Review | Syndicate (2012)

Ad
Ad
Ad
author image by Admin | 25 Feb 2012 | 2,222

Tanpa pengawasan pemerintah, bisnis menjadi sebuah peperangan.

Tiga perusahaan besar, Eurocorp,  Aspari Corp dan Cayman Global,  saling menjatuhkan secara brutal dengan tujuan mendominasi dunia, sementara pemerintah sudah tidak mampu lagi untuk meredakan ketegangan.

Game besutan Starbreeze studio ini pada awalnya di sebut Project RedLime, dimana merupakan garapan ulang untuk game buatan Bullfrog Production di tahun 1990an yaitu syndicate. Genre game pun berubah total dari sebelumnya adalah taktikal RTS kini menjadi 1st person shooter.

Syndicate menceritakan sebuah keadaan dimasa depan tepatnya di tahun 2069, dimana dunia tidak lagi diatur oleh pemerintahan melainkan oleh perusahan-perusahaan raksasa yang di namakan syndicate. Para Syndicate ini telah merevolusikan bagaimana manusia berinteraksi dengan dunia digital, dengan menanamkan mikrochip pada manusia demi memudahkan kehidupan sehari-hari manusia dalam berkomunikasi dengan berbagai gadget, teknologi dan sesamanya.

Grafis dengan setting futuristik yang indah dengan kemilauan cahaya

Terdapat 3 syndicate besar yang saling bersaing yaitu Eurocorp, Aspari Corp Scientist dan Cayman Global Corp dan disini anda akan memainkan karakter Miles Kilo, seorang agen dari Syndicate Eurocorp. Kilo di lengkapi dengan chip paling mutakhir yaitu Dart 6 yg tertanam di otaknya sehingga membuat Kilo menjadi agen tak terkalahkan. Misi pertama kilo adalah membereskan salah satu chip hasil kreasi pesaing berat Eurocorp, yakni Aspari Corp Scientist. Tetapi ternyata Aspari Corp sedang mengembangkan chip dart 6 yang sama dimiliki oleh Eurocorp, sehingga dicurigai telah terjadi kebocoran informasi. Disaat yang sama pula Cayman Global corp, merencanakan perang besar-besaran terhadap Eurocorp. Disini anda akan menghadapi agent-agent dari para syndicate termasuk Eurocorp yg belakangan ternyata mulai tidak mempercayai Kilo. Selain itu anda juga akan menghadapi sekelompok teroris yang belum terimplan chip di kawasan kumuh yang membenci para Syndicate.

Dart 6 pada Kilo memiliki kemampuan yg membuat teknologi disekitarnya menjadi seperti barang usang, Dimana Kilo mampu mendapatkan informasi atau mensabotase hingga menghack dengan mudah setiap perangkat yang ada dan chip yg tertanam pada manusia lain.

Sekilas memang Syndicate sama seperti game shooter pada umumnya, anda akan bergerak menembaki lawan dan berlindung pada suatu object, terlebih game ini memiliki cerita yang linear, sehingga anda hanya mengikuti alur cerita hingga akhir.

Flamethrower senjata yang cukup mematikan, namun hanya tersedia di level tertentu

Namun kemampuan unik Kilo menjadi salah satu fitur utama game ini. Kemampuan yang didasari oleh CHIP Dart 6 ini dapat membuat Kilo bergerak secara slow motion dan memiliki damage 10% lebih besar, yang di sebut Dart overlay.  Ketika menggunakan Dart overlay ini, pandangan anda bisa menembus tembok dan melihat posisi musuh dengan baik serta melihat object atau target yang dapat anda hack. Dart overlay ini membutuhkan energy ketika di gunakan yang dapat terisi ulang secara otomatis.
Anda dapat menghack sistem yang ada sepanjang permainan untuk membuka pintu, mengaktifkan lift, mensabotase Turret sehingga dapat membantu anda menyerang lawan dan juga anda bisa menonaktifkan ranjau,  granat ataupun roket yang mengarah ke anda, benar-benar hebat.

Tetapi tidak sampai disitu saja, anda pun bisa menghack Chip yang tertanam pada prajurit lawan, disebut Breachig Mode. Terdapat 3 mode breaching, yaitu Backfire, yang akan mengaktifkan amunisi disenjata lawan sehingga membuat damage kecil dan memusingkan lawan sesaat. Lalu Suicide, yang mampu memaksa lawan untuk melakukan aksi bunuh diri. Dan terakhir Persuade, yang akan membuat prajurit lawan berpihak kepada anda dan membantu menghabisi lawan dalam beberapa waktu hingga akhirnya dia bunuh diri.

Anda dapat melihat posisi musuh dengan jelas ketika Dart overlay di aktifkan

Tantangan pada syndicate adalah anda akan menghadapi lawan-lawan yang sulit. Dimana Armor setiap prajurit sulit di tembus hanya dengan satu-dua peluru saja.  Anda harus mengkombinasikan dengan breaching mode dan persenjataan yang ada. Beberapa lawan pun memiliki pelindung yang hebat disebut Liquid armor. Anda harus menonaktifkan terlebih dahulu sebelum bisa membunuh musuh. beberapa mini bos memiliki 2 hingga lebih layer liquid armor, sehingga anda harus berkali-kali menghack sistem pelindung tersebut. Selain itu ada pula minibos yg menggunakan ‘jammer’ yg mengakibatkan anda tidak bisa menghack nya.  Anda harus membunuh org yg membawa jammer terlebih dahulu sebelum mampu membunuh mini bos tersebut. Anda akan menemui banyak minibos dan bigboss di setiap levelnya dengan keunikan tersendiri dalam melumpuhkannya. Dan yang paling tersulit adalah, hanya tersedia sedikit amunisi sehingga anda harus sering memungut senjata yang jatuh dari lawan dan pintar mengkombinasikan breaching mode dengan dart overlay.

Sepanjang permainan anda dapat mengupgrade CHIP dart 6 anda dengan mengambil chip-chip yang anda temukan dari minibos atau target tertentu. Dengan upgrade ini akan membuat anda menjadi semakin tak terkalahkan, namun anda harus pilih point upgrade yang sesuai dengan cara bermain anda.

Upgrade-lah CHIP anda sesuai dengan gaya bermain anda

Persenjataan pada Syndicate pada umumnya sama seperti game shooting, mulai dari pistol, riffle dan sniper, dimana anda hanya dapat membawa 2 senjata saja. Namun karena bersetting futuristik terdapat senjata yang unik seperti Gauss Riffle yg pelurunya mampu mengikuti lawan setelah anda mengunci nya. Serta laser riffle yang cepat dalam membunuh lawan. Masing-masing senjata ini juga memiliki alternate fire yg cukup bermanfaat. Anda pun jg akan menemui senjata Minigun dan flamethrower dari miniboss, sayang nya kedua senjata ini tidak bisa jadi senjata utama anda. dan hanya tersedia di level tertentu saja.

Peluru Gaus Riffle ini akan mengikuti lawan ketika anda berhasil mengunci nya

Syndicate juga menawarkan fitur co-op yang cukup seru dan mendebarkan yang dapat dimainkan hingga 4 pemain bersamaan.

Score : 7
Walau berbeda genre dari game aslinya, Syndicate 2012 memberikan fitur unik yang cukup menarik dan menghadirkan lawan-lawan yang cukup sulit. dan game ini pun cukup menantang untuk dimain kan bersama-sama dalam mode co-op

Minimum system requirements
Operating System:  Windows XP SP3, Windows Vista or Windows 7
Processor:  Intel Core 2 Duo E4600 or equivalent AMD Athlon 64 X2 processor
Memory:  2 GB of RAM (3 GB for Vista)
Graphic :  NVIDIA GeForce 8800 GT 512 MB or ATi Radeon HD 4650 512 MB
Hard drive: : 10 GB
Publisher: Electronic Arts (EA)
Developer: Starbreeze Studios
Jenis:  First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa
Website resmi: www.ea.com/syndicate
Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram