Review | Steelseries Scope Pro Gaming Glasses

Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 21 Dec 2011 | 11,541

Scope your enemy, Frag your game!


Mata adalah jendela dunia, namun apa jadinya jika jendela dunia ini terganggu? Gangguan yang sangat berarti pada mata saya mungkin belum terjadi saat ini, terlebih lagi buat orang seperti saya yang rata-rata menghabiskan waktu 12 jam perhari di depan komputer, baik untuk bermain games, browsing, ataupun bekerja. Mata yang lelah dan berair baru saya rasakan ketika bermain game nonstop lebih dari 2 jam.

Namun jika melihat dari sekitar kita, kebanyakan mereka mengeluh saat berlama-lama di depan monitor atau TV, atau banyak yang kinerja matanya sudah melemah karena hasil akumulasi dari bertahun-tahun mereka di depan monitor. Sebelumnya saya pernah membayangkan, apakah akan ada suatu hardware yang bisa mencegah kita dari segala macam keluhan mata tersebut?

Dan jawabannya ternyata “Ada..”

SteelSeries bekerjasama dengan Gunnar Optiks yang terkenal sebagai produsen kacamata khusus bagi orang  yang sering beraktivitas dengan dunia digital, seperti monitor komputer, layar gadget, atau televisi. SteelSeries yang sudah terkenal di dunia gaming gear kali ini menggunakan lensa Gunnar dalam produk kacamatanya yang bernama SteelSeries Scope.

SteelSeries sendiri menujukan Scope untuk para gamer, yang biasanya tak kenal waktu jika sudah di depan Monitor. Scope memiliki banyak kegunaan bagi mata, diantaranya dengan menghasilkan kontras yang lebih baik dan memberikan efek warm agar mata tidak mudah lelah, dan juga dapat mengurangi ketegangan mata. Gunnar membekali lensa untuk Scope dengan i-AMP teknologi yang diciptakan untuk menigkatkan efisiensi dan ketahanan mata kita dari gangguan visual berjarak dekat.

Setelah saya mencobanya selama 1 bulan, menurut saya Scope cukup membantu dalam tiap game yang saya mainkan, terlebih pada game-game bergenre FPS. Game genre FPS seperti BattleField 3 yang penuh dengan aksi membutuhkan kecepatan mata untuk dapat melihat setiap detail musuh-nya, tidak jarang berbagai sinar silau membuat mata kita sakit dan memaksa mata untuk berkedip. Kedipan karena silau tersebut membuat mata menjadi hilang fokus dan kehilangan objek sasaran. Namun, ketika saya menggunakan Scope, berbagai sinar flare tidak mengganggu mata dan permainan saya sama sekali. Nice eyewear, that can bring me to the Top Frag.. hehehe..

Perbedaan yang sangat jelas saat pertama kali menggunakan Scope adalah apapun yang Anda lihat menjadi sedikit lebih besar. Ya, hal ini sangat membantu terlebih saat digunakan membaca, karena fitur ini dapat membuat kita lebih fokus membaca teks. Semua itu berkat teknologi NEOScopic Lens  yang memiliki tingkat diopter sebesar 0,2, berfungsi untuk memperbesar objek agar lebih mudah dilihat.

Semua orang pasti bertanya-tanya, mengapa lensa kacamata ini harus berwarna kuning? Gunnar menamakannya dengan AmbeR-Tint untuk pewarnaan lensa. Warna kuning ini memang terasa agak aneh saat pertama kali dipakai, karena semua yang dilihat menjadi kekuningan. Setelah beradaptasi sekitar satu hari, AMBeR Tint ini semakin nyaman dimata. Warna kuning digunakan untuk membuat mata lebih nyaman dengan warna objek yang menjadi lebih hangat.

Lensa berwarna kuning ini juga mampu menghasilkan kontras dengan mudah bagi mata sehingga grafis pada game tampak lebih jelas dan detail. Contohnya ketika saya bermain Call of Duty MW3, yang memiliki warna gameplay gelap dan terkadang agak susah mencari suatu objek atau musuh. Kemudian, kacamata Scope membantu dengan kemampuannya menghasilkan visual game yang lebih jelas, kontras, dan tajam sehingga tidak memberatkan mata dan juga menambah akurasi aiming saya saat berperang dalam game. ^^

Biasanya jika bermain Battlefield 3 dalam hitungan 2 jam saja, saya perlu break sejenak dengan berjalan-jalan mencari pemandangan keluar rumah, untuk menyegarkan kembali mata yang kering dan lelah. Dan setelah terbiasa menggunakan Scope, mata saya bisa bertahan sampai 5 jam di depan komputer, tanpa merasakan mata kering ataupun pusing. Mungkin karena konsep keseluruhan Scope yang bernama Fractyl –lah yang membantu sirkulasi udara di area mata menjadi lancar, saat menggunakan kacamata ini.

Cool emboss steelseries Logo

Dalam segi fisiknya yang saya kagumi adalah adanya Logo SteelSeries yang diemboss di kedua sisi kacamata, yang membuatnya terlihat keren dan sangat ‘gaming’. Berat dari kacamata ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena kacamata ini pasti akan digunakan dalam waktu yang lama, maka SteelSeries men-design nya menjadi sangat ringan, yaitu hanya 20 gram. Ringannya membuat saya lupa untuk melepas kacamata ini setelah lepas dari layar monitor.

Bagi gamer yang khawatir jika bermain game menggunakan kacamata akan membuat sudut pandang menjadi lebih sempit, tenang saja! Karena SteelSeries membuat lensa Scope lebih lebar, sehingga tidak akan mengganggu penglihatan kita saat bermain game. Satu lagi yang penting dari Scope untuk para gamer adalah kompatibilitas Scope akan headset, dengan tangkai frame nya yang tipis dan menempel di kepala, membuatnya cocok digunakan bersamaan dengan Headset. Kacamata lainnya seperti sunglasses atau kacamata resep dokter biasanya memiliki tangkai frame yang tebal, dan menimbulkan sakit jika digunakan bersama headset.

Unboxing Steelseries Scope

Dalam box nya yang simple dan khas, berisikan kacamata SteelSeries Scope, pouch microfiber yang juga berfungsi untuk membersihkan lensa Scope, dan Manual Book.

Walaupun harga yang dimiliki SteelSeries Scope bernilai sekitar 1juta-an, bagi saya harga tersebut masuk akal demi kesehatan mata saya, yang sering bekerja keras di depan monitor. Sebuah investasi juga untuk menambah kejelian mata dalam bermain game. Mungkin diantara kalian masih ada yang bingung, apa benar memakai kacamata Scope ini dapat meningkatkan kelihaian dalam bermain game? Kalau buat saya, Ya! Memang efeknya tidak langsung terasa pada saat awal pemakaian, tapi Scope dapat meningkatkan penglihatan visual lebih baik dan lebih mudah, dan saya dapat melihat lebih jelas object atau lawan yang jauh bersembunyi .sehingga sudah pasti meningkatkan skill permainan saya.

Satu hal yang saya rasa kurang dari harga tersebut adalah, minimnya case yang disertakan dalam paketnya. Seharusnya SteelSeries bisa menambahkan hardcase yang juga berfungsi untuk melindungi kacamata saat tidak dipakai atau dalam perjalanan.

Gunnar Bit Surver (Advance Computer Eyewear) dan Steelseries Scope (Advance Gaming Eyewear)

Lensa Scope lebih tipis dari Gunnar Bit Surfer

Lensa yang dimiliki Gunnar selain memiliki teknologi i-AMP juga memiliki komponen lain yang menghadirkan beberapa keunggulan visual yang telah disebutkan diatas:

  • Pewarnaan lensa iONik mengoptimalkan transmisi cahaya dan kontras warna dan menyaring cahaya yang terlalu terang dan mengurangi ketegangan mata.
  • Lapisan Lensa bernama i-Fi multi-stage yang menyaring cahaya dan juga melindungi lensa, dengan bahan anti-refleksi yang dapat menangkal silaunya cahaya yang mengganggu.
  • Bahan lensa diAMIX menghasilkan penglihatan/visual yang natural namun dengan bahan yang ringan dan ergonomis.
  • Teknologi design fRACTYL™ geometry pada lensa yang mengikuti bentuk alami agar dapat memanfaatkan kekuatan kornea pengguna dan menjadikan perputaran udara di sekitar mata lebih lancar.
  • Rx Program mengijinkan kita untuk memesan lensa Gunnar yang cocok dengan kebutuhan atau sesuai dengan resep dokter mata, karena mata tiap orang yang berbeda-beda.

Technical Specifications:
Unpackaged Dimensions
– hinge to hinge: 135mm
– temples: 132mm
– frame height: 36mm
– lens height: 34mm
Weight (without packaging)
– 20 grams
Lens
– Amber-colored lenses tuned with +0.2 diopters

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram