Unboxing & Overview | MSI Z170A Gaming M7 Motherboard

Ad
Ad
Ad
Ad
author image by Nixia | 05 Aug 2015 | 49,885

Cover

Seperti yang sudah kita ketahui, MSI baru saja merilis motherboard terbarunya yang berbasis pada chipset Z170, bertepatan dengan diluncurkannya juga prosesor Intel generasi ke-6, Skylake.

MSI menyiapkan seri Z170A Gaming dengan penambahan kode M di sebelum nomor model-nya, jika pada motherboard generasi Z97 sebelumnya menggunakan angka saja untuk membedakan modelnya, kali ini MSI menambahkan huruf M untuk kata ‘Master’. Jajaran seri Z170 Gaming tersebut adalah : Z170A Gaming M5, the Z170A Gaming M7, and the Z170A Gaming M9 ACK. Penggunaan kode A pada Z170A sendiri adalah sebagai penanda motherboard ini telah mendukung konektivitas USB 3.1.

Kali ini Nixia kedatangan MSI Z170A Gaming M7 untuk kita lihat lebih detail pada artikel Unboxing ini, sebelum itu kamu juga bisa melihat video unboxing-nya berikut ini :

page1

BOX

Design box dari Z170A Gaming M7 ini hadir dengan wajah baru, jika biasanya motherboard gaming MSI selalu menampilkan lambang Dragon di bagian cover-nya, kali ini tampilan fisik dari produk (motherboard) nya sendiri lah yang  menghiasi cover box disertai dengan warna dominan merah. Logo chipset Intel  yang digunakan pun ikut tampil di sisi pojok kanan atas. Tidak terlihat logo fitur motherboard ini pada bagian cover depan, hanya tersemat logo bertuliskan ‘Enthusiast Gaming’, yang mengklasifikasikan tingkatan dari motherboard MSI Gaming terbaru kali ini.  Pada bagian belakang box, ditampilkan beberapa fitur utama dari motherboard ini dilengkapi dengan visualnya, seperti fitur audio dari Nahimic, Audio Boost 3, Dual Turbo M.2, NVMe support, USB 3.1 Gen2 type A/C, Killer Gaming LAN, DDR4 Boost, & Game Boost. Tabel Spesifikasi dan penjelasan Overview I/O juga ditemukan disini.

IMG_1100

pyramid

Box Contents

IMG_0640

MSI menyertakan aksesoris motherboad yang terbilang cukup lengkap, mulai dari 4x kabel SATA, SLI Bridge, M-Connectors, I/O Shield (dengan desain yang senada dan dilengkapi nama/logo dari tiap port-nya), sticker label untuk penanda kabel, buku User Guide, Quick Installation Guide, CD Drivers & Utilities, Sticker Plate MSI Dragon, dan Gantungan Pintu bertuliskan ‘I’m Sorry Busy Gaming’.

page12

Backplate I/O memiliki lapisan busa dan memiliki petunjuk nama/jenis ports

• MSI Z170A GAMING M7 •

IMG_1091

IMG_0712

Fisik dari motherboard ini masih memiliki tema gaming MSI seperti biasanya yaitu PCB berwarna hitam, dan akses warna merah metallic pada setiap heatsink dan juga I/O shield cover. Hadir dengan desain yang lebih tegas dan sporty, logo dragon MSI pada heatsink ini adalah bintangnya! I/O shield cover kini sudah langsung terpasang pada PCB, berbeda dengan generasi sebelumnya dimana kita harus memasangnya sendiri.

IMG_0752

I/O Shield Cover dengan logo Gaming M7, menjaga konektivitas device agar tidak terganggu intervensi sinyal lain.

IMG_0766

Tombol / Knob Game Boost terletak disamping tombol OC Genie & Power

IMG_0734

IMG_0721

Features

Impregnable Steel Armor

IMG_0739

Dari tiga buah slot PCI-e 3.0 x16 yang tersedia, dua diantaranya telah diperkuat dengan steel armor yang diklaim mampu mencegah kerusakan slot yang disebabkan oleh beratnya kartu grafis saat system sering berpindah tempat, selain itu steel armor juga  memiliki poin solder lebih banyak pada PCB untuk menjamin kekuatan motherboard dalam menopang kartu grafis.

msi-x99a-godlike-gaming-motherboard-19-638

DDR4 Boost & XMP LED
MSI mengisolasi jalur sirkuit memory dari komponen lainnya, untuk memastikan sinyal yang diperlukan memory dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan untuk menghasilkan performa yang maksimum dan stabil. XMP LED dapat menyala sebagai indikator status XMP.

IMG_0726

Audio Boost 3 & Nahimic

Solusi Audio terbaik untuk gamers, ditenagai oleh Nahimic Audio Enhancer. Dengan dual OPA 1652 amplifier dan dilindungi oleh metal EMI shielding, gamer akan merasakan kualitas suara yang lebih hidup.

nahimic

IMG_0736

Gaming Hotkey

Fitur terbaru Gaming Hotkey memungkinkan kita mengatur berbagai fungsi pada tombol keyboard F1 hingga F12, seperti sebagai tombol Power, atau tombol OC. Sehingga kita tidak perlu beranjak dari bangku kita untuk menyalakan PC atau mengaktifkan Overclock sambil bermain game, tanpa perlu membuka program software OC terlebih dahulu.

11046804_1456301754674130_8213275029330468075_n

Game Boost

MSI menghadirkan sebuah tombol terbaru pada PCB nya yang dinamakan tombol Game Boost, dengan tombol ini kita bisa mengatur overclocking processor hingga 5GHz. Tombol ini menyediakan hingga tujuh preset overclock untuk meningkatkan performance game hingga 50%.

IMG_0735

game-boost

Twin Turbo M.2

Motherboard ini menyediakan dua buah slot M.2 yang disertai fitur Turbo M.2 memaksimalkan kinerja SSD NVMe untuk performa transfer data hingga 64 Gb/s.

IMG_0741

2x Faster USB 3.1 Gen2 

Mendukung konektivitas USB 3.1 Gen2 Type-C dan juga Type-A yang memiliki kecepatan transfer data 2 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 biasa. USB Type-C memiliki bentuk konektor reversible, tanpa perlu kawatir akan terbalik saat menghubungkan device USB Type-C.

 MSI Gaming LAN & LAN Protect

MSI Gaming LAN menggunakan chipset Killer E2400 yang sudah dilengkapi Advanced Stream Detect 2.0 yang mendeteksi koneksi game sebagai prioritas utama daripada aplikasi lain. Port konektor LAN dilengkapi dengan lampu LED yang memiliki fitur proteksi 15KV anti-surge agar motherboard aman dari gelombang petir.

BIOS Flashback+

Flashing BIOS kini lebih mudah, tanpa memerlukan CPU, cukup pasangkan flash-drive pada slot USB khusus BIOS Flashback+.

XSplit Gamecaster V2

Rekam, Stream, dan Share sesi gaming berharga kamu dengan XSplit Gamecaster. Gratis lisensi XSplit Gamecaster selama 1 tahun.

Military Class V

Standar baru pada komponen berkualitas tinggi. Induktor berbahan TItanium memiliki struktur yang solid, mampu bertahan pada temperatur yang lebih tinggi dan memiliki teknik pembuangan panas yang lebih baik untuk stabilitas dan masa hidup yang lebih lama.

OC Engine 2

Dengan Skylake, langit adalah batasannya saat meng-overclock system per MHz.

► Mouse Master

Kita bisa mengatur setting mouse gaming kita melalui aplikasi dari MSI ini.

MSI Click BIOS 5

Next-gen UEFI BIOS dengan desain yang telah memenangkan award. Font dengan resolusi tinggi yang dapat diatur ukurannya dan tersedia dalam multi-bahasa.

Software

Untuk memaksimalkan fungsi motherboard MSI juga menyertakan software-software pendukung seperti ; Command Center, RAMdisk, Gaming App with FPS Counter, Live Update 6, & ECO Center.

Specifications

  • CPU Support : Prosesor 6th Gen Intel® Skylake Core™ / Pentium® / Celeron®
  • CPU Socket : LGA 1151
  • Chipset : Intel® Z170 chipset
  • Form Factor : ATX (305x244mm)
  • Graphics Interface : 3* slot PCI-E 3.0 x16 — support 2-Way NVIDIA SLI / 3-Way AMD CrossFire
  • Display Interface : 1* Display Port, 2* HDMI
  • Memory support : 4 DIMMs, Dual Channel DDR4-3600+(OC)
  • Expansion Slots : 4* slot PCI-E x1
  • M.2 / SATA : 2* slot M.2 32Gb/s, 6* SATA 6Gb/s (4 ports reserved for SATA Express)
  • SATA RAID : RAID 0,1,5,10
  • USB Port : 1* USB 3.1 Gen2 Type-C, 1* USB 3.1 Gen2 Type-A, 6* USB 3.1 Gen1, 7* USB 2.0
  • LAN : 1* Killer E2400 Gigabit LAN
  • Audio : 8-channel(7.1) HD Audio with Audio Boost 3

I/O Ports

IMG_0725

IMG_0701

IMG_1077

Informasi lebih lanjut tentang MSI ? Like Fanpage ► MSI Indonesia Components

Simak foto-foto MSI Z170A Gaming M7 lebih lengkap pada gallery berikut :

Share

Ad

Aiming Practice

NXA-Ladies Team

NVIDIA - Geforce GTX 1060

MSI Gaming Notebook

MSI Indonesia Components

NXA-Ladies Team

MY RAPTR LIVESTREAM

Instagram