Review | Watch_Dogs

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 02 Jun 2014 | 32,254

SONY DSC

Menjadi salah satu game yang paling diantisipasi para gamers tahun ini, Watch Dogs yang dipamerkan Ubisoft pada acara E3 tahun 2012 lalu senantiasa ditunggu tanggal rilisnya oleh banyak orang. Betapa tidak? dengan grafis yang menawan, gameplay yang terlihat menjanjikan, cerita yang baru, nuansa ‘next-gen’-nya terasa sekali dari game ini. Walaupun sempat mengalami penundaan tanggal rilis tetapi hal ini tidak membuat antusiasme publik untuk menjajal game ini berkurang dan justru sebaliknya semakin menguat. Game game dengan cerita yang mengangkat tema hacking juga masih belum banyak di pasaran, apalagi cerita yang digambarkan dalam Watch Dogs ini relevan sekali dengan jaman sekarang ini yang semuanya serba terkoneksi satu sama lainnya. Mungkin juga ini adalah salah satu alasan Watch Dogs menggunakan tagline “Connection is Power” pada pemasarannya.

watch-dogs

Watch Dogs menggunakan setting kota Chicago dimana seluruh layanan yang banyak orang butuhkan telah terkoneksi satu sama lain dan telah terintegrasi menjadi sebuah satu sistem yang kompleks dan futuristis yang dikendalikan oleh sebuah sistem operasi utama yang disebut dengan ctOS.

WatchDog_1

Kehidupan sehari hari makin dipermudah dengan adanya teknologi ini, data data pribadi, finansial, sampai dengan kehidupan dunia maya dikendalikan oleh sistem operasi ini. Berbagai perangkat infrastruktur kota juga dikendalikan menggunakan sistem operasi yang sama. Canggih memang, tetapi hal inilah yang justru menjadi celah tersendiri bagi para hacker. Hanya dengan memiliki akses ke ctOS sang hacker bisa langsung mengendalikan seluruh kota, mulai dari mengacaukan lampu merah, menaikkan atau menurunkan jembatan sesuka hati, mengambil uang dari atm sesuka hati dan yang paling penting, dengan memiliki akses ke sistem operasi ctOS, si hacker juga telah memiliki seluruh data penduduk di dalamnya sehingga ia bisa mengetahui profil dari masing masing penduduk secara detail. Seluruh orang jadi terlihat ‘telanjang’ di hadapannya. Mengerikan bukan?

Crime3

Hal itu dipahami benar oleh Aiden Pierce dan juga Damien Brenks yang pada awal game diperlihatkan tengah menjalankan aksi hacking mereka dengan menguras isi rekening bank dari para pengunjung Merlaut Hotel, tempat dimana para elit Chicago berkumpul. Sayangnya pada saat tengah melancarkan aksi mereka ada gangguan datang dari hacker lain, dan di saat yang sama pula sistem pengaman ctOS tengah menjalankan scanning pada sistem untuk menemukan si hacker. Aiden sudah akan mengakhiri hacking, tetapi karena keserakahan Damien membuat mereka berdua terekspos dan akhirnya menjadi buronan polisi serta pembunuh bayaran. Aiden memang berhasil selamat dari hal ini, tetapi ia harus merelakan kehilangan Lena Pierce keponakan yang dicintainya ditangan seorang pembunuh bayaran yang bernama Maurice Vega. Aiden-pun menuntut balas dengan terus terusan meneror Maurice sebelum akhirnya berhasil menangkapnya untuk dimintai informasi siapa yang membayarnya untuk melakukan kejahatan yang akhirnya merenggut nyawa sepupunya. Sayangnya Maurice tidak bisa memberikan informasi apapun sehingga Aiden menyuruh partner kerja yang disewanya, Jordi Chin untuk terus mengawasi Maurice sampai ia mau mengatakan semua informasi tentang siapa dibalik kejahatannya. Dengan menggunakan sebuah ponsel canggih yang digunakan Aiden untuk melakukan hacking, serta bantuan beberapa teman yang akan ditemui nantinya seperti Clara dan T-Bone, perburuannya mencari kebenaran dibalik tewasnya keponakan yang dicintainya pun dimulai.

Feature
Banyak sekali fitur yang ditawarkan dari game ini, dan menu utamanya tentu saja tentang hacking. Untuk menjalankan aksi hackingnya Aiden dibekali dengan sebuah handphone yang telah terkoneksi ke ctOS itu sendiri. Handphone yang digunakan berisi aplikasi aplikasi yang memiliki fungsi fungsi tersendiri, misalnya Profiler, aplikasi ini digunakan untuk mengetahui data data pribadi dari setiap penduduk di Chicago. Dari menu handphone ini juga kita bisa memesan kendaraan, melihat kontrak misi, mini-game, musik, dan lain sebagainya. Bisa dibilang handphone inilah senjata utama Aiden, walaupun masih dibekali juga dengan senjata standar seperti pistol, shotgun, assault riffle, serta sniper tetapi akan sering kita temui situasi dimana kita tidak perlu mengeluarkan senjata sama sekali untuk mengatasi serangan musuh.

Real deal Chicago!! Watch Dogs dibuat berdasarkan kota Chicago yang aslinya, jadi kita bisa mengexplore apa saja yang ada di kota Chicago yang asli di game ini. Sensasi yang kita dapatkan hampir sama seperti saat berjalan jalan di Los Santos di game GTA V atau kota Seattle di game inFamous Second Son. Apalagi dengan kualitas grafis yang cukup jempolan membuat suasana Chicago semakin hidup. Beberapa tempat tempat bersejarah juga dapat kita temui disini, dan disitu juga kita dapat melakukan “Check-in” seperti yang biasa kita lakukan di kehidupan sehari hari jika kita mengunjungi suatu tempat. Pada tempat check-in itu juga kita dapat mengklaim hadiah yang ditinggalkan oleh pemain lain seperti peluru, obat, ataupun uang. Jika kita merasa kebanyakan resource kita juga bisa meninggalkan hadiah yang nantinya bisa diambil oleh pemain lain, resource yang dapat kita tinggalkan adalah sama, yaitu bisa obat, komponen elektronik untuk crafting, peluru dan juga uang.

Real Deal Chicago ~ Nixiagamer.com

The City is Our Weapon. seluruh infrastruktur yang terhubung ke jaringan ctOS dapat menjadi senjata bagi Aiden. Lampu lalu lintas, pembatas jalan, kereta api, jembatan, panel listrik, pipa uap bawah tanah bahkan peledak yang dibawa oleh musuh dapat dimanipulasi untuk membantu misi Aiden. Misalnya untuk kabur dari kejaran polisi kita dapat mengacaukan lampu merah di perempatan jalan Chicago untuk menciptakan insiden yang dapat menghentikan kejaran polisi, atau kita dapat menaikkan jembatan supaya polisi tidak punya jalan untuk menyeberangi sungai, atau juga kita dapat menghentikan laju kereta listrik yang sedang berjalan lalu naik ke atasnya untuk kabur dengan cepat, banyak sekali cara yang dapat kita lakukan hanya untuk lepas dari kejaran polisi. Masih banyak lagi hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan infrastuktur kota Chicago ini.

DynamicNavigation

Street Justice. Chicago di Watch Dogs ini adalah kota yang keras dimana banyak terjadi tindak kriminal dimana-mana. Tugas Aiden adalah memberantas hal ini. Seperti yang telah disebutkan diatas, dengan handphone Aiden, kita bisa mendeteksi kemungkinan tindak kriminal yang akan dilakukan oleh seseorang dengan mendengarkan percakapan telepon mereka atau membaca pesan singkat SMS mereka dan mencegah aksi buruknya. Watch Dogs menyediakan sistem reputasi dimana jika Aiden bertindak membela kebenaran sebagai pahlawan bertopeng layaknya Batman maka julukan Vigilante akan Aiden dapatkan. Sebaliknya jika reputasi yang kita ciptakan buruk maka seluruh penduduk kota akan takut atau menyerang Aiden saat mereka tahu identitasnya, misalnya saat kita membeli senjata, televisi yang ada di dekat penjual terkadang akan menampilkan berita soal dicarinya Aiden Pierce oleh polisi dan seketika akan mengenali kita dan mengeluarkan reaksi ketakutan, menyerang atau bahkan menelpon polisi untuk memberitahu posisi Aiden.

Street Justice ~ Nixiagamer.com

High Octane Driving. Tentu saja kita tidak akan mengeksplorasi seluruh kota Chicago dengan berjalan kaki, banyak kendaraan yang bisa kita gunakan untuk menjelajahi kota. Mulai dari mobil sport yang kencang, sepeda motor yang gesit sampai dengan truk yang besar dapat kita pakai. Dan lagi-lagi hal ini bisa kita lakukan karena sistem kendali mobil juga terhubung ke ctOS jadi Aiden dapat membuka kunci mobil yang sedang terparkir tanpa menyalakan alarm nya langsung dari handphone-nya. Banyak gamers yang mengeluhkan kontrol kendaraan di Watch Dogs yang sulit, dan memang Nixiagamer akui sendiri awalnya memang agak susah, namun sejalan dengan jam permainan kita yang semakin naik, kontrol kendaraan akan semakin kita kuasai.

High Octane Driving ~ Nixiagamer.com

Dynamic Navigation. Selain kemampuan kita untuk mengontrol kota Chicago dari handphone Aiden, navigasi yang dapat kita lakukan oleh Aiden juga cukup dinamis. Tiap layer Chicago dapat kita jelajahi mulai dari bawah jembatan sampai dengan atap suatu bangunan. Misalnya dengan bantuan sebuah forklift kita dapat naik ke bagian yang lebih tinggi dari suatu gedung, saat dikejar kejar polisi kita bisa membuka gerbang garasi untuk memotong jalan dan masih banyak lagi. Semua tergantung kepada player untuk memanfaatkan semua infrastuktur kota untuk membantunya bernavigasi di Chicago.

Dynamic Navigation ~ Nixiagamer.com

Privacy Invasion. Ini adalah salah satu fitur yang unik dalam game ini yang akan membuat kita semakin aware terhadap privasi kita di dunia nyata. Aiden dapat mengintip kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh penduduk Chicago dengan mudahnya, cukup dengan hacking router di sebuah rumah Aiden dapat melihat apa yang sedang dilakukan penghuni di dalamnya, siapa sangka diantara banyaknya penduduk Chicago ternyata ada seorang kanibal pemakan mayat yang berkeliaran, ada seorang maniak seks yang melakukan jual beli wanita. Semua dapat dilihat melalui webcam ataupun cctv yang terdapat di rumah itu. Selain dari situ, Aiden juga dapat melihat video video pribadi penduduk Chicago yang diam diam dikumpulkan oleh ctOS di server room ctOS saat akan meng-intrude-nya.

Privacy-Invasion ~ Nixagamer.com

Gameplay
Gameplay yang ditawarkan oleh Watch Dogs pasti akan cukup familiar di kalangan gamers yang pernah memainkan game-game besutan Ubisoft sebelumnya seperti Far Cry dan Assassin’s Creed. Open World experience nya memberikan kita akses bebas ke seluruh kota Chicago bahkan sejak awal permainan. Kita dapat mengeksplorasi seluruh sudut kota sejak game start, walaupun begitu tetap masih ada beberapa limitasi dari area yang kita eksplorasi sampai kita menguasai sistem ctOS di area tersebut dan juga mendapatkan akses ke ctOS tower yang akan membuka serangkaian side mission yang terkunci. Khas Ubisoft sekali bukan? Agaknya Ubisoft masih belum bisa lepas dari ciri khas nya yang satu ini.

Gameplay ~ Nixiagamer.com

Campaign utama dari Watch Dogs dibagi menjadi beberapa Act dengan beberapa misi di setiap Act. Untuk menyelesaikan game ini tentu saja kita harus melakukan semua misi itu. Side mission dan Collectibles tentu saja ada dalam game ini. Side missionnya sendiri pun ada beberapa jenis dalam game ini. Jenis-jenis side mission diantaranya : Crime, Criminal Convoy, Gang Hideout, dan juga Fixer Contracts. Selain membantu kita untuk menambah experience dan reputation, side mission ini juga akan membuka beberapa kemampuan maupun kendaraan yang akan membantu Aiden dalam game. Reputation disini melambangkan image dari Aiden di depan penduduk Chicago, reputasi yang positif akan membuat penduduk Chicago kagum bahkan sampai mengambil foto kita melalui handphone mereka. Sedangkan reputasi yang buruk tentu saja akan membawa dampak negatif bagi Aiden, penduduk tidak akan segan segan untuk memanggil polisi saat melihat kita.

Progression Wheel ~ Nixiagamer.com

Selain side mission masih ada beberapa misi sampingan yang bisa kita mainkan, misalnya Minigame. Minigame terdiri dari beberapa tantangan tantangan kecil yang bisa kita mainkan, misalnya bermain poker, bermain catur, augmented reality alien shooter, sampai dengan adu kuat minum alkohol. Jika player berhasil menyelesaikan semua tingkatan dari tantangan yang disediakan maka akan ada rewards tersendiri yang akan di dapatkan. Misi sampingan yang lainnya yaitu adalah Investigation. Investigation juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu Human Trafficking dimana kita diminta untuk menggagalkan perdagangan manusia, Burner Phones dimana kita diminta untuk mencari voice log dari pembunuh keponakan tercinta, Maurice Vega, Missing Person dimana kita diminta untuk mencari mayat yang hilang di sudut sudut kota Chicago dan masih banyak lagi mode yang lainnya.

OnlineDecryption

Online Contract. Nah ini juga adalah salah satu hal yang unik dari Watch Dogs. Sewaktu waktu dan dimanapun di seluruh sudut kota Chicago ada kemungkinan game kita akan di ganggu oleh player Watch Dogs yang lainnya. Hal ini disebut dengan Invading. Melalui menu di handphone Aiden kita bisa me-request player yang bisa kita hack. Dengan kata lain inilah mode Multiplayer dalam game Watch Dogs ini. Permainan multiplayer juga terdiri dari beberapa mode yaitu : Online Hacking, Online Tailing, Online Race dan juga Online Decryption. Di mode Online Hacking tugas kita adalah menanamkan backdoor pada player lain, di mode Online Tailing tugas kita lebih sederhana, kita cukup berada cukup dekat dengan pemain lain untuk mengobservasinya tanpa ketahuan. Dalam dua mode tersebut tugas pemain yang di-hack cuma satu, menemukan pemain lain yang telah masuk ke game nya dan membunuhnya. Mode berikutnya adalah online race, seperti namanya di mode ini kita akan balapan dari satu titik ke titik yang lainnya, yang membuatnya menjadi lebih menantang adalah seluruh pemain juga memiliki kemampuan untuk memanipulasi seluruh infrastuktur kota, dengan begitu balapan tidak akan berjalan monoton. Online Decryption adalah mode yang dapat dimainkan secara tim. Pemain memiliki tugas untuk mendecrypt sebuah file yang telah disiapkan, selama mendecrypt seluruh anggota tim harus melindungi si pemilik file dari serangan pemain tim lain. Dengan berada cukup dekat dengan anggota tim yang memiliki file tersebut, proses decryption bisa dipercepat lagi.

Online Hacking ~ Nixiagamer.com

ctOS Mobile Challenge. Tidak sedang berada di depan PC untuk memainkan Watch Dogs? Tidak masalah, melalui Watch Dogs Mobile Companion Apps yang bisa diinstall pada gadget kita seperti smartphone dan tablet kita bisa mengirimkan challenge pada pemain lain. Dalam ctOS mobile challenge, tugas si challenger adalah menghentikan pergerakan Aiden yang bergerak dari satu titik ke titik yang lainnya dengan segala cara. Challenger akan menjadi ctOS itu sendiri, artinya seluruh kota bisa dimanipulasi untuk menyusahkan Aiden, bahkan polisi pun bisa kita panggil untuk mengejarnya. Challenger berhasil menjalankan misi jika ia sukses untuk menghentikan Aiden, sedangkan ia akan gagal jika tidak berhasil untuk menghentikan pergerakan Aiden yang telah bergerak ke semua titik yang dituju. Dalam Online Contract maupun ctOS mobile challenge, kita memiliki sesuatu yang disebut dengan Notoriety Points. Poin ini akan bertambah jika kita menjadi pihak yang menang dalam misi multiplayer, sebaliknya poin ini akan berkurang jika kita menjadi pihak yang kalah dalam misi multiplayer. Kita akan diberi reward tertentu yang juga akan memperkuat Aiden kita sendiri.

Mobile Challenge ~ Nixiagamer.com

Graphic
Peran Nvidia yang ikut serta dalam pembuatan Watch Dogs tentu memberikan banyak visual efek yang mengagumkan. Environment yang realistis, pencahayaan yang mantap serta detail yang tajam menjadi pemandangan yang akan kita temui dalam game ini. Salah satu teknologi Nvidia yang disuntikkan dalam game ini adalah HBAO+. Horizon Based Ambient Occlusion memberikan efek bayangan yang sangat realistis dalam game. Teknologi ini juga lebih efisien dalam memakan resource dibandingkan dengan teknologi teknologi sebelumnya. Teknologi Nvidia lain yang dimasukkan dalam game adalah TXAA yang akan menghilangkan jaggies atau grafis yang terlihat kotak kotak pada sebuah object. Tentu saja Teknologi ini akan berjalan lebih efektif pada kartu grafis Nvidia, semua itu dilakukan untuk membuat sebuah Chicago yang akan memanjakan mata player selama memainkan Watch Dogs.

Simak video dibawah ini untuk melihat apa saja teknologi Nvidia yang disuntikkan ke dalam Watch Dogs

Conclusion
Watch Dogs adalah sebuah game open world dengan tema hacking yang memang pantas untuk menjadi salah satu game yang paling diantisipasi oleh gamers tahun ini. Kemampuan hacking yang mengagumkan dari Aiden Pierce menjadi daya tarik tersendiri bagi player. Disamping itu juga kota Chicago yang sangat realistis dengan grafis yang memanjakan mata membuat kita betah untuk berlama lama memainkannya. Sistem hacking yang mungkin terlalu simple memberikan kesan betapa kuatnya kemampuan hacking Aiden disini. Side mission yang cukup banyak akan mengisi kebosanan kita saat memainkan story campaign. Selain itu plot alur cerita yang ditawarkan Watch Dogs juga cukup kuat. Walaupun masih terdapat bug di beberapa tempat, game ini sudah lebih dari cukup untuk bisa dimainkan dengan experience yang maksimal. Tetapi disamping itu, nampaknya Ubisoft masih belum berani menyuntikkan inovasi besar besaran ke dalam game ini, terlihat dari sistem game ini yang hampir sama dengan game-game pendahulunya seperti Far Cry dan Assassin’s Creed.

Nixia’s Test Bed :
MSI GT70 Dragon Edition 2 Extreme :
> Intel Haswell Core i7 4930MX @ 3.9GHz
> NVIDIA GeForce GTX 780M 4GB GDDR5
> Memory : 16 GB
> SSD 3x128GB Super RAID 0
> LCD : 17.3 inch – 1080p

Desktop PC 1:
> Intel Haswell Core i7 4770K @ 4GHz with MSI OC Genie
> MSI Z87 GD65 Gaming
> MSI Nvidia GTX 780Ti Twinfrozr OC Edition
> Corsair Vengeance Pro Red PC3 16GB DDR3 RAM 17066 (2133MHz)
> 120GB SSD + 2x2TB WDC HDD
> 27? 3D LED Samsung S27A950D + 2×24? LED Monitor in NV Surround 5760×1080 Res
> NZXT Phantom Red White Case
> Corsair HX 750 Gold Plus
> Corsair H100i Hydro Series Liquid Cooling
> Sound Blaster Recon 3D Fatal1ty Champion Series
> Corsair Vengeance M95 Gaming Mouse
> Corsair Vengeance K70 Mechanical Cherry MX Red
> Corsair Vengeance V2000 7.1 Wireless Gaming Headset
> Corsair Raptor K50 Gaming Keyboard

Desktop PC 2:
> Intel Ivy-Bridge-E Core i7 4930K @ 4.5 GHz
> MSI Nvidia Geforce GTX TITAN
> Corsair Dominator Platinum 16 GB (4x4GB) 2800MHz
> Corsair Neutron GTX 120GB + 240GB + WDC Black 2TB
> Corsair AXi 860W 80+ Platinum
> Corsair H100i Hydro Series Liquid Cooling
> Corsair Obsidian 900D Ultra Tower Case
> BenQ XL2420T 24? Nvidia 3D Vision Ready Gaming Monitor
> Nvidia 3D Vision 2 Wireless Glassess Kit

Watch Dogs Banner ~ Nixiagamer.com

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram