Review | Steelseries Flux

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 30 Jan 2013 | 5,260

Would make your life more colorful all time and everywhere!


STEELSERIES sebagai salah satu brand Gaming Gear terbesar di dunia mengeluarkan sebuah headset yang cukup handal untuk dimiliki, yaitu STEELSERIES FLUX. Headset ini ditujukan oleh Steelseries kepada Gamer maupun non Gamer yang ingin mendengarkan musik atau menonton movie. Headset simple namun memiliki kualitas suara yang tidak se-simple tampilan fisiknya, dengan beberapa fitur menarik untuk meng-customize bentuk fisik dari FLUX mulai dari pengantian Side Plate kiri dan kanan, Sound Block Cushions, hingga Detachable Cable System. Steelseries FLUX sangat cocok dibawa apapun kondisinya baik Traveling, Shopping, maupun Gaming karena bentuk FLUX yang sangat simple dan mudah dibawa kemana-mana tanpa takut rasa berat maupun sulit tempat untuk menyimpan Headset ini, Headset Steelseries FLUX memiliki 2 warna yaitu White dan Black Edition, pada kesempatan kali ini Black Edition yang akan dibahas mari kita lihat satu per satu mengenai Steelseries FLUX.

BOX


Cover Box headset ini merupakan mika clear dengan border tebal berwarna orange dan terdapat tulisan FLUX besar di bagian atas dari Cover ini disertai logo Steelseries pada bawah kiri Cover dan website dari FLUX. Pada Side Box sebelah kanan terdapat penjelasan mengenai beberapa fitur dari FLUX dalam 4 bahasa yaitu Inggris, Perancis, Spanyol, dan Belanda, pada Side Box sebelah kiri terdapat 3 buah gambar mengenai fitur dari FLUX, image pertama yang menjelaskan kalau headset ini dapat di detachable kabelnya dan dapat ditekuk sehingga mudah untuk dibawa traveling, image kedua penjelasan mengenai kabel dapat dipasang pada sisi kiri atau kanan dari headset dan compatible dengan PC atau MAC, sedangkan image ketiga menjelaskan 3 hal yang dapat dicustom dari FLUX adalah Side Plates, Cushions, dan Kabel. Pada Back Box terdapat logo Steelseries besar yang berbentuk deboss, dan pada bagian Bottom Box terdapat spesifikasi dari headset Steelseries FLUX ini.

Pada bagian dalam dari Box terdapat rangka abu-abu tempat meletakan headset yang terbuat dari sejenis bludru, dan apabila diperhatikan terdapat 2 buah kabel yang dapat dipilih penggunaannya, ketika rangka abu-abu diangkat terdapat 1 buah stiker Steelseries, Steelseries booklet, Quick Start Guide, brochure mengenai custom dari Flux, dan tata cara penggunaan Flux.

HEADSET

Steelseries FLUX memiliki bentuk seperti headset akan tetapi sedikit lebih kecil, dan seluruh body dari headset ini dibalut warna hitam solid. Material dasar dari headset ini adalah plastik solid yang kuat dan karet pada bagian Headrest, dan terdapat emblem Steelseries berwarna silver yang cukup mencolok apabila disaat kita menggunakan headset ini.

Earcup dapat di putar sekitar 90 derajat kearah dalam dan kearah luar sekitar 5-10 derajat, membantu disaat kita melepas dan memakai FLUX. Bahan dari Earcap/Cushion merupakan busa empuk dibalut dengan kain lembut yang membuat telinga tidak sakit disaat menggunakan headset ini dalam waktu jangka panjang.

Dengan karakteristik Cushion yang empuk dan busa yang tebal menghasilkan Noise Isolation dimana tidak ada 1 suarapun yang bocor dari luar masuk kedalam telinga disaat sedang menggunakan FLUX dan sedang mendengarkan music/movie/game, sangat isolation sangat cocok bagi anda yang tidak ingin terganggu dengan aktivitas menggunakan FLUX ini.

Sidepanel terbuat dari plastik yang memiliki magnet dan dapat diganti dengan warna lain yaitu putih, hitam, abu-abu, hijau, biru, dan merah dengan membeli lagi aksesoris pada Steelseries shop. Detachable Wired System/Kabel yang mudah dicabut pun dapat diganti dengan warna-warna lain seperti putih, hitam, merah, orange, biru dan hijau, dan hebatnya dikedua Earcap sama-sama memiliki lubang Jack 3.5mm sehingga memudahkan anda untuk memasang Jack 3.5mm pada Earcap kiri atau Earcap kanan, dan seandainya anda memasang pada Earcap sebelah kiri maka teman anda yang memiliki headset/headphone yang menggunakan Jack 3.5mm dapat memasang Jack-nya pada Earcap sebelah kanan sehingga dapat mensharing lagu/sound yang sama [Share With Your Friend]. Soundblock Ear Cushions juga dapat diganti dengan warna lain seperti putih, hitam, merah, hijau, biru, dan abu-abu. Headset ini memiliki fitur lain yaitu terdapatnya engsel di kiri dan kanan atas dari headset sehingga headset dapat dilipat sehingga memudahkan disaat penyimpanan karena tidak diperlukan space yang banyak.

Headset ini memiliki 2 jenis wired Jack 3.5mm, yang pertama kabel memiliki panjang 130cm dengan sebuah controller Mute-Unmute yang dilengkapi dengan Mic serta memiliki 2 ujung 3.5mm yaitu untuk Headphone dan Microphone yang dapat dipasang pada soundcard anda, yang kedua sebuah kabel yang memiliki panjang sekitar 120cm dengan memiliki controller Mic yang lebih berfungsi sebagai headphone ketimbang headset dikarenakan bentuknya yang lebih ramping dan ujung dari Jack 3.5mm yaitu L Shape Plug bukan Straight Plug. Mic pada Flux tidak memiliki keterangan Noise Cancelation yang berarti suara cukup bocor masuk kedalam Mic, tetapi pada faktanya tidak terlalu bocor seperti pada umumnya headset Non-Noise Cancelation.

TEST THE HARDWARE

Music :

1.            Dream Theater – Dance of Eternity (08:46)
MP3 :: 44 kHz, 320 kbps, 20.01MB
2.            Taylor Swift – Begin Again (03:57)
MP3 :: 44 kHz, 320 kbps, 9.58MB
3.            Owl City Feat Carly Rae Jepsen – Good Time (03.26)
MP3 :: 44 kHz, 320 kbps, 8.03MB
4.            Incubus – I Miss You (02.48)
MP3 :: 44 kHz, 320 kbps, 6.44MB

Music Conclusion

Pemilihan musik-musik diatas karena sanggup mewakili sejumlah genre musik pada umumnya yang masih bisa dikategorikan sebagai Bass-Treble-Middle Killer. Dream Theater band legendaries yang sudah sangat terkenal dikalangan musisi dunia band yang memiliki komposisi instrumental yang sangat kaya dan FLUX berhasil memisahkan instrument keyboard dan distorsi dari guitar dan efek dari bass walau ditemukan suara agak bergulung tetapi tidak mengganggu kualitas dari music yang dihasilkan. Taylor Swift mewakili genre lagu pop jaman sekarang yang memiliki Beat Bass yang kuat namun suara instrument dari Acoustic Guitar tetap terdengar berkarakter, apa yang terjadi disaat lagu Taylor Swift Begin Again didengarkan menggunakan FLUX? Hasilnya menakjubkan Bass terasa hingga ke dada dan suara vokal dari Taylor Swift tidak hilang dan suara Guitar masi terdengar sangat jelas, begitu pula dengan Owl City sebagai seorang DJ yang memiliki banyak improvisasi dalam setiap lagu-lagunya dan dentuman Bass pada lagu Good Time membuat FLUX layak diacungkan jempol, Bass sangat terasa ditelinga hingga ke dada dan menimbulkan sensasi yang mantab untuk dicoba pastinya dengan menggunakan Steelseries FLUX. Tes terakhir Steelseries FLUX menggunakan lagu Incubus yang berjudul I Miss You, incubus sendiri merupakan band Rock yang tidak pure Rock melainkan perkawinan dengan Synthesizer dan DJ Turn Table dan pada lagu ini FLUX mengeluarkan karakter asli dari Incubus dan membuat dentuman drum dan suara Bass tetap stabil pada jalurnya dan asyik disaat mendengarkan dengan FLUX.

=========================================================================================

Movie

HD 1080p

TRON : LEGACY (2012)

the.dark.knight.rises.2012.1080p.bluray.dts.x264-publichd.mkv (17.74GB)

3 Composer – Salah Benar (2012)

3 Composer – Salah Benar.mp4 Codec : H264-MPEG-4 AVC Sample Rate : 44100Hz MPEG ACC (14.3MB)

Movie Conclusion

Suara yang dihasilkan oleh film Tron sangat sulit di deskripsikan karena pada Dolby Surround Theater sendiripun belum mampu suara diterjemahkan dengan baik pada setiap telinga penonton, dan FLUX ditantang untuk dapat mengeluarkan suara dari Tron dan hasilnya cukup baik, dimana suara motor dan Line yang dihasilkan disaat pertandingan The Grid terdengar futuristic dan keren. Backing sound pada film Tron pun terdengan baik walau terkadang bergulung disaat bunyi Guntur atau disaat pesawat pengangkut pasukan CLUE lewat, overall tetap sangat layak untuk dimiliki. Pada pengujian MP4 rip dari Youtube untuk lagu 3 Composer FLUX sangat mampu membedakan suara vokal yang pecah menjadi 3 dan suara 2 piano yang digunakan, suara Effect Guitar yang di keluarkan pun terhitung baik, dan FLUX mampu menerjemahkan balanced dari lagu Salah Benar ini.

=========================================================================================

Game

1. Call of Duty : Black Ops II (2012)
2. Medal of Honor Warfighter (2012)
3. Battlefield 3 Multiplayer (2011)
4. Far Cry 3 (2012)


A. Positioning

Pengujian Positioning menggunakan game Far Cry 3, sebuah game keluaran Ubisoft pada tahun 2012 one of the best game of the year dengan kualitas Graphic dan Sound yang bagus. Positioning pada Far Cry 3 sangat mendalam dalam hal headset harus mampu memberikan posisi dari musuh, kendaraan yang melintasi daerah sekitar, bunyi pergerakan binatang berikut dengan suara dari binatang tersebut, suara gesekan sepatu pada rumput maupun air dan yang paling hebat adalah suara angin dan suara hujan.

FLUX mampu memaparkan dengan baik letak dimana orang sedang berjalan dan sedang berbicara, mampu menjabarkan suara binatang dan suara gesekan dari rumput akan tetapi beberapa saat dimana back sound juga tampil maju kedepan, suara-suara yang lain seperti fade away sehingga membuat bingung kita dalam memilah letak dari target kita, kemungkinan terbesar adalah kesalahan pada komposisi lagu yang coba ditampilkan oleh Ubisoft dalam hal ini selaku developer dari Far Cry3, akan tetapi jangan khawatir dengan positioning pada game lain yang notabenenya headset ini merupakan salah satu kreasi dari pembuat Gaming Gear Steelseries yang secara otomatis akan memikirkan aspek disaat kita bermain game.

B. Environment & Ambience

Pengujian Environment & Ambience kembali menggunakan game Far Cry 3 dan Medal of Honor : Warfighter. Far Cry 3 dinobatkan salah satu game terbaik didunia karena selain memiliki kualitas grafis yang wah dan juga memiliki audio sound yang wah juga dalam hal environment game yang sangat luas. Padang rumput yang luas, diatas gunung dan disaat menggunakan Wingsuit suara yang dihasilkan oleh FLUX bagus dan mampu membawa suasana seperti hutan/lingkungan yang ada pada game Far Cry 3, begitu pula dengan MoH Warfighter yang mampu menampilkan suara dentuman bomb, suara tembakan, suara peluru yang seakan-akan melesat melewati samping dari telinga membuat kita menjadi tegang seperti sedang berada di medan perang serta suara radio yang dihasilkan pun sangat real.

C. Background Music and Sound

Pengujian Background Music dan Sound menggunakan Battlefield 3 dan Call of Duty : Black Ops II. Music dan secara keseluruhan Black Ops II memang menjadi daya tarik sendiri bagi penggemar COD tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi Gamer yang mencoba bermain Black Ops II dengan menggunakan FLUX, karena FLUX tidak mengurangi sedikitpun suara yang ada pada game baik Battlefield 3 maupun COD Black Ops II. Suara teriakan, backsound pada menu, dan suara-suara lain yang futuristic maupun suara gerakan Drone pada Black Ops II terdengan jelas.

CONCLUSION

Sebuah headset multifungsi yang dapat digunakan dalam segala jenis acara, dari traveling, menunggu jadwal penerbangan di airport, sekedar mendengarkan music dengan mp3 atau ipod, bermain PSP/NDS, menonton dengan Tablet, melakukan komunikasi dengan teman menggunakan notebook, hingga bermain game menggunakan PC semuanya dapat dilakukan dengan hanya cukup 1 buah headset. Design simple yang tidak kaku atau terlihat monoton dan tidak terlihat seperti headset gaming tapi lebih kepada headphone casual tetapi memiliki fungsi yang berlimpah.

Custom yang menarik membantu melepaskan kebosanan kita terhadap 1 jenis warna saja, ditambah fitur-fitur yang diberikan menarik seperti sharing with friend sehingga tidak dibutuhkan 2 music player untuk mendengarkan 1 lagu yang sama atau tidak perlu lagi bertukar-tukar headset untuk sekedar menonton movie/bercakap-cakap dengan rekan dengan menggunakan VOIP, semuanya sudah menyatu dalam FLUX.

NILAI PLUS :
–         Bentuk Simple, Compact, Elegant
–         Mendapatkan 2 kabel dengan controller Mic
–         Side Plates, Cushions, Cable dapat di custom dengan warna-warna lain yang lebih bervariasi
–         Dapat compatible dengan sebagian besar Gadget yang menggunakan Jack 3.5mm
–         Cocok dipakai untuk mendengarkan musik, menonton film, VOIP, dan Gaming
–         Kualitas suara sangat baik dan tidak kalah dengan headset/headphone merk lain
–         Ide dari Steelseries yang memadukan Gaming dengan Lifestyle dinilai sangat berhasil
–         Noise Isolation sangat bagus sehingga suara sangat kedap
–         Memiliki fitur menarik yaitu Share With Friends, kabel dapat dicolok dikiri/dikanan headset, dll
NILAI MINUS :
–         Harga terlalu tinggi
–         Tidak mendapatkan Soft pouch/apapun tempat menyimpan headset ini
–         Untuk sebagian orang akan lebih baik apabila dapat build-in EQ
–         Microphone belum Noise Cancelation
TECH SPECS:
Headphones

  • Frequency response: 18 – 28000 Hz
  • Impedance: 29 Ohm
  • [email protected] 1kHz, 1 Vrms: 118 dB
  • Cable length: 2m
  • Jacks: 3.5 mm
  • Microphone

  • Frequency response: 50 – 16000 Hz
  • Pick up pattern: Omni-directional
  • Sensitivity: -38 dB
  • Share

    Ad

    Aiming Practice

    NXA-Ladies Team

    NVIDIA - Geforce GTX 1060

    MSI Gaming Notebook

    MSI Indonesia Components

    NXA-Ladies Team

    MY RAPTR LIVESTREAM

    Instagram