Review | TitanFall

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 01 Apr 2014 | 44,676

OVERVIEW
Sejak masa beta nya dibuka beberapa waktu yang lalu Titanfall memang sudah mendapatkan banyak apresiasi yang positif dari para gamer di seluruh dunia. Bahkan sebelum peluncuran resmi nya pun game ini sudah meraih banyak penghargaan dari berbagai event. Sekilas dilihat game ini terlihat seperti kombinasi antara COD dengan Hawken. Tetapi setelah mencoba memainkannya anda akan bisa merasakan bahwa game ini memiliki banyak hal yang berbeda. Kunci utama yang membedakannya dari COD maupun Hawken adalah MOBILITY. Titanfall memberi anda kemampuan untuk bergerak di medan pertempuan dengan lebih bebas dengan manuver manuver yang keren. Kemampuan double jump, memanjat dinding, wall-hang dan juga wall-run membuat anda bisa memiliki banyak cara untuk menyerang musuh anda. Dan juga kemampuan anda untuk memanggil robot tempur yang dinamai Titan yang dapat anda gunakan untuk membantu anda di medan pertempuran. Dua tipe combat yang berbeda saat anda menjadi pilot maupun saat mengendarai titan menyatu dengan mulus. Nampaknya Respawn sukses mengeksekusi game ini untuk menyandang gelar salah satu game yang paling banyak diantisipasi oleh para gamer tahun ini.

PLOT


Plot dari Titanfall ini adalah perseteruan antara dua kubu yang berama IMC dan Militia pada suatu kawasan yang bernama The Frontier. IMC ~ Interstellar Manufacturing Corporation adalah sebuah perusahaan yang awalnya bernama Hammond Engineering yang banyak memproduksi Titan untuk keperluan berperang. Karena perkembangannya yang pesat dan banyaknya akuisisi, merger dan re-branding membuat Hammond Engineering berubah menjadi sebuah perusahaan komersial yang kejam dengan nama IMC. Banyaknya resource di The Frontier yang siap bisa dieksploitasi dan juga karena misi perusahaan yang didedikasikan untuk memaksimalkan keuntungan dengan segala cara, akhirnya terjadilah peselisihan tujuan antara mereka dengan kelompok Militia yang merupakan grup militer defender dari The Frontier. Militia terdiri dari bandit, tentara bayaran dan bajak laut yang memiliki pemerintahan yang lemah. Tetapi dalam melindungi The Frontier mereka semua adalah ancaman yang cukup serius bagi IMC karena telah memiliki sumber daya yang memadahi. Plot ini akan bisa teman teman lebih pahami lagi dengan memainkan Campaign yang ada.

THE GAME
Titanfall sepenuhnya adalah game multiplayer. Agaknya, Respawn tidak susah susah membuat single player mode dari game ini dan berkonsentrasi sepenuhnya untuk membuat sebuah game multiplayer yang pantas untuk dijajarkan dengan game game multiplayer fps lain yang sukses seperti Battlefield, Counter Strike, ataupun Crysis.

Memang ada pilihan Campaign pada menu nya, tetapi mode ini ternyata juga harus dimainkan secara multiplayer bersama gamers lainnya. Hal ini tentu saja berarti anda harus selalu terkoneksi ke internet untuk bisa memainkan Titanfall.

Yang unik lagi adalah walupun ini game multiplayer tetapi jangan bayangkan akan mirip dengan Battlefield ataupun Crysis Online yang penuh ramai musuh di sana sini karena jumlah pemain dalam satu map hanyalah 6 x 6. Memang awalnya hal ini menjadi banyak perbincangan oleh gamer yang mengharapkan lebih banyak pemain dalam satu map nya.

Tetapi setelah merasakan sendiri gameplay-nya, 6×6 adalah jumlah yang pas menurut kami. Mengapa? pertama karena ukuran map nya yang tidak selebar Battlefield, tentu akan sangat “chaotic” sekali kalau 64pemain bertempur dalam satu map yang kecil. Kedua karena selain berhadapan dengan gamer lain, di beberapa titik juga akan muncul NPC NPC yang berperan layaknya sebuah pasukan infantri musuh. Memang AI nya tidak cukup hebat untuk membunuh player, tetapi dengan kehadirannya, atmosfir medan pertempuran akan semakin hidup. Dan yang ketiga tentu saja kemampuan anda untuk bisa memanggil robot mecha raksasa Titan yang membuat jumlah pemain 12 orang dalam satu map adalah jumlah yang pas.

Seperti telah disebutkan diatas, walaupun ukuran map yang ditawarkan Titanfall tidak selebar Battlefield, tetapi area untuk anda explore bisa jadi malah lebih luas karena kemampuan manuver pilot yang anda gunakan. Aksi aksi yang dapat anda lakukan di medan pertempuran berakar dari dua skill fundamental yaitu double jump dan wall run.

Daripada berjalan kaki naik tangga, dengan double jump anda bisa dengan mudah naik ke lantai 2 sebuah bangunan untuk membuat sebuah surprise attack untuk musuh anda. Sedangkan kemampuan wall run bisa membantu anda untuk bergerak di map dengan lebih gesit karena anda bisa berlari di dinding dalam jarak tertentu. Billboard yang tersebar pada beberapa map juga dapat anda gunakan untuk bergerak mencari atau menyerang musuh anda dengan lebih cepat. Apalagi jika anda bertemu dengan musuh dalam sebuah koridor yang sempit, anda bisa melakukan wall run antar dinding secara zig zag seperti ninja untuk membuat pemain lain lebih sulit menempatkan crosshair mereka pada pilot anda.

Memang dibutuhkan sedikit waktu untuk dapat menguasai skill manuver ini supaya dapat menggunakannya secara maksimal dalam pertempuran, tetapi sejalan dengan waktu anda bermain, anda akan semakin mahir menggunakan kemampuan ini untuk dapat memanfaatkan envirotment anda sebagai alat bantu dalam pertempuran. Dengan kemampuan manuver yang canggih seperti itu bukan berarti anda akan menjadi pasukan yang sulit terkalahkan karena musuh anda juga memiliki kemampuan yang sejenis. Jika anda tidak hati hati dalam bergerak di map dan tidak awas terhadap lingkungan seandar, dengan mudah musuh akan melancarkan serangan tiba tiba yang bisa membunuh anda dengan cepat.

Menjadi salah satu fitur utama yaitu Titan, robot mecha raksasa yang bisa anda gunakan untuk membantu anda dalam menghadapi lawan dengan lebih cepat. Tiap pemain bisa memanggil robot mecha raksasa dalam jangka waktu tertentu. Dengan membunuh pemain lain ataupun NPC NPC yang ada waktu ini bisa dipercepat sehingga tak perlu menunggu waktu lama sampai anda bisa memanggil Titan milik anda sendiri. Titan ini dipersenjatai dengan beberapa senjata kuat yang bisa membunuh pilot dalam sekali tembakan. Dan pertempuran antar Titan bisa menjadi sangat kompetitif karena tiap tiap Titan memiliki keunggulan sendiri-sendiri yang menjadikannya unik satu sama lain. Tetapi mengendarai Titan tidak menjadikan anda sesuatu yang tak terkalahkan karena tiap tiap pilot juga sudah dibekali dengan senjata Anti-Titan yang mempunyai damage yang cukup besar dan cukup kuat untuk menghancurkan Titan musuh. Disaat Titan bergerak dengan pelan, pilot bisa bergerak dengan cepat dan membuatnya menjadi target yang sulit untuk bisa melancarkan serangan dengan senjata Anti-Titan mereka.

Pilot bahkan bisa naik ke punggung Titan musuh atau ber-Rodeo untuk membuka pelindung core nya dan menembaki nya dengan leluasa. Keseimbangan antara Titan dan Pilot inilah yang membuat Titanfall menjadi luar biasa.

PILOT

Selain dibekali kemampuan manuver yang hebat, Pilot di Titanfall juga dipersenjatai dengan 3 jenis senjata yaitu Primary Weapon, Sidearm dan juga Anti-Titan Weapon. Seperti kebanyakan game fps lainnya, primary weapon terdiri dari assault riffle, sniper, shotgun dan juga machine gun.

Sidearm terdiri dari beberapa jenis pistol sedangkan Anti-Titan weapon terdiri dari heavy weapon seperti grenade dan rocket launcher untuk menghasilkan damage yang besar pada Titan. Dua kemampuan aktif tambahan yang ada pada pilot adalah Tactical Ability dan juga Ordinance.

3 Tactical Ability yang ada yaitu, Cloak untuk memberi pilot kemampuan menghilang seperti invisible mode di crysis, Stim memberi pilot boost pada movement speed dan regenerasi health, dan yang ketiga adalah Active Radar Pulse yang memberi pilot kemampuan untuk bisa melihat menembus dinding dalam waktu tertentu untuk mengetahui posisi musuh.

Sedangkan yang dimaksud dengan Ordinance adalah grenade yang juga memiliki efek ledakan tersendiri. Selain 2 kemamuan aktif tersebut, pilot Titanfall juga dibekali dengan 2 kemampuan pasif yaitu Tier One Kit dan juga Tier Two Kit. Pemilihan kombinasi dari 2 kemampuan pasif ini berdampak pada tipe permainan yang anda lakukan.

Tier One Kit memiliki 6 kemampuan pasif yang bisa dipilih pilot yaitu, Power Cell, Enhanced Parkour Kit, Explosives Pack, Run N Gun, Quick Reload Kit dan juga Stealth Kit. Sedangkan Tier Two Kit juga berisi 6 kemampuan yaitu Dome-Shield Battery, Dead Man’s Trigger, The ‘Icepick’, Minion Detector, Warpfall Transmitter dan juga Guardian Chip.

Masing masing memberikan pilot kemampuan tertentu yang mendukung di medan pertempuran. 3 Kelas default dengan loadout yang berbeda-beda telah disiapkan sejak awal permainan yaitu Assassins, CQB dan juga Rifleman. Lima slot custom pilot loadout juga bisa anda unlock untuk bisa membuat kombinasi senjata dan kemampuan pilot anda sendiri.

TITAN


Dengan ukuran yang lebih besar daripada pilot dan juga persenjataan yang lebih mematikan tentu saja Titan akan membawa banyak keuntungan bagi anda di medan pertempuran.

Titanfall sendiri menyediakan 3 tipe chasis body Titan yang memiliki atribut sendiri sendiri. Atlas yang balanced di speed dan defense nya, Ogre yang lebih memiliki pertahanan yang kuat tetapi pergerakan yang lebih lambat, dan juga Stryder yang bertubuh kecil untuk memaksimalkan pergerakan di medan pertempuran. 6 jenis senjata juga telah disediakan untuk para Titan.

Mulai dari canon, rocket launcher, machine gun, plasma railgun dan lainnya yang bisa diunlock ketika anda naik level. Selain itu juga Titan dilengkapi dengan 2 ability aktif tambahan seperti Pilot yaitu Tactical Ability dan juga Ordinance. Tactical Ability untuk Titan diantaranya adalah Vortex Shield, Electric Smoke dan juga Particle Wall.

Vortex shield membuat Titan dapat menahan setiap peluru yang ditembakan dan melemparkannya kembali ke musuh yang menyerang. Electric Smoke membuat Titan bisa mengeluarkan kabut asap yang dapat menimbulkan damage pada musuh yang berada di seandarnya. Electric Smoke sangat berguna untuk membuat musuh bingung dimana posisi anda dan juga bisa digunakan untuk membunuh pilot yang me-rodeo Titan anda tanpa harus anda keluar dari kokpit. dan yang terakhir adalah Particle Wall. Tactical ability ini membuat anda bisa mengeluarkan sejenis dinding energi yang bisa menahan semua tembakan kecuali tembakan anda sehingga anda bisa leluasa menembaki musuh sembari berlindung dibalik dinding energi ini. Ability aktif berikutnya adalah Ordinance. Jika pada pilot ordinance berisi grenade grenade, pada Titan ordinance berisi rocket launcher.

Mulai dari rocket yang bisa anda gunakan untuk mem-brondong musuh dengan beberapa peluru roket secara beruntun sampai rocket yang bisa nge-lock target sehingga musuh tidak bisa kabur dengan mudah. Tidak hanya sampai disitu, Titan juga memiliki 2 ability pasif yang dinamai Titan Tier One Kit dan juga Tier Two Kit untuk mendukung anda dalam medan pertempuran. Tier One Kit memiliki 3 kemampuan yaitu Regen Booster untuk mempercepat regenerasi shield, Dash Quickcharger untuk mempercepat regenerasi dash booster dan juga Tactical Reactor yang membuat Tactical Ability anda untuk recharge lebih cepat. Sedangkan Tier Two Kit berisi 5 passive ability yaitu, Auto Eject yang akan membuat pilot anda otomatis eject saat Titan telah berstatus doomed, Survivor yang membuat Titan bertahan lebih lama dalam keadaan doomed, Big Punch yang menambah melee damage Titan, Core Extender untuk membuat kemampuan Core Titan milik anda aktif lebih lama dan juga Core Accelerator untuk membuatnya menjadi lebih kuat.

Lalu apa yang dimaksud dengan Core? Tiap tiap Titan memiliki sebuah power up yang dapat diaktifkan setelah waktu tertentu atau telah membunuh musuh dalam jumlah tertentu. Dan tiap tiap chasis Titan memiliki Core Ability tersendiri. Atlas Titan memiliki Damage Core yang jika diaktifkan akan membuat damage output yang dihasilkannya meningkat. Ogre Titan memiliki Shield Core yang jika diaktifkan akan memberi tambahan shield pada Titan dan yang terakhir adalah Dash Core milik Stryder Titan yang jika diaktifkan akan memberi titan kemampuan untuk dash terus menerus tanpa berhenti.

Satu hal lagi, Titan ini dilengkapi dengan AI yang dapat bertempur sendiri, jadi ketika anda tidak menaikinya, Titan anda tidak serta merta berhenti begitu saja, akan tetapi akan langsung digerakkan oleh AI yang tertanam di dalamnya. AI ini bisa anda komando untuk ke Follow mode maupun Guard mode. Saat Follow mode, Titan akan sebisa mungkin berada di dekat anda sembari menembaki musuh yang terlihat olehnya. Sedangkan saat di Guard mode, Titan akan mempertahankan posisi nya dari musuh musuh yang datang.

SMART PISTOL MK5
Salah satu senjata yang unik di game ini adalah sebuah pistol. Tetapi bukan pistol biasa, karena pistol yang dinamai Smart Pistol MK5 ini memiliki kemampuan unik yaitu fitur auto lock on yang dapat mengunci musuh yang berada di dekatnya.

Pistol ini dapat membunuh grunt atau spectre dalam 1 atau 2 lock on saja, tetapi untuk membunuh pilot lain pistol ini membutuhkan 3 lock on untuk bisa membunuh mereka. Memang membutuhkan sedikit waktu untuk pisol ini supaya bisa melakukan lock-on penuh ke target sasaran, tetapi jika diimbangi dengan skill pilot yang mumpuni senjata ini bisa jadi senjata jarak dekat yang mematikan.

BURN CARDS
Satu lagi fitur unik Titanfall adalah adanya Burn Cards. Burn Cards memberikan power tertentu pada pemain saat diaktifkan, dan akan terus aktif sampai pemain mati atau ronde berakhir.

Banyak jenis efek burn cards dalam game, misalnya meningkatkan kekuatan senjata, memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk memanggil titan, double experience, kemampuan invisible cloak permanen dll. Burn cards didapatkan selama pertandingan dengan melakukan suatu hal tertentu. Sekaligus 3 burn cards dapat dibawa pemain dalam tiap ronde.

CHALLENGE

Selama bermain anda juga ditantang untuk menyelesaikan banyak challenge yang telah disediakan. Challenge ini bisa membantu anda untuk levelling lebih cepat karena experience yang diberikannya cukup besar.

Beberapa challenge misalnya membunuh sejumlah titan dengan senjata tertentu, membunuh grunt ataupun spectre dalam jumlah tertentu, berlari di tembok dalam waktu tertentu dll. Semua challenge dapat diselesaikan pada semua mode campaign maupun classic.

GAME MODE
Pada awalnya hanya ada Campaign dan Classic, namun setelah update terbaru, di tambahkan pula Private Match, mode Classic pun di ganti namanya menjadi Mode Multiplayer.

Seperti yang telah disebutkan diatas, walaupun mode nya bernama campaign, anda masih harus memainkannya secara online dengan para pemain lainnya. Lalu apa yang membedakannya dengan multiplayer online biasa? Di mode campaign sebelum, selama dan sesudah pertempuran akan ada dialog khusus seperti halnya campaign pada game-game yang lain yang menceritakan tentang plot perseteruan antara Militia dan IMC ini. Tak hanya itu, cutscene spesial juga tak jarang ditemui di awal game sebelum pertempuran dimulai. Ada 9 campaign chapter yang harus diselesaikan oleh pemain. 2 Titan chasis yaitu Ogre dan Stryder hanya bisa anda unlock jika anda telah menyelesaikan semua campaign ini.

Berikutnya dalam mode multiplayer, Terdapat 6 sub-mode berbeda yang dapat anda mainkan. The Attrition, Last Titan Standing, Hardpoint Domination, Capture The Flag, Pilot Hunter, dan juga Variety Pack. Bagi teman-teman yang sudah sering bermain dalam mode Team Deathmatch di Battlefield ataupun game lain tak akan asing lagi dengan The Attrition.

Yup, Titanfall mengubah nama Team Deathmatch yang sudah mainstream menjadi The Attrition. Bunuh semua pilot, grunt, spectre, dan titan musuh untuk mendapatkan attrition point supaya bisa menang. Last Titan Standing adalah mode yang cukup seru karena dari awal semua pemain langsung start dengan mengendarai Titan mereka, dan ketika Titan hancur tidak akan ada Titan pengganti sebelum ronde baru dimulai. Lebih seru lagi karena tidak ada respawn disini, jadi Titan/Pilot terakhir yang berdiri di arena lah yang menang. Hardpoint Domination mirip dengan Conquest pada Battlefield, yaitu penguasaan beberapa titik kritis pada map yang akan menambah poin tim untuk menang. Capture The Flag mungkin juga tak asing lagi bagi teman-teman yang sering memainkan game online fps multiplayer. Ambil bendera musuh dan bawa ke markas untuk menambah poin dan menuju kemenangan. Pilot Hunter hampir mirip dengan The Attrition, hanya disini satu satunya cara anda bisa menambah poin adalah dengan membunuh pilot musuh. Membunuh grunt ataupun spectre tidak akan menambah poin, tetapi akan tetap membantu anda untuk mempercepat waktu pemanggilan Titan.

CONCLUSION


Gameplay yang sangat cepat, manuver-manuver pilot yang keren dan juga kemampuan untuk memanggil robot perang raksasa menjadikan Titanfall sebuah game adiktif yang bisa dimainkan berjam-jam tanpa cepat merasa jenuh. Titan yang kuat tetapi juga tidak overkill bagi pilot juga menjadi nilai plus dari Titanfall. Map yang cukup luas serta senjata yang futuristis dan juga kemampuan-kemampuan unik semakin menambah ke-seru-an di medan pertempuran.

Dengan beberapa poin diatas nampaknya sudah bisa disimpulkan bahwa Respawn Entertainment telah sukses dalam menggarap game ini untuk menjadi salah satu game multiplayer fps terbaik saat ini. Walaupun begitu banyak gamer dan reviewer termasuk Nixiagamer.com sendiri yang menemukan beberapa kekurangan di game ini. Diantaranya adalah AI dari grunt dan spectre yang sangat lemah membuatnya tidak menjadi ancaman yang serius dalam pertempuran dan bahkan menjadi sasaran tembak yang sangat empuk bagi pemain. Kekurangan yang lain yang sangat terlihat jelas adalah team balancer yang masih kacau.

Tak jarang ditemui sebuah permainan yang berat sebelah karena pemain pemain yang mempunyai level yang tinggi berada dalam satu tim melawan pemain yang masih ber-level rendah semua. Saat artikel ini ditulis Respawn ternyata telah meluncurkan Improved Matchmaking untuk mengatasi permasalahan ini. Terlepas dari hal hal itu Titanfall tetap menjadi sebuah game yang sangat adiktif diantara game game online fps multiplayer yang lainnya. Buy it! believe us it will worth your money.

Game Titanfall ini dalam paket penjualannya juga menyediakan versi Collector Edition yang Limited hanya 35.000 pcs untuk PC dan XBOX One. Untuk Review Unboxing Titanfall Collector Edition bisa klik link ini : Unboxing Titanfall Collector’s Edition

Developer : Respawn Entertainment
Publisher : EA
Genre : Multiplayer Online FPS
Release Date : 11 Maret 2014

Nixia’s Test Bed :
MSI GT70 Dragon Edition 2 Extreme :
> Intel Haswell Core i7 4930MX @ 3.9GHz
> NVIDIA GeForce GTX 780M 4GB GDDR5
> Memory : 16 GB
> SSD 3x128GB Super RAID 0
> LCD : 17.3 inch – 1080p

Desktop PC 1:

> Intel Haswell Core i7 4770K @ 4GHz with MSI OC Genie
> MSI Z87 GD65 Gaming
> MSI Nvidia GTX 780Ti Twinfrozr OC Edition
> Corsair Vengeance Pro Red PC3 16GB DDR3 RAM 17066 (2133MHz)
> 120GB SSD + 2x2TB WDC HDD
> 27″ 3D LED Samsung S27A950D + 2×24″ LED Monitor in NV Surround 5760×1080 Res
> NZXT Phantom Red White Case
> Corsair HX 750 Gold Plus
> Corsair H100i Hydro Series Liquid Cooling
> Sound Blaster Recon 3D Fatal1ty Champion Series
> Corsair Vengeance M95 Gaming Mouse
> Corsair Vengeance K70 Mechanical Cherry MX Red
> Corsair Vengeance V2000 7.1 Wireless Gaming Headset
> Corsair Raptor K50 Gaming Keyboard

Desktop PC 2:
> Intel Ivy-Bridge-E Core i7 4930K @ 4.5 GHz
> MSI Nvidia Geforce GTX TITAN
> Corsair Dominator Platinum 16 GB (4x4GB) 2800MHz
> Corsair Neutron GTX 120GB + 240GB + WDC Black 2TB
> Corsair AXi 860W 80+ Platinum
> Corsair H100i Hydro Series Liquid Cooling
> Corsair Obsidian 900D Ultra Tower Case
> BenQ XL2420T 24″ Nvidia 3D Vision Ready Gaming Monitor
> Nvidia 3D Vision 2 Wireless Glassess Kit

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram