “deb deb deb”. Saya pun mencoba beragam senjata terlebih suara AK-74 yang memiliki karakter suara cempreng dan kasar. Namun mars gaming mengimbanginya dengan bassnya yang lembut, gema-gema ketika menembakan didalam ruangan pun seakan menjadi nyata seperti anda didekatnya. Terakhir saya mencoba perahu dan menjauh dari medan pertempuran. Suara ombak yang membuat perahu bergoyang-goyang berasa jernih suara yg dihasilkannya. Ketika saya memainkan battlefield 3 ini saya menaiki setengah volume suaranya. Dan hasilnya ruangan saya seperti layaknya medan perang. suara ledakan-ledakan dan lalu lalang kendaraan dan jet-jet yang berterbangan membuat saya tidak bisa mendengar orang mengetuk pintu kamar saya. Saya pun memberanikan diri set volume full. Dan mencoba melamparkan granat serta menembakan RPG pada bangunan, dan hasilnya WOW, suara berasa sangat keras namun solid tidak pecah, membuat kamar saya seakan bergetar dan berasa runtuh ketika percikan tembok-tembok bangunan berjatuhan setelah dihantam RPG.

Positioning

Saya mampu mendeteksi posisi lawan dengan baik

Biasanya bagi para gamer pro, positioning sangat lah vital itu sebabnya mereka lebih banyak menggunakan Headset, untuk mendapatkan suara yang lebih dekat dan detail. Game yang saya coba tentu saja Call of Duty 4. Saya bermain selama beberapa jam mode Search & Destroy 5vs5. Dan hasilnya Mars Gaming memberikan posisi yang sangat tepat. Jarak jauh dan dekat dapat di prediksi dengan baik. posisi suara depan belakang kiri kanan pun sangat mudah anda dengarkan. Tidak hanya itu saja, Step yg beragam dapat anda dengarkan dengan detail. Seperti ketika musuh berjalan pada platform kayu, tangga besi, tanah, maupun rumput akan terdengar sangat jelas, sehingga anda tidak akan kesulitan menentukan dimana posisi musuh. begitu juga dengan game battlefield 3, anda akan mampu mendengarkan suara Jet-jet yang lalu lalang serta helikopter yg berada di atas dengan jelas dan baik . Pada mode Team Deathmatch BF3 terkadang ada beberapa background sound seperti tembakan-tembakan, yang bisa mengecoh kita apakah itu suara musuh atau bukan tapi dengan speaker ini saya bisa membedakan dengan jelas yg mana suara background dan suara aslinya. Saya pun mencoba pada game-game online lokal yang memiliki kualitas suara pas-pasan. Seperti Crossfire dan pointblank. Suara yg dihasilkan memang terbilang monoton, namun disini saya membutuhkan posisi langkah musuh dengan tepat, dan Krator mars gaming sekali lagi mampu mengeluarkan suara lebih jelas. dengan speaker ini saya jarang sekali menggunakan Headset ketika clan war di rumah.

Environment &  Ambience.

Aliran sungai, kicauan burung, dan hembusan angin yg terdengar seakan membuat suasana damai

Saya pun mencoba bermain game-game yang memiliki suara yang kaya akan lingkungan hidup, salah satunya adalah Skyrim. Sebenarnya pada battlefield 3 pun cukup terdengar baik. namun di Skyrim anda bisa merasakan suara-suara yang dihasilkan oleh alam dan binatang-binatang sekitar lebih jelas dengan menggunakan speaker ini. Suara burung, jangkrik dimalam hari, derap kuda dan aliran sungai terdengar sangat nyata. Besarkan saja volumenya dan anda akan merasakan sedang berada di dunia Skyrim. Pada Game GTA IV dan Cities XL suara lingkungan padatnya kota, lalu lalang kendaraan dan ramainya orang-orang kota pun terdengar dengan cukup baik.

Background Music dan Sound

Background sound pada Alan Wake ini sangat mencekam

Hampir kebanyakan game memberikan background music yang akan membuat anda terlena dalam permainan. Namun biasanya tidak berpengaruh karena suara yang dihasilkan terkadang kurang maksimal. Saya pun mencoba game Alan Wake dan FEAR 3 yang memiliki background music yg mencekam dan menegangkan. Sound-sound ini biasanya sangat sayup-sayup namun kemudian mengagetkan. Suara sayup-sayup ini mars gaming mampu mengeluarkan nya dengan jelas tanpa harus menaikan suara volume lebih tinggi, dimana ketika datang suara yg mengagetkan tidak terdengar lebih besar yg bisa saja mengagetkan kamar sebelah.

Kemudian saya pun mencoba bermain Test Drive Unlimited 2 dan Need For Speed The Run, yang memiliki background music keras, trance dan hip hop. Tentu saja walau dengan deruan mesin yang detail, terlebih ketika anda menggunakan mobil muscle seperti camaro atau mustang bass yang solid tidak menutupi background music keras yang sedang berjalan. Sehingga hasilnya akan menambah adrenalin anda untuk memacu kendaraan lebih cepat.

Movie Dan Music

Saya pun sempat mencoba speaker ini untuk menonton Film HD Transformers 3. Sebuah film yang kaya akan ledakan dan sound effect futuristik. Suara surround left-right yang di hasilkan nya sangat mengagumkan. Suara ledakan-ledakan, runtuhnya gedung dan effect robot yang sedang transform terdengar detail dan tidak pecah ketika volume di maksimalkan. Saya cukup puas menonton film menggunakan Speaker ini.

Untuk musik sendiri sound ini cukup baik. terlebih untuk lagu-lagu berbeat dan rock. Saya sempat mencoba music rock Dream Theater, Take The Time dan Under Glass Moon yang menggunakan Double Pedal yang kuat. Dentumannya berasa solid sekali. saya pun mencoba dengan musik berjenis akustik, Back to december Taylor Swift versi akustik serta Jar of Hearts nya Christina Perri, detail pada vocalnyapun cukup terdengar dengan baik.

Overall saya cukup puas dengan speaker seharga Rp. 850.000,- ini terlebih ketika digunakan dalam bermain game dan menonton movie.

Dalam paket penjualannya Mars MG-21030 terdiri dari 1 set speaker, User Guide, Kartu Garansi, dan kabel 3,5mm to RCA.

Mars MG-21030 memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Power output                    :  30 Watt RMS

Output Impedance         :  4 ohm

Frequency Response     :  20Hz-20KHZ

Distortion                            :  ≤ 10%

Signal to Noise                  :  ≥ 75dB

Speaker Unit Drivers      :  Satellite 3″ full-range (each),  Subwoofer 5.25”driver

Dimensions                        :  Satellite W112*H170*D90mm (each), Subwoofer W262*H285*D260mm

Audio Input                        :  RCA

Harga                                  : Rp. 850.000,-

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram