Review | Steelseries Free Controller

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 04 Mar 2013 | 6,050

Steelseries Free – Mobile Wireless Controller for Gaming On The Go…

Melihat berkembangnya dunia game mobile saat ini, membuat SteelSeries menghadirkan periferal gaming mobile khusus yang cocok untuk kebutuhan mobile gaming anda. Memperkenalkan Steelseries Free mobile wireless controller, jika dilihat dari namanya sendiri sekilas “Free” merupakan nama yang umum dan tidak terlalu cocok dijadikan sebuah nama barang.

Namun, mungkin nama Free sengaja dipakai sesuai dengan fungsi nya yaitu controller wireless yang bebas dimainkan dimana saja, tanpa perlu kabel, tanpa perlu repot bermain dengan cara menyentuh sambil memegang gadget anda lagi.

Sebelum membaca review lebih lanjut ada baiknya melihat dulu video Unboxing dan testing Steelseries Free ini di sini :


Steelseries Free adalah sebuah controller gaming wireless yang mengandalkan Bluetooth untuk konektivitas nya, compatible dengan iPhone, iPod touch, iPad, Android device, dan bahkan pada PC Windows atau Mac.

Steelseries Free on the box

Seperti diketahui judul game mobile saat ini terus bertambah dan juga sangat mudah didownload untuk gadget anda, namun terkadang memainkan games dengan controller langsung di layar sentuh pasti terasa lebih sulit dan memiliki tactile yang kurang responsif. Misalnya saja saat bermain game shooters, pastinya layar sentuh akan membuat aiming anda kurang akurat sehingga anda tidak bisa menikmati game tersebut.

The Unboxing...

Controller Free ini masih dalam bentuk tradisional namun dengan ukuran yang lebih compact, bahkan lebih kecil daripada iPhone, menjadikannya ringan digenggam tangan karena bentuknya yang kecil. Mungkin bagi anda yang berukuran tangan besar akan sedikit bermasalah dengan ukuran controller ini.Namun dengan bahan rubber di permukaannya dan finishing yang rapi dan kokoh pasti akan membuat anda nyaman dan melupakan ukuran controller ini saat bermain game. Design yang ber-countour mengikuti genggaman tangan juga menjadi kunci kenyamanan Free.


Steelseries Free memiliki layout tombol-tombol yang tentunya familiar dengan controller kebanyakan. Terdapat tombol D-Pad di sebelah kiri, 2 analog stick, tombol A&B, tombol 1,2,3,4, dan 2 buah tombol shoulder.

Untuk menyalakan controller ini, cukup dengan menekan dan menahan tombol A selama 3 detik, dan untuk pairing nya juga mudah dengan menahan tombol A & B bersamaan. Untuk menandakan controller ini telah terhubung dengan gadget anda, terdapat lampu led di dekat tombol A, yang akan berkedip 1 kali untuk device Android dan PC, dan 2 kali kedip untuk device iOS.

Controller ini juga dilengkapi dengan kabel mini USB connector untuk charging, Anda bisa men-charge controller Free dengan menghubungkannya ke port USB di komputer atau ke power adaptor USB. Kabel ini juga berfungsi saat Anda ingin men-sync pengaturan mapping tombol pada Steelseries Engine software di PC anda. Pada Steelseries Engine ini anda bisa mengganti-ganti semua fungsi tombol sesuai yang anda inginkan dengan mudah.

Performance Testing


Nixia menggunakan iPhone untuk bermain game menggunakan Steelseries Free controller. Jika dilihat dari daftar kompatibilitas game yang terdapat di website Steelseries, tercatat bahwa pilihan game yang sudah mendukung Steelseries Free paling beragam dan paling banyak dibandingkan dengan jumlah game untuk Android.

Nixia pertama mencoba game Temple Run, semua tombol berfungsi dan mewakilkan semua fungsi game endless run ini, baik itu jump, slide, right, left, bahkan untuk tilting nya bisa dengan mudah dilakukan dengan menggerakkan analog stick ke kiri dan ke kanan. Menjadi lebih mudah dan responsif dengan controller ini daripada harus bermain dengan memiringkan iPhone nya. Game lain seperti Midway Arcade, League of Evil dan Retro Racing juga bisa Nixia mainkan dengan lancar dan tanpa ada suatu masalah dan pastinya menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika dimainkan dengan controller ini.

Untuk game PC, Nixia menggunakan game Call of Duty: Black Ops II pada notebook gaming MSI GT70. Layaknya menggunakan controller biasa, mapping tombol Free juga sudah otomatis fungsi-fungsinya untuk game FPS. Analog stick yang responsif membuat aiming musuh mudah dilakukan, terlebih bagi anda yang sebelumnya terbiasa menggunakan controller console untuk bermain game FPS. Tombol shoulder yang dibuat memanjang dan menempel antara yang kiri dan kanan membuat jari terasa nyaman dan ‘click’ saat menggunakannya sebagai tombol ‘fire’.

Controller ini memiliki body dari rubber membuat grip di tangan semakin nyaman dan tidak licin, saya bisa menggunakannya berjam-jam tanpa terasa pegal. Untuk ketahanan battery nya, Steelseries mengklaim bahwa controller ini mampu menyala hingga 10 jam lebih saat bermain wireless, dan jika jarang digunakan dapat bertahan hingga lebih dari 20 jam. Power save otomatis juga berfungsi untuk mematikan controller setelah 20 menit idle ketika telah tersambung dengan device, dan 3 menit idle jika belum tersambung.

Untuk mendukung gaming mobile anda, Steelseries juga menyertakan soft case untuk menyimpan controller Free ini.

CONTROLLER LAYOUT
1. DPAD
2. Left Analog Stick
3. Right Analog Stick
4. Button 1
5. Button 2
6. Button 3
7. Button 4
8. Mode Select
9. Power Button & LED Indicator
10. Left Shoulder Button
11. Right Shoulder Button

SIZE & WEIGHT
Length: 108mm
Width: 55mm
Thickness: 20mm
Weight: 54 grams

Compatible iOS game check here: iOS Game List
Compatible Android game check here: Android Game List

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram