Tweak Counter Strike : Global Offensive-Mu Untuk Pengalaman Gaming yang Maksimal!!

Ad
Ad
Ad
author image by yudhiagust | 27 Oct 2014 | 95,321

CS - GO Header ~ Nixiagamer.com
Counter Strike : Global Offensive adalah salah satu game online fps multiplayer yang paling populer diantara kalangan gamers di seluruh dunia. Banyak sekali turnamen e-sport yang mempertandingkan game ini sehingga rata rata tim e-sport pasti memiliki divisi Counter Strike nya sendiri sendiri. Counter Strike : Global Offensive sendiri adalah seri Counter Strike yang paling baru setelah Counter Strike, Counter Strike : Condition Zero, dan Counter Strike : Source. Dengan sistem yang paling baru serta grafis yang paling mantap tentu dibutuhkan settingan yang tepat untuk dapat memaksimalkan pengalaman gaming teman teman. Nah, dibawah ini Nixiagamer akan memberikan sedikit tips optimasi konfigurasi Counter Strike : Global Offensive supaya pengalaman gaming teman teman tidak terganggu akibat settingan yang salah. Perlu dicatat terlebih dahulu bahwa beberapa tips dibawah ini bukanlah settingan yang mutlak terbaik, pilihan preferensi settingan tetap ada pada teman teman gamers sendiri.
IMG_0549

 

—>>Pahami Settingan Grafismu<<—
Screen resolution adalah salah satu aspek yang menjadi pertimbangan untuk dapat memaksimalkan performa gameplay kita di arena. Beberapa player pro bahkan selalu menggunakan resolusi layar 800×600. Alasannya adalah dengan menggunakan resolusi layar ukuran itu field of view dari ujung kanan ke ujung kiri menjadi hanya 73 derajat saja sehingga player bisa lebih fokus pada musuh yang ada di depannya. Beberapa player juga punya preferensi sendiri untuk menggunakan resolusi layar full-HD 1920×1080 karena dengan field of view yang lebarnya 90 derajat pandangan akan menjadi lebih luas. Idealnya adalah dengan menggunakan resolusi native dari monitor kita sendiri supaya bisa memaksimalkan framerate yang dihasilkan.
GraphicsCSGO - Nixiagamer.com

Edit Launch Options
CS : GO adalah game yang memberikan beban ke CPU lebih berat daripada GPU. Tidak ada console atau config command yang dapat menambah framerate secara signifikan, tetapi ada tweak yang dapat kita lakukan.
1. Set semua graphics setting ke low, disable anti-aliasing, enable multi-core rendering.
2. Tambahkan launc options berikut pada launching parameter CS : GO di Steam
-novid -console -high -threads 4
LaunchOptions - Nixiagamer.com

Command diatas akan mendisable intro, meng-enable console, men-set process affinity ke High, dan menggunakan semua core untuk CS : GO walaupun secara teknis engine Source yang digunakan CS : GO hanya bisa menggunakan maksimal 3 thread saja. Step berikutnya adalah memodifikasi CS : GO config file. Lebih rumit memang, tetapi kita akan dapat melakukan beberapa tweak yang useful.

 

—>>GRAPHICS TWEAK<<—
Cari file yang bernama config.cfg di direktori cfg dimana teman teman menginstall CS : GO yang secara default akan berada di C:Program Files (x86)SteamSteamAppscommonCounter-Strike Global Offensivecsgocfg. Edit file config.cfg dengan text editor favorit teman teman misalnya Notepad atau Notepad++. Edit line line dibawah ini sesuai dengan keinginan

r_drawtracers_firstperson Set to “0” – Mendisable bekas tembakan sendiri
mat_monitorgamma Set to “2.1” – Makin tinggi makin bagus karena musuh akan makin jelas di layar
mat_queue_mode “-1” – Auto-detect multi-core rendering
mat_savechanges – Tambahkan baris ini untuk menyimpan settingan di registry
cl_forcepreload “1” – Memaksa game untuk meload semua sound dan art pada saat loading map
cl_disablehtmlmotd “1” – Mendisable iklan yang mengganggu saat koneksi ke server
cl_disablefreezecam “1” – Mendisable camera freeze saat mati

CSGO-configfile - Nixiagamer.com

simpan settingan di titik ini, tetapi janga di close dulu jendela editor teman teman karena berikutnya kita akan melakukan settingan paling vital dari seluruh settingan yang ada di CS : GO yaitu Network Settings.

 

—>>NETWORK TWEAK<<—
Sekali lagi ini adalah satu konfigurasi paling penting yang akan teman teman lakukan pada config file. Cari command berikut lalu ubah value nya persis menjadi seperti di bawah ini.

cl_interp “0”
cl_cmdrate “128”
cl_updaterate “128”

Tambahkan juga command “rate” pada config file teman teman dengan value sebesar 128000

rate “128000”

Penjelasan dari konfigurasi tersebut adalah sebagai berikut. Game Online tentu saja membutuhkan sebuah game client dan juga sebuah server. Pada CS : GO ini keadaan client memiliki selisih 100 milisecond lebih lambat dibandingkan dengan server. Contohnya misal saat kita merasa menembak pemain lain dan mengenainya, tetapi karena server memutuskan tembakan kita meleset maka tembakan kita tadi dianggap meleset oleh server. Ada juga saat misal kita menembak pemain lain, mengenainya dan kemudian ada darah yang keluar tetapi damage yang ditimbulkan adalah 0 alias tidak kena. Ini terjadi karena grafis darah adalah client-side, client CS : GO kita menganggap tembakan itu kena lalu mengeluarkan animasi darah kemudian mengirim paket ke server untuk di cek. Jika server memutuskan tembakan itu tidak kena maka server akan mengirimkan paket kembali yang mengatakan bahwa tembakan tadi adalah sebuah ‘miss’ sehingga damage yang ditimbulkan adalah 0. Dengan begini makin sering update yang dilakukan client kita pada keadaan server yang sebenarnya maka makin akurat juga client CS : GO kita pada kondisi map, posisi musuh, environment damage dll.
Environment CSGO - Nixiagamer.com

Ada satu istilah yang bernama Interpolasi dalam game. Interpolasi adalah satu keadaan dimana client game kita memprediksi keadaan game dalam server yang sebenarnya. Permainan dengan tingkat kompetisi yang tinggi membutuhkan tingkat interpolasi yang rendah. Sayangnya mengurangi interpolasi ini berpotensi menyebabkan terjadinya jittering. Namun sesuai dengan peribahasa “No Pain No Gain” maka banyak player yang rela mengorbankan kemulusan grafis demi mendapatkan akurasi interpolasi dalam game. Dengan memberikan value 0 pada cl_interp kita telah otomatis menekan tingkat interpolasi ke level paling rendah yang diijinkan oleh server.

Kemudian value 128 pada cl_updaterate dan cl_cmdrate akan memberikan efek makin seringnya updates per second yang server berikan kepada client game kita. Value lebih besar dapat teman teman berikan pada 2 parameter ini, tetapi hal itu tidak akan berdampak karena dengan memberi value 128 otomatis akan memberikan update paling maksimal pada konfigurasi yang teman teman lakukan. Sedangkan untuk parameter rate, value 128000 maksudnya adalah server akan memberikan packet size update paling besar yang dapat dikirimkan. Dengan begitu game client kita akan lebih cepat dan tepat merepresentasikan apa yang terjadi di map game.
Bomb CSGO - Nixiagamer.com

 

—>>Setting Hotkey Untuk Membeli Senjata<<—
Dengan menambahkan sedikit syntax pada config.cfg file kita dapat membuat satu tombol di keyboard kita menjadi satu shortcut untuk membeli senjata tertentu. Format dari syntax yang diketikkan adalah seperti ini :
bind “[key]” “buy [weapon]”

Contohnya misal teman teman ingin tombol panah ke atas akan otomatis membeli AK47 atau M4A1 (tergantung posisi tim), maka command nya akan menjadi seperti ini :
bind “KP_UPARROW” “buy ak47;buy m4a1”

atau ingin tombol Home untuk membeli armor ataupun head armor (tergantung sisa cash) maka command nya akan menjadi :
bind “KP_HOME” “buy vest;buy vesthelm”
CSGO Buy Menu - Nixiagamer.com

Tips lain adalah dengan menyetting tombol tombol tertentu untuk tiap jenis grenade. Dengan begini teman teman tidak perlu lagi menekan banyak tombol hanya untuk melempar grenade. Command yang digunakan hampir sama dengan yang digunakan untuk membeli, kalau untuk membeli kita gunakan command “buy” sedangkan untuk menggunakan kita memakai command “use”. Contohnya misal teman teman ingin ketika menekan tombol f akan meng-equip flashbang di tangan, command yang dituliskan adalah :

bind “f” “use weapon_flashbang”
atau tombol v untuk meng-equip smoke grenade.
bind “v” “use weapon_smokegrenade”
Grenade CSGO - Nixiagamer.com

List senjata senjata yang digunakan dapat teman teman lihat di sini.

 

—>>CUSTOMIZE HUD<<—
HUD atau radar yang ada di pojok kiri atas layar juga dapat kita custom sendiri sesuai dengan selera. Berikut adalah command command yang dapat teman teman edit :

hud_scaling (0.5-0.95) – digunakan untuk mengubah ukuran hud
cl_radar_always_centered “0”
cl_radar_scale “.4” – mengubah scaling radar supaya dapat melihat area yang lebih lebar

HUD CSGO - Nixiagamer.com

 

—>>CUSTOMIZE CROSSHAIR<<—
Seperti yang kita tahu bahwa secara default crosshair pada CS : GO adalah dinamis dimana ia akan mengembang jika kita bergerak dan mengecil ketika kita diam atau fokus. Crosshair dengan tipe dinamis dapat menunjukkan level akurasi kita jika menembak saat begerak. Walaupun begitu banyak pemain pro CS : GO yang lebih memilih crosshair dengan tipe statis karena mereka lebih nyaman dengan crosshair yang statis yang tidak berubah ubah karena kadang itu mengganggu konsentrasi mereka. Untuk mengkustomisasi crosshair teman teman dapat mengganti value dari parameter parameter dibawah ini :

cl_crosshairdot “0” – mendisable center dot
cl_crosshair_drawoutline “1”
cl_crosshair_outlinethickness “2” – menyetting ketebalan

Crosshair CSGO - Nixiagamer.com

 

—>>ATUR SENSITIFITAS MOUSE YANG TEPAT<<—
Sensitifitas mouse sangat berperan penting pada performa kita dalam game. Ada satu cara yang dapat teman teman lakukan untuk mencari sensitifitas mouse yang paling tepat. Pertama turunkan level sensitifitas mouse ke tingkat yang paling rendah sampai teman teman merasa tidak nyaman untuk memainkkannya dalam game. Setelah itu naikan sedikit demi sedikit dan berhentilah di level sensitifitas yang paling nyaman untuk teman teman gunakan dalam game. Makin rendah tingkat sensitifitas sebuah mouse, makin tinggi kontrol akurasi pemain yang menggunakannya. Walaupun begitu ini bukanlah hal yang mutlak, seiring dengan jam terbang teman teman dalam game yang terus bertambah, kontrol akurasi teman teman juga otomatis akan mengikuti. Oh iya, satu hal lagi yang perlu dicatat, sediakan ruang yang cukup di meja untuk pergerakan mouse kita.

Sensitivity CSGO - Nixiagamer.com

Next tips adalah mendisable mouse acceleration karena hal ini dapat menyebabkan ketidak-konsisten-an speed mouse dalam game. Yang teman teman butuhkan adalah rasio 1:1 dari pergerakan tangan dan juga pergerakan mouse dalam game. Kemudian pada mouse windows control panel, pastikan level mouse sensitivity berada pada bar ke 6. Disable “enhanced pointer precision untuk meremove windows modifiers dan juga mendisable mouse acceleration. Jangan lupa juga untuk mendisable mouse acceleraion pada software bawaan mouse misal Corsair, Razer, Steelseries, dll. Lalu jika teman teman menggunakan mouse gaming yang bisa menggunakan custom DPI, gunakan native DPI dari mouse tersebut sehingga interpolasi di mouse juga dapat dihilangkan. Jika dimungkinkan juga, setting refresh rate pada mouse menjadi 500 Hz atau 1000 Hz. 125 Hz = 8ms ; 500 Hz = 2ms ; 1000Hz = 1ms.

Corsair Gaming Software - Nixiagamer.com

 

—>>MEMILIH MOUSE YANG TEPAT<<—
Ada 6 variabel yang harus dipertimbangkan ketika membeli mouse : DPI, hardware, acceleration, prediction, max perfect control speed, malfunction speed dan juga lift of distance.

Corsair Mouse ~ Nixiagamer.com

DPI, atau dot per inch adalah variabel yang menentukan kecepatan mouse bergerak per inci. Makin besar DPI makin cepat pergerakan mouse, begitu juga sebaliknya. Perlu dicermati oleh teman teman bahwa banyak mouse gaming di pasaran yang diproduksi dengan tingkat DPI yang terlampau tinggi, hal ini tidak lain adalah ‘marketting gimmick’ karena tingkat DPI yang tinggi tidak menentukan ke-ideal an mouse itu untuk digunakan. Variabel yang lain jauh lebih penting dari DPI yang tinggi. Hardware acceleration adalah mouse acceleration yang ditanamkan pada level hardware, jadi sebisa mungkin hindari mouse yang memiliki hardware acceleration karena akan sulit bagi teman teman untuk mendisable nya.

Parameter berkutnya adalah Prediction atau yang dikenal juga dengan Angle Snapping. Ini menyebabkan mouse selalu mencoba untuk memperhalus input kita dan membuat sebuah garis lurus dari gerakan yang kita buat. 2 parameter Max perfect control speed dan juga malfunction speed memiliki sedikit kesamaan. Max perfect control speed adalah kecepatan dimana mouse mulai kehilangan ketepatan tracking. Sedangkan Malfunction speed adalah kecepatan dimana mouse mulai tidak bisa tracking posisinya sendiri. Parameter terakhir atau Lift of distance adalah ketinggian maksimal yang bisa ditoleransi oleh mouse sebelum tracking mouse tidak bisa lagi digerakan.

Nixiagamer juga pernah mereview sebuah mouse gaming Corsair M95.
Nixia with Corsair M95 - Nixiagamer.com

 

—>>MEMILIH MOUSEPAD YANG TEPAT<<—
Banyak sekali pilihan mousepad yang dapat teman teman pilih di pasaran. Ada 2 tipe umum dari mousepad yaitu Resistance Pad dan juga Slick Pad. Resistance pad adalah mousepad dengan bahan permukaan yang terbuat dari kain. Gesekan yang ditimbulkan dari mousepad tipe ini membutuhkan tenaga yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan menggunakan mousepad bertipe slick pad. Mousepad bertipe resistance menawarkan kontrol mouse yang lebih mantap dibandingkan dengan slick pad. Pada slick pad, gesekan bisa diminimalkan sehingga gerakan mouse akan lebih cepat diatas pad tipe ini. Sesuaikan dengan selera untuk memilih mousepad, pilih permukaan yang paling nyaman untuk tangan teman teman menari bersama mouse.

Nixiagamer juga pernah mereview sebuah mousepad yang nyaman dan unik yaitu Corsair Mousemat MM600.
Nixia with Corsair Mousemat MM600 - Nixiagamer.com

Selain itu ada juga Corsair Mousemat MM200 & MM400
mm200-400

OK, itu tadi beberapa tweak yang dapat teman teman lakukan pada CS : GO untuk dapat memaksimalkan pengalaman gaming teman teman. Walaupun begitu tweak tidak menjamin kemenangan di medan pertempuran. Kegigihan berlatih dan terus meningkatkan skill adalah hal yang lebih penting. So, keep gaming because gaming is not a crime.. 😉

tweak source

nxa-ladies all

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram