Review | Steelseries COD Black Ops II

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 03 Mar 2013 | 6,154

FUTURE MOUSE FOR FUTURE GAME

Steelseries kembali mengeluarkan sebuah Gaming Mouse dimana kini menggandeng sebuah brand Game terkemuka di dunia yaitu Call of Duty Black Ops II, sebuah game yang bertajukan peperangan futuristik.

Gaming Mouse COD : BO II ini sengaja di design agar setiap fans, gamer maupun kolektor dapat merasakan sensasi yang berbeda ketika bermain menggunakan Gaming Mouse ini dikarenakan setiap fungsi dari button yang tersedia sudah di design sesuai dengan gameplay game tersebut.

Sebelum membaca review lebih lanjut, mari kita simak video Nixia unboxing Mouse ini:

BOX

Box BO II ini berbalut warna hitam dengan bagian Cover terlihat tulisan besar Call of Duty Black Ops II dengan sebuah gambar seseorang dengan pistol yang menjadi ciri game Black ops II, dan juga gambar mousenya sendiri di tengah yang cukup besar, serta logo Steelseries pada bagian kanan bawah berwarna putih

Seperti Box Mouse Steelseries pada umumnya cover dapat dibuka dan dapat ditutup kembali dengan menggunakan Velcro kecil pada ujungnya, dan dibalik Cover anda dapat menemukan beberapa kata-kata dari Steelseries dalam 5 bahasa yaitu English UK, English USA, France, Spain, Germany dan juga terdapat image dari Mouse ini dari tampak agak serong depan dan sebuah Slogan besar yang diberikan oleh Steelseries untuk Gaming Mouse ini “THE FUTURE IS BLACK”, lalu pada bagian kanan-nya terdapat logo STEELSERIES dan Mouse yang dilindungi dengan Mika transparant berbentuk Mouse, sehingga anda bisa merasakan menggemgamnya tanpa harus mengeluarkan dari box.

Pada sisi  Box terdapat tulisan Call of Duty Black Ops II Gaming Mouse dan 2 buah image dari Mouse ini dan sebuah logo kecil Steelseries, kemudian Pada bagian belakang Box terdapat spesifikasi mengenai Mouse ini yang juga dalam 5 bahasa, Barcode produk, logo Activision, dan logo Treyarch yang merupakan perusahaan pembuat game COD versi ini.

ketika di buka terdapat Gaming Mouse , Booklet Quick Start, brosur produk Steelseries, dan sebuah Stiker Steelseries.

GAMING MOUSE

Gaming Mouse BO II ini memiliki karakteristik hitam secara keseluruhan dengan kesan warna dof.  Steelseries tetap memepertahankan nilai Simplicity, dan nyaman digunakan baik tangan kiri maupun tangan kanan. Mouse dibalut karet Matte yang nyaman untuk dipakai, karet ini ditujukan agar tangan tidak berkeringat, Anda dapat menggenggam dengan presisi sekaligus nyaman, dan anti slip sehingga Mouse tidak licin disaat digunakan dalam kecepatan gerak tinggi.

Memiliki Design Futuristik yang bercirikan game itu sendiri dengan garis-garis blur berwarna orange gelap dibagian atas dari Mouse ini dan sebuah tulisan Call of Duty Black Ops II pada bagian Button Left Click. Terdapat sebuah bulatan kecil dan Button kecil pada bagian belakang Button Scroll yang berfungsi sebagai indicator sekaligus DPI Changer sehingga Anda dapat mengganti DPI Mouse disaat bermain. Secara basic, Gaming Mouse Call of Duty : Black Ops II ini mengadopsi Design dari Steelseries Sensei RAW.

Salah satu yang unik pada mouse ini adalah tidak ditemukan Logo atau apapun pada bagian atas Mouse ini, tetapi ketika anda memasang mouse ini, terlihat logo yang menyala pada bagian belakang/Tail dari Mouse dengan LED Light berwarna orange yang bebentuk Logo II yang diambil dari tulisan pada Black Ops II, ini merupakan 1 keunikan tersendiri dimana umumnya Tail Light selalu menggunakan Logo dari Steelseries, dan bukan itu saja Button Scroll pun juga menyala orange.

Pada bagian sisi kiri dan kanan Mouse ini terdapat 2 buah Button yang berarti secara keseluruhan Gaming Mouse ini memiliki 8 Button yaitu Left Click, Right Click, Scroll Click, DPI Button, Left-Right yang berjumlah 4 Button dimana kesemua Button tersebut dapat di setting sesuai dengan keinginan Anda.

Pada bagian bawah Mouse terdapat 3 buah Mousefeet yang dapat diganti apabila telah tipis atau dapat ditambah apabila dirasa kurang tinggi, sebuah Logo Steelseries yang di deboss pada body Mouse, sebuah plat kecil berisi sedikit mengenai Mouse ini dan 1 buah Lubang Laser yang bertuliskan Steelseries Gaming Grade Engine dimana Mouse ini sudah menggunakan teknologi Laser. kabel Mouse lebih tebal dibanding Mouse Steelseries Kinzu/Ikari yang juga sama dibalut dengan kain anyaman.

FEATURES

Gaming Mouse ini sudah Plug and Play yang berarti anda cukup memasang pada PC/Laptop dan Mouse ini siap untuk digunakan, namun anda dapat meng-customize Mouse ini menggunakan driver Steelseries Engine dimana anda harus mendownloadnnya karena tidak disertakan dalam paketnya. Anda dapat mendownload dengan besar File 42.2MB pada situs http://steelseries.com/support/downloads dan juga dapat mengupgrade Firmware dengan besar File 3.9MB juga dari situs yang sama.

Disaat Driver dijalankan setelah instalasi, terdapat indicator Device pada bagian Kiri Panel yaitu hardware steelseries apa saja yang sedang terkoneksi, lalu bawahnya terdapat Default Profile dari Gaming Mouse ini yang terdiri dari 3 Profile : Call of Duty Black Ops II, Steelseries Default, dan vVv Doomhammer – Black Ops II pada bagian Custom Profile anda dapat meng-add New Profile dan Anda tinggal memilih fungsi dari setiap Button pada panel Button Assignements di bagian tengah program. Anda dapat mengganti nama fungsi dari setiap Button juga berikut warna, dan jenis Action yang akan dilakukan Mouse disaat Button tersebut ditekan.

Pada bagian Tab Setting Anda dapat melakukan beberapa perubahan pada DPI yaitu disaat buletan kecil dibagian belakang Button Scroll akan mengindikasikan settingan mana yang akan digunakan, apabila Anda Set LED OFF 1350 DPI dan LED ON 3240, berarti disaat Anda tekan dan lampu LED menyala pada saat itu Mouse sedang dalam posisi 3240 DPI begitupun dengan LED OFF.

DPI dapat diSetting dengan tingkat paling rendah yaitu 90 hingga paling tinggi yaitu 5670 DPI. Polling Rate ada baiknya tetap di Setting pada 1000Hz, karena semakin Tinggi Polling Rate maka semakin cepat Mouse mengirimkan data ke PC sehingga dapat merespon dengan kecepatan yang tinggi pula.

Illumination Intensity untuk mengatur tingkat kecerahan cahaya orange LED pada Mouse, Pulsation mengatur apakah Tail Light ini dibuat Pulse/berdenyut atau statis menyala.

Selanjutnya pada Tab Properties anda dapat membuat secara otomatis mengaktifkan profile yang anda inginkan ketika menjalankan program yg anda pilih.

TEST THE HARDWARE


Nixia melakukan pengetesan Steelseris COD : BO II ini  menggunakan Notebook Gaming MSI GT70 dan Mouse Pad Steelseries QCK Mass dengan bermain beberapa game yaitu Call of Duty : Black Ops II, Medal of Honor Warfighter, dan Battlefield 3 Multiplayer. Pada game COD : Black Ops II semua setting-an di design Default Call of Duty dan semua Button merespon dengan cepat disaat menekan-nya, gerakan Mouse yang halus membuat view disaat bermain game ini tidak kabur atau melenceng dari presisi Mouse, Tombol Button empuk disaat ditekan dan respon Mouse dan Default Button Mouse memang sangat dikhususkan untuk game Call of Duty : Black Ops II.

Disaat bermain Medal of Honor : Warfighter pun tetap presisi dan tidak ada kendala stack/slip Button, pergerakan Mouse cepat, halus, dan persisi membuat ingin terus menggenggam Mouse ini. Begitupun pada Battlefield 3 Multiplayer dimana Anda dituntut untuk bergerak sangat cepat dan responsive dalam bermain, gerakan cepat pandangan dan gerakan Karakter diharuskan lincah disinilah Gaming Mouse ini menunjukan kemampuannya yang ternyata dijawab dengan baik oleh Gaming Mouse ini.

CONCLUSION

Steelseries Call of Duty Black Ops II mengadopsi Steelseries Sensei RAW yang merupakan seri Gaming Mouse tertinggi dari seluruh jajaran Steelseries Mouse. Bentuk Mouse yang simple dan pas ditangan, design futuristik yang memukau, Tail Light yang khas Black Ops II menambah daya tarik baik untuk Gaming Mouse ini. Button yang berlimpah pun memudahkan Anda untuk menggunakan Macro untuk game MMOFPS maupun MMORPG. Glide yang berciri khas Steelseris juga membantu Mouse ini “menari” dengan cepat diatas Mousepad, Steelseries juga tidak lupa menyematkan DPI Changer dan Polling Rate agar Mouse dapat merespon dengan baik pergerakan dari tangan.

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram